Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aktivitas Ngeblog

Artikel berikut ini berisikan informasi tentang Apa itu aktivitas ? Definisi Ngeblog ? Pengertian Aktivitas Ngeblog ? dan apa saja jenis aktivitas ngeblog yang perlu diketahui.

Aktivitas Ngeblog

Daftar Isi

Definisi Aktivitas

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian Aktivitas adalah kerja atau salah satu kegiatan kerja yang dilaksanakan dalam tiap bagian di dalam perusahaan. 

Aktivitas juga sering dikenal dengan istilah Kegiatan, yang menunjukkan suatu peristiwa atau kejadian yang pada umumnya tidak dilakukan secara terus menerus. 

Pengertian Ngeblog

Ngeblog merupakan suatu kegiatan yang berhubungan dengan membuat atau mengelola suatu web log (blog), yang dilakukan secara online. 

Pengertian Aktivitas Ngeblog

Dari definisi aktivitas dan ngeblog di atas, dapat di tarik kesimpulan bahwa aktivitas ngeblog merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dalam membuat, merawat, dan mengembangkan suatu website. Sehinga bisa berkembang menjadi lebih baik dan mampu memberikan hasil yang maksimal, baik untuk dirinya sendiri maupun orang lain yang berkunjung ke situs yang di kelolanya. 

Faktor Pendukung Aktivitas Ngeblog

Untuk bisa melakukan ativitas ngeblog seorang blogger, harus memiliki yang namanya situs. Kalau sudah berhubungan dengan situs tentu saja tidak bisa lepas dari yang namanya hosting dan domain.

Hosting

Hosting atau web hosting adalah tempat yang digunakan untuk menyimpan semua file dan data website, seperti video, gambar, email, script, aplikasi, dan database sehingga dapat diakses oleh banyak orang secara online melalui internet. 

Jenis-jenis Hosting

Secara umum jenis hosting di bedakan menjadi dua yaitu hosting gratis dan hosting berbayar. Sedangkan secara lebih spesifik dilihat dari kualitas, kemampuan, fitur yang dimiliki hosting dibedakan menjadi 

1. Shared Hosting

Shared hosting atau hosting bersama merupakan jenis hosting yang bisa digunakan bersama-sama dengan website yang lain. Anda akan melihat berbagai “ruangan” dengan orang lain yang juga menempatkan website-nya di sana.

2. VPS Hosting

Adalah jenis hosting yang memberikan penggunanya tempat khusus dalam suatu server dengan kontrol yang lebih baik dibandingkan shared hosting. Namun masih berbagi hardware server berbentuk fisik dengan website lainnya, dengan harga yang tidak jauh berbeda.

3. Cloud Hosting

Cloud hosting adalah Jenis hosting yang menawarkan penggunanya untuk bisa menggunakan resource sebanyak yang mereka butuhkan tanpa perlu membuat dan menjaga satu infrastruktur komputer dengan resource selayaknya VPS, tapi jauh lebih mudah digunakan seperti Shared Hosting.

4. Dedicated Hosting

Jenis hosting yang memberikan pengguna kontrol penuh terhadap website atau data perusahaan mereka. Hal ini dikarenakan Dedicated server tersebut hanya digunakan untuk menyimpan file dan data website Anda. Akses root dan admin diberikan secara penuh, sehingga lebih memungkinkan untuk mengatur keamanan hingga sistem operasi yang digunakan.

5. WordPress Hosting

WordPress hosting adalah jenis hosting yang dikhususkan untuk pengguna yang ingin membuat sebuah situs WordPress yang spesifikasinya kurang lebih sama dengan shared hosting.

6. Simple WordPress

Simple WordPress hosting adalah salah satu jenis hosting khusus yang bisa digunakan untuk membangun website dengan CMS WordPress tanpa perlu memusingkan hal teknis. Termasuk akses cPanel untuk melakukan edit file website dan berbagai pengaturan lainnya.

Domain

Sama halnya dengan hosting, domain juga bisa diperoleh dengan dua cara yaitu secara gratis, seperti domain gratis freenom. Dan domain berbayar yang bisa didapatkan dengan cara menyewa di penyedia layanan pendaftaran domain murah Indonesia/.

Domain sendiri berfungsi sebagai alamat suatu situs yang berfungsi mengantikan alamat ip yang sulit untuk di ingat, yang memungkinkan seseorang bisa mengakses semua informasi yang di publikasikan dalam website tersebut, secara lebih mudah dan gampang. 

