Senin, 23 Agustus 2021

7 Ciri Artikel Berkualitas

7 Ciri Artikel Berkualitas – Seperti yang kita ketahui bersama ungkapan konten adalah raja bukanlah suatu isapan jempol belaka, yang mana baik buruknya kualitas maupun posisi suatu blog dalam menempati posisi terbaik di serp google ditentukan oleh seberapa berkualitasnya artikel yang disajikan. Walaupun terkadang muncul di halaman utama google itu tidak selalu memberikan keuntungan.

Semua blogger pastinya tau paling tidak pernah mendengar kalau yang dimaksud dengan konten adalah raja merupakan artikel yang berkualitas, akan tetapi tidak sedikit yang mengetahui seperti apa sih yang dimaksud dengan artikel berkualitas itu. Bahkan ada yang berspekulasi kalau sebuah konten dikatakan berkualitas kalau panjangnya ribuan kata, semakin panjang semakin bagus dan bisa dikatakan berkualitas. Padahal pada kenyataannya artikel panjang tidak selamanya bisa dianggap berkualitas.

7 Ciri Artikel Berkualitas

Untuk itulah dalam kesempatan kali ini Admin akan berupaya memberikan gambaran seperti apa yang dimaksudkan dengan konten berkualitas itu. Namun sebelum kita masuk ke dalam pembahasan, kawan-kawan harus tau dulu kalau ciri yang Admin sebutkan di bawah ini belum tentu benar atau salahnya. Karena ini merupakan pendapat Admin secara pribadi baik sebagai blogger, penulis, maupun sebagai seorang pembaca. Karena itu kami berharap tidak terjadi kesalah pahaman di antara kita.

Jika kalian sudah paham, yuk simak uraian selengkapnya mengenai ciri artikel berkualitas versi Admin di bawah ini.

7 Kriteria Artikel Berkualitas

Sebuah konten bisa dianggap berkualitas apabila memiliki beberapa kriteria, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Tidak bertele-tele dan mudah dipahami

Seringkali ketika kita mencari sebuah informasi menemukan artikel yang sangat panjang, sehingga sulit bagi kita untuk mendapatkan apa yang benar-benar diperlukan. Karena itulah tanpa membaca lebih lanjut menutup blog tersebut dan pergi ke situs lain. Hal ini tentunya karena artikel yang kita baca itu terlalu panjang dan bertele-tele, sehingga sulit bagi kita untuk memahami isi dari kontennya.

Untuk itulah Admin berpendapat kalau konten panjang tidak selamanya lebih bagus dari yang pendek dengan panjang sesuai standar.

Yang mana kualitas sebuah tulisan itu tidak tercermin dari seberapa panjangnya tapi seberapa mudah artikelnya di pahami oleh pembaca.

2. Memberikan informasi dan solusi bermanfaat

Sebuah artikel hanya bisa di anggap berkualitas kalau mengandung sebuah informasi yang bermanfaat, terutama dalam menyelesaikan suatu masalah. Sehingga bisa berguna bagi yang membacanya. Kalau hanya menceritakan suatu hal, maka tulisan itu tidak bisa di anggap sebagai artikel tapi lebih menjurus pada cerita atau berita.

Lalu apakah berita tidak bisa di anggap artikel berkualitas, menurut versi Admin tidak. Mengapa ? Karena dalam sebuah berita hanya menyajikan sebuah informasi saja tanpa memberikan solusi. Selain sifatnya hanya sementara, info yang disajikan hanya berguna bagi segelitir orang saja.

3. Terstruktur

Sebuah artikel bisa di anggap berkualitas jika terstruktur atau tersusun dengan baik, sehingga walaupun artikelnya sangat panjang saat kita membacanya tidak terasa berapa lama waktu yang telah dihabiskan.

4. Judul Menarik Dan Relevan

Ketika kita mencari informasi tentunya lebih suka mengklik situs yang judulnya menarik, tapi ketika membukanya seringkali membuat kesal dan jengkel karena apa yang disajikan tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

Untuk itulah jika kawan-kawan mau menghasilkan artikel yang berkualitas, sebaiknya selalu memperhatikan judul dari artikel tersebut jangan hanya menjual klikbait saja, tanpa memperdulikan isi. 

Sebab jika kawan-kawan hanya menjual judul maka sudah dapat dipastikan pengunjung tidak akan pernah membaca apa yang kalian sajikan, mereka akan segera pergi dalam hitungan detik karena merasa ditipu. Akibatnya bukan hanya bounce rate jadi bengkak, kalian tidak akan mendapatkan kepercayaan dari pembaca tersebut sehingga kawan-kawan akan kehilangan pengunjung potensial.

Jadi artikel itu hanya bisa di anggap berkualitas, jika judulnya benar-benar mencerminkan isi. Sehingga ketika pengunjung membukanya mereka merasa puas dengan apa yang disajikan.

5. Artikel Mengandung Unsur Seo

Artikel berkualitas itu ditulis dengan mengggunakan teknik seo yang baik dan benar, seperti bagaimana menempatkan kata kunci target tanpa mempengaruhi kualitas tulisan. Bukannya menggunakan teknik spaming keyword atau teknik blackhat yang hanya mampu mempengaruhi robot mesin pencari saja.

Lalu, apakah artikel tanpa menggunakan SEO tidak di bisa dikatakan berkualitas ?. 

Ya, sebab seberapa bagusnya kualitas sebuah artikel bahkan diatas rata-rata kalau tidak mengandung unsur seo di dalamnya bakal sulit untuk bersaing dalam memperebutkan posisi dihalaman depan pencarian. Sehingga informasi yang disajikan jadi sia-sia, karena sulit untuk menjaring pembaca.

6. Artikel Lolos Copy Paste dan Unik

Sudah pasti kalau artikel berkualitas itu bukan hasil copas atau plagiat karya orang lain. Jadi jangan pernah berangapan kalau konten yang kalian sajikan itu berkualitas jika hasil curian. Yang mana konten hasil copas, akan dihapus serta dicegat oleh mesin pencari, sehingga ketika ada orang yang mengetikkan kata kunci di web browser yang mengacu pada artikel tersebut, situs kalian tidak akan terdeteksi. Kalaupun bisa, biasanya ngak bakalan lama. Karena jika penulis aslinya tau dan mereka melaporkan ke DMCA, sudah pasti akan ada damfak buruk bagi blog Anda.

Artikel hasil copas mungkin termasuk salah satu artikel terbaik, tapi jika disajikan oleh situs aslinya. Jika sudah dipublikasikan di web milik sobat, kualitas artikel tersebut tidak akan sama lagi dengan yang ori.

Untuk itu, kalau kawan-kawan ingin menulis sebuah konten yang berkualitas baik dari sisi pembaca maupun mesin pencarian. sebaiknya kalian tulis sendiri dengan kata-kata sesuai dengan apa yang kalian pikirkan. Dengan begitu hasilnya nanti kan terlihat unik dan menarik.

7. Artikel Dilengkapi Dengan Data Pendukung 

Artikel berkualitas itu senantiasa memiliki beberapa data pendukung yang mampu menarik pembaca, memperkuat informasi yang tersaji, serta mampu membuat siapapun yang membacanya memahami apa yang disampaikan. 

Salah satu faktor pendukung terbaik adalah gambar yang unik, menarik, dan yang pastinya relevan dengan artikel bersangkutan. Kalau tidak suka atau belum bisa desain grafis juga tidak masalah karena kalian bisa mencari gambar yang tersedia digoogle, akan tetapi walaupun sedikit ada baiknya kalian edit dulu untuk terbebas dari jebakan plagiarisme.

Demikianlah beberapa Ciri Artikel Berkualitas versi Admin blogtipsintrik, semoga bisa dimengerti dan memberikan manfaat bagi sahabat sekalian. Terima kasih, sampai jumpa pada konten selanjutnya.

Related Posts

Tidak ada komentar on 7 Ciri Artikel Berkualitas

Posting Komentar

Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!
Masukkan link pada kotak yang di sediakan...jangan dalam komentar.