Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Manfaat, dan Fungsi Backlink Bagi Blog

Pengertian, Manfaat, dan Fungsi Backlink Bagi Blog - Sampai saat ini backlink masih hangat dibicarakan oleh hampir semua orang yang terjun kedunia blogging (ngeblog). Katanya backlink itu sangat penting bagi kemajuan blog serta berfungsi untuk memperbesar peluang situs mendapatkan posisi terbaik pada hasil pencarian. Dengan kepercayaan inilah banyak blogger yang berlomba-lomba untuk mendapatkan backlink bahkan melakukan suatu hal yang melanggar etika, seperti melakukan spam sana sini dalam berbagai bentuk.

Padahal anggapan itu tidak sepenuhnya benar, dengan atau tanpa backlink sekalipun blog tetap bisa maju dan mendapatkan posisi terbaik pada hasil pencarian terutama mesin pencari populer google. Ini adalah fakta yang tidak dapat dipungkiri dan sudah Admin buktikan sendiri dengan blog tipsintrik yang sedang teman-teman kunjungi ini.

pengertian, manfaat, fungsi backlink

Untuk itulah melalui artikel ini admin akan berusaha memberikan sedikit pencerahan bagi teman-teman blogger terutama yang masih pemula, baru mengenal blog atau baru buat blog. Tentang pengertian backlink dan apa manfaat backlink, sehingga setelah membaca tulisan ini teman-teman bisa mengetahui apa sebenarnya fungsi backlink itu.

Apa Pengertian Backlink
Istilah backlink terdiri dari dua yaitu “back” berarti kembali dan “link” artinya alamat/URL situs web, jadi secara sederhana pengertian backlink adalah alamat situs web yang menjadi jalan atau rujukan yang mengarahkan pengunjung dari blog luar ke blog kita.

Dengan demikian setiap kali anda meninggalkan link blog, baik berupa url artikel, homepage atau laman pada situs lain menuju blog kita, itu bisa dianggap atau didefinisikan sebagai backlink. Lalu sebenanya apa sih manfaat backlink itu?

Fungsi dan Manfaat Backlink


Dari segi SEO backlink memiliki peranan penting dan mempunyai manfaat besar, namun walaupun demikian memiliki banyak backlink tidak menjamin website/situs/blog yang anda kelola masuk sepuluh besar pada hasil pencarian, yang sering disebut pageone. Selain memiliki manfaat dan pengaruh terhadap blog ternyata backlink juga bisa berbahaya, untuk itulah sebaiknya anda lebih berhati-hati dalam menanam dan mencari backlink. Karena tidak semua backlink itu baik dan bagus. Secara umum backlink dibedakan menjadi dua yaitu nofollow dan dofollow. Kedua jenis backlink ini memiliki fungsi manfaat yang berbeda terhadap blog. Apa saja manfaat atau fungsinya ? silakan baca uraian berikut ini.

Manfaat/Fungsi Backlink Dofollow

Menjadikan link yang dibuat cepat terindeks oleh robot mesin pencari, karena backlink jenis ini ikut dirayapai robot search engine ketika mereka mengcrawl isi situs tempat link tertanam. Sehingga efeknya akan lebih cepat terasa. Dan berfungsi untuk menurunkan rank alexa dengan cepat.

Manfaat/Fungsi Backlink Nofollow
manfat nofollow backlink
  1. Nofollow backlink berfungsi sebagai penyeimbang, walaupun jenis backlink ini dampaknya tidak begitu besar terhadap popularitas blog tapi dengan adanya backlink ini blog lebih aman dari anggapan spam dari mbah google.
  2. Walaupun tidak begitu berpengaruh dan proses indeksnya lebih lama dari dofollow, nofollow backlink juga berfungsi sebagai salah satu faktor penentu tinggi rendahnya pagerank dari alexa.
Namun perlu diperhatikan untuk merasakan dampak dan manfaat dari backlink  teman-teman juga harus memperhatikan kualitas dari backlink tersebut, jangan asal buat tapi perhatikan kaidah yang benar kalau tidak bukannya manfaat tapi akibat yang bakal anda peroleh.

Manfaat dan Kegunaan Backlink Secara Umum

Secara umum backlink memiliki beberapa manfaat baik itu bersifat dofollow ataupun nofollow backlink. Untuk ulasan lengkapnya silakan baca keterangan dibawah ini.

manfaat fungsi backlink untuk blog

Kegunaan Backlink#1. Untuk Meningkatan Pagerank (Rangking) Blog
Meningkatkan page rank, Ini merupakan manfaat backlink yang paling di impikan oleh hampir semua pemilik blog (blogger). Karena rank yang bagus merupakan salah satu indikasi tingkat popularitas sebuah web. Semakin banyak backlink yang dimiliki maka situs akan dianggap populer oleh semua mesin pencari terkhusus lagi situs yang khusus pemberi rangking.

Namun perlu kita ingat situs populer belum tentu situs tersebut berkualitas, hal ini dapat kita lihat pada hasil pencarian google. Page rank tidak dijadikan lagi sebagai indikator penentu hasil pecarian, karena itu sebelum memutuskan untuk mencari dan menanam backlink sebaiknya teman-teman lebih mengutamakan kualitas konten. Dengan begitu backlink pasti mudah untuk di dapatkan, terutama backlink dari google.

Kegunaan Backlink#2. Untuk Memperkuat Posisi Blog di SERP

Benarkah backlink bermanfaat untuk memperkuat posisi konten atau blog di SERP ? 

Benar sekali dengan memiliki backlink posisi artikel kita pada hasil pencarian akan semakin kokoh. Sulit untuk di geser oleh blog lain. Namun bukan berarti kita harus memiliki banyak backlink untuk menduduki halaman utama. Karena kenyataannya sering kali di temukan artikel yang hanya memiliki satu buah backlink bisa menjadi nomor satu pada hasil pencarian bahkan tidak sama sekali.

Akan tetapi, ketika kata kunci yang diketikkan oleh pencari informasi (pengunjung) posisi blog yang tidak atau hanya memiliki sedikit backlink sering naik turun. 

Contoh: 
ketika pengunjung mengetik cara buat blog baru artikel A tanpa atau hanya memiliki sedikit backlink menduduki peringkat satu, sedangkan artikel dari blog B yang notabenenya memiliki ratusan backlink menduduki posisi 2 atau 3. 

Setelah pengunjung melakukan pencarian dengan kata kunci yang berkaitan dengan keyword yang telah diketikkan tadi seperti cara bikin blog terbaru posisi artikel B tetap bahkan bisa naik menjadi peringkat satu sedangkan artikel A akan bergeser menjadi peringkat 7, 8, 9, 10, atau bahkan tidak muncul di halaman utama lagi. Hal ini telah admin alami sendiri, karena itulah dengan kejadian ini bisa dipastikan backlink benar-benar bermanfaat untuk memperkuat posisi blog/artikel di SERP dalam memperebutkan posisi terbaik di hasil pencarian.

Kegunaan Backlink#3. Meningkatkan DA dan PA
Backlink bermanfaat untuk menaikkan nilai PA & DA blog, mengapa? Karena, backlink merupakan salah satu indikator kalau blog tersebut dapat dipercaya. Ini hal wajar sebab tidak mungkin kalau kita merekomendasikan sesuatu terhadap orang lain kalau hal tersebut berkualitas buruk. Demikian pula dengan pola pikir robot mesin pencari saat ini.

Kegunaan Backlink#4. Meningkatkan Trafik Pengunjung Blog
Untuk mendapatkan manfaat backlink yang keempat ini terlebih dahulu teman-teman harus sudah memiliki dan merasakan manfaat backlink di atas, sebab kita hanya akan mendapatkan peningkatan traffik apabila blog sudah memiliki pagerank tinggi dan menduduki posisi terbaik pada hasil pencarian minimal peringkat 10 (sepuluh). Hal ini mutlak diperlukan sebab sudah kebiasaan umum pencari informasi di internet hanya akan membuka blog yang muncul di halaman utama.

simpulan kegunaan backlink

Kesimpulan:
Backlink memang penting tapi tidak terlalu, karena tanpa backlink sekalipun sebuah blog tetap bisa menjadi yang terbaik di hasil pencarian. Jadi kalau artikel atau tulisan yang kita buat kurang bagus dalam artian berkualitas menurut mesin pencari dan manusia yang membacanya. Dengan backlink ribuan sekalipun blog tidak akan pernah duduk di halaman utama. Sehingga backlink tidak ada manfaatnya bagi anda.

Saran:
Sebelum berburu backlink terlebih dahulu anda harus memperhatikan dan mengutamakan kualitas konten yang anda tulis, dengan cara ini tanpa mencari pun backlink akan datang dengan sendirinya. Bahkan backlink yang kita dapat tanpa melakukan apapun itu memiliki manfaat dan fungsi yang sangat bagus serta powerfull dalam mendongkrak popularitas, page rank dan tentunya menghasilkan traffik berlimpah.

Demikianlah sedikit informasi yang bisa admin sampaikan tentang Pengertian, Manfaat, dan Fungsi Backlink Bagi Blog semoga berguna. Kalau ada saran, masukan, tambahan atau apapun unek-unek yang teman-teman miliki yang berkaitan dengan topik ini silakan masukkan pada kolom komentar atau bisa langsung menghubungi admin melalui menu kontak. Terima kasih.

6 komentar untuk "Pengertian, Manfaat, dan Fungsi Backlink Bagi Blog"

  1. Terima kasih atas artikel nya min, artikelnya sangat bermanfaat buat saya, saya jadi tau semua kegunaan backlink..
    mohon kesediaannya untuk mengunjungi blog tentang karya ilmiah serta tips dan rekomendasi buat yang ingin pergi berwisata atau mencoba kuliner di tiap daerah ya..
    kunjungi bimartikel17.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sangat senang jika artikel yang telah saya tulis ini bisa bermanfaat buat anda....dan terima kasih atas kunjungannya.

      Hapus
  2. Apa perbedaan backlinks berkualitas dan nggak berkualitas?? Contohnya seperti apa? Makasih info dan jawabannya…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya untuk membedakan backlink berkualitas atau tidak sangat gampang, coba Anda perhatikan efeknya terhadap artikel yang di kasih backlink, jika posisi artikelnya naik berarti bagus, jika sebaiknya berarti backlink tersebut tidak bermanfaat.

      Supaya lebih jelas coba baca artikel ciri-ciri backlink berkualiats yang telah saya publikasikan sebelumnya.

      Terima kasih.

      Hapus
  3. Top...bagi saya artikel ini sangat bermanfaat sekali apalagi bagi yang pemula begelud didunia bloger. trimakasih banyak atas infonya. oh y klao boleh kirim artikel cara bikin backlink yang baik dan benar donk...

    salam kenal
    imron

    Nggak Pernah Habis Kinclongnya Indonesia

    BalasHapus
  4. info yang sangat bermanfaat bagi blogger pemula seperti saya..

    BalasHapus

Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!
Masukkan link pada kotak yang di sediakan...jangan dalam komentar.