Jenis Aktivitas Ngeblog

Pembuatan Situs

Untuk bisa memulai aktivitas ngeblog, blogger wajib membuat situs atau webnya terlebih dahulu dengan beberapa persiapan sebelum membuat blog sebagai tempat untuk menyimpan semua data dan mempublikasikannnya secara online, sehingga semua orang dapat menemukan dan mengkses informasi yang di bagikan.

Situs sendiri dapat di buat dengan mudah, tergantung situs jenis apa yang ingin di bangun. Karena banyak sekali penyedia layanan untuk membuat website baik yang gratis maupun berbayar yang bisa ditemukan dengan mudah di internet.

Salah satunya adalah blogger.com, butuh panduan cara membuatnya silakan cek artikel cara membuat blog di blogger, jika kalian hanya punya smartphone jangan khawatir. Sebab admin juga telah menyediakan panduan membuat blog pakai android yang sudah kami posting sebelumnya.

Perawatan Situs

Setelah di buat situs juga membutuhkan perawatan secara berkala, supaya bisa diakses dengan mudah baik melalui mesin pencari ataupun secara langsung. Ada pun perawatan situs meliputi.

1. Update sofware 

yang digunakan saat membuat situs dengan updatetan terbaru, supaya tidak terjadi masalah saat ada visitor yang berkunjung.

2. Cek indek secara berkala

Supaya kelangsungan website bisa berjalan dengan baik, dan mampu menjaring traffik organik. Pengeloa web wajib hukumnya untuk mengecek apakah situs webnya sudah terindek apa belum.

3. Perbaiki Masalah Eror

Untuk bisa memastikan semua data dan informasi yang disajikan dapat di akses, seorang Admin blog (blogger) harus rutin memeriksa apakah kesehatan situsnya tetap terjaga. Salah satunya dengan memastikan kalau tidak ada link mati, yang bisa menyebabkan errors 404.

Sebagai alat bantu terbaik untuk mengetahui masalah cakupan indek dan error yang terdapat di website, pengelola situs web dapat menggunakan bantuan google search console. Dengan syarat websitenya sudah terhubung dengan google webmaster, sehingga google dapat membantu menemukan semua masalah yang terkait dengan website tersebut.

Dan kalau ada masalah apapun jenisnya dalam menjalankan aktivitas ngeblognya seorang blogger harus segera memperbaik masalah tersebut.

Pengembangan Situs

Posting Konten

Posting konten berkualitas secara berkala dan rutin adalah aktivitas ngeblog yang wajib dilakukan. Supaya web bisa terus berkembang dan terindeks dengan baik. Konten yang bisa dipublikasikan dalam sebuah situs web di antaranya berupa tulisan (artikel), video, Gambar, dan hal lainnya yang bisa dibagikan serta digunakan secara bebas.

SEO

supaya situs yang dikelola dapat terus berkembang dalam menjalankan aktivitas ngeblognya seorang blogger juga harus mengerti tentang ilmu seo. Seperti tentang backlink dan kata kunci.

Backlink

Hal yang harus dipahami tentang backlink diantaranya adalah sebagai berikut:

Kata Kunci

Untuk bisa menghasilkan backlink berkualitas dan bagus dalam optimasi seo, memahami tentang apa itu kata kunci dan cara menggunakannya juga sangat penting. Jadi dalam menjalakan aktivitas ngeblog, admin situs harus tau hal-hal yang berkaitan dengan kata kunci, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Jenis-jenis keyword (kata kunci)
  2. Manfaat keyword
  3. Keyword stuffing
  4. Kata kunci LSI
  5. Dan lain sebagainya

Bantu Visitor

Dalam menjalankan aktivitas ngeblog, blogger juga harus mengecek semua komentar yang masuk kesitusnya dan menjawab semua pertanyaan yang di ajukan oleh pengunjung. Selain bisa membantu memberikan solusi terbaik bagi yang bertanya. Dengan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh visitor kredibelitas website dan kualitas dari penulis juga akan meningkat. 

Kesimpulan Tentang Aktivitas Ngeblog

Aktivitas ngeblog adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh seseorang yang bertugas dan bertangung jawab dalam mengelola suatu website yang dikenal dengan sebutan blogger. 

Aktivitas ngeblog di bagi menjadi tiga poin utama, yaitu 1) pembuatan situs, 2 ) perawatan, dan 3) Pengembangan.

Posting Komentar untuk "Aktivitas Ngeblog"