Jumat, 20 Agustus 2021

3 Hal Yang Harus di Amankan Saat Mengganti Template

3 Hal Yang Harus di Amankan Saat Mengganti Template – Ada saatnya kita merasa bosan dengan tampilan blog kita yang kurang menarik atau hasilnya kurang maksimal, karenanya seringkali kita memutuskan untuk mengganti temanya dengan template yang lebih bagus. Baik dari segi SEO, tata letak, tampilan, dan tentunya memiliki loading yang jauh lebih cepat.

3 Hal Yang Harus di Amankan Saat Mengganti Template


Namun seringkali apa yang di harapkan dengan penggunaan tema baru, tidak terjadi seperti apa yang diharapkan. Sebenarnya hal ini memang biasa terjadi, kadang penggunaan tema walaupun jauh lebih keren, menarik, fast loading, dan katanya full seo, tetap saja hasilnya kurang maksimal. Bahkan kebanyakan efeknya sangat buruk, seperti berkurangnya pengunjung blog, penghasilan adsense atau iklan jenis lainnya merosot tajam (banyak