Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Ciri/Kriteria Backlink Berkualitas Bagus Untuk Blog

11 Ciri/Kriteria Backlink Berkualitas Bagus Untuk Blog - Backlink merupakan salah satu komponen penting ilmu SEO yang tidak habis-habisnya di bicarakan oleh hampir semua blogger. Karena merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi rangking blog pada hasil pencarian terutama mesin pencari paling top google search engine.

Walaupun demikian tidak semua backlink bagus dan berkualitas. Untuk itulah sebelum teman-teman berburu backlink sebaiknya mengetahui apa saja ciri-ciri backlink berkualitas yang bisa dijadikan sebagai ukuran/patokan,  sehingga efek dari backlink tersebut benar-benar terasa dalam mendongkrak posisi blog/artikel dalam hasil pencarian (SERP). 

11 Ciri/Kriteria Backlink Berkualitas Bagus Untuk Blog 


Ini penting untuk diketahui jika anda ingin merasakan manfaat dan fungsi backlink yang di dapatkan kelak. Lalu apa saja ciri atau kriteria yang bisa dijadikan sebagai indikator backlink berkualitas?. Berikut ulasan lengkapnya.

Ciri kriteria backlink berkualitas untuk blog

1. Berasal Dari Artikel Berkualitas
Backlink berkualitas bagus apabila backlink tersebut berasal dari artikel yang berkualitas, jadi jangan pernah anda memasang backlink dari artikel hasil copas atau pada blog agc.

2. Berupa Contextual Links
Backlink Contextual (link berada dalam artikel) lebih berkualitas di banding dengan backlink jenis lainnya, karena biasanya jenis backlink ini ada pada artikel sejenis atau relevan sehingga terlihat lebih natural dan yang terpenting sangat disukai oleh mesin pencari.

3. Berasal Dari Blog/Artikel Yang Relevan
Backlink berkualitas pastinya akan memberikan link juice pada blog yang mendapatkannya, namun sebanyak apapun backlink yang anda miliki kalau sumber backlink itu berasal dari blog yang tidak memiliki kaitannya sama sekali sama saja bohong, sehingga tidak berpengaruh pada blog. Mengapa ? hal ini wajar, karena siapa yang bakal percaya kalau seseorang notabenenya master blog merekomendasikan kita tentang kesehatan. Beda kasusnya apabila seorang dokter menyarankan kita mengikuti tips rahasia sehat alami sudah pasti kita akan mempercayainya karena dianggap relevan. Benar tidak?

Demikian pula pendapat mesin pencari mereka tidak akan mengangap backlink yang ditanamkan pada sebuah blog berbeda niche/topik karena tidak mungkin blog dengan niche teknologi merekomendasikan situs dengan  topik kesehatan. Ini tidak masuk akal karena itulah jenis backlink ini kurang disukai mesin pencari dan tidak berkualitas.

4. Bersifat Dofollow
Backlink/link dofollow jauh lebih baik dan berkualitas jika dibandingkan dengan nofollow, karena dofollow backlink merupakan suatu tanda kalau link tersebut terpecaya (dapat dipercayai) dengan begitu robot search engine juga akan mengcrawl link yang kita tanam setiap kali mereka menelusuri posting tempat kita menanamnya, sehingga efek link juice akan lebih cepat terasa.

5. Satu arah
One way links (link satu arah) ke website kita lebih baik dan berkualitas di banding dengan link dua arah, karena link satu arah terlihat lebih natural dan jauh dari manipulasi. Berbeda dengan link dua arah yang biasanya digunakan hanya untuk memanipulasi rangking sebuah situs yang dikenal dengan nama link exchange.

6. Berasal Dari Blog Bertrafik Tinggi
Tidak dapat dipungkiri kalau backlink dari situs yang memiliki traffik tinggi memiliki kualitas yang bagus karena kesempatan link yang kita tanam di klik atau dikunjungi lebih besar.
Backlink Berasal Dari Blog Low Outbound Links (memiliki sedikit link keluar)
Backlink dari blog OBL (Low Outbound Links ) sangat bagus dan powerfull dalam memberikan link juice pada situs kita. Mengapa? Karena power yang diberikan langsung masuk tanpa harus terbagi-bagi.

7. Diberikan Oleh Pesaing
Backlink yang kita dapatkan dari blog pesaing, maksudnya situs yang memeperebutkan posisi pada kata kunci target sama dengan keyword yang kita incar, jauh lebih berkualitas di mata search engine. Karena ini merupakan sinyal bagi mesin pencari yang menyatakan artikel yang kita tulis memiliki kualitas lebih, kalau tidak bagaimana mungkin pesaing mau memberikan backlink yang dapat melemahkan posisi blognya di SERP.

8. Dari IP Berbeda
Dua buah Backlink dari ip yang berbeda, berkualitas lebih baik di bandingkan dengan seribu backlink dari ip sama. Mengapa? Hal ini wajar karena backlink dari IP yang berbeda mengindikasikan kalau backlink tersebut jauh dari monopoli atau manipulasi.

9. Berasal Dari Blog Yang Memiliki Domain Authority dan Page Authority (PA & DA) Tinggi
backlink dari situs yang memiliki nilai PA dan DA tinggi sangat bagus untuk mendongkrak page rank sebuah blog, karena PA &DA merupakan salah satu indikator untuk mengukur kualitas sebuah web Sebagai ganti page rank. Terlebih lagi sekarang google dan mesin pencari populer lainnya lebih mengutamakan blog/situs/web yang memiliki nilai authority tinggi sehingga apabila kita memperoleh backlink dari situs seperti ini bisa dipastikan backlink tersebut sangat berkualitas.

10. Berasal Dari Domain Lama (Aged Domain)
Backlink yang berasal dari aged domain (domain tua/sudah lama) lebih dipercaya karena keberadaannya sudah di akui dan dikenal oleh hampir semua mesin pencari. karena itulah selain lebih mudah terindeks backlink dari domain berumur juga lebih berkualitas.

11. Berasal Dari Situs GOV dan EDU
Situs EDU dan GOV lebih diprioritaskan oleh hampir semua mesin pencari bahkan kedua jenis situs ini memiliki tempat khusus. Karena itulah backlink dari situs EDU dan GOV memiliki kualitas di tas rata-rata (berkualitas bagus), sehingga backlink jenis ini sampai saat ini mash menjadi andalan setiap blogger.

Sampai disini dulu pembahasan tentang 11 Ciri/Kriteria Backlink Berkualitas Bagus Untuk Blog yang bisa admin bagikan, jika teman-teman ada masukan, saran, atau komentar yang bermanfaat khususnya bagi pengunjung blog ini, jangan ragu untuk mengisikan pada kotak komen di bawah. Terima kasih.

15 komentar untuk "11 Ciri/Kriteria Backlink Berkualitas Bagus Untuk Blog "

  1. Terima kasih mas budi, skrg saya tau kalau sebaiknya sebelum memburu backlink kita harus lihat dulu kriterria backlink tersebut.

    tolong doanya mas, semoga setelah membaca artikel ini saya bisa mendapatkan banyak backlink berkualitas kedepannya...

    BalasHapus
  2. Mau tanya gan..jika sebuah blog / website yang kita tanami backlink itu ternyata kualitasnya kurang baik, apakah berpengaruh terhadap index maupun seo dari web kita?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika kita menanam backlink pada blog yang kualitasnya kurang baik dari segi rangking sepertinya ngak ada maslah pada index atau pun seo, tapi jika yang agan maksud kurang baik disini blog terlarang dan bereputasi buruk lebih baik tidak. Sebab, blog kita yang menerima backlink bisa kena getahnya....dan pastinya akan berakibat fatal thd index dan juga seo blog...

      Hapus
  3. Yang penting relevan dan memiliki otoritas yang tinggi

    BalasHapus
  4. kira kira untuk backlink yang aman itu seperti apa? apakah dengan menanamkan autobacklink seperti itu aman bagi website atau blog kita
    http://www.safamarwarattan.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya pribadi sih, sudah lama ngak pake autobacklink sebab banyak blog saya yang lambat laun hilang dari indeks. Karena menggunakan sofware tersebut.

      jadi lebih baik bikin manual, dikit tapi berkualitas.

      Hapus
  5. baca baca komentar diatas, ternyata klo dapet backlink dari situs terlarang bisa bikin blog kita jd jelek. thanks min atas ilmunya. segitekno.com

    BalasHapus
  6. Terima kasih mas.... setelah baca ini, menjadi tahu backlink yang berkualitas dan mana yang harus dihindari...

    sip...

    BalasHapus
  7. ada batasan berapa kali dalam 1 hari untuk backlink ? Jangan-jangan nanti ada aturan seperti itu. Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau berapa batasan maksimal membuat backlink perhari belum tau gan, tapi untuk amannya lebih baik maksimal 10 aja sudah cukup.

      Terima kasih.

      Hapus
  8. apkah alexa rendah tinggi pengaruh mas
    misal alexa ratusan ribu dan alexa jutaan
    tpi PA ALEXA JUTAAN tinggi dan PA alexa ratusan ribu rendah
    itu bagusan mana
    mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut pendapat saya bagusan alexa jutaan tapi memiliki PA yang tinggi

      Hapus
  9. seberapa penting pengaruhnya Alexa terhadap blog kita ya mas?

    BalasHapus

Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!
Masukkan link pada kotak yang di sediakan...jangan dalam komentar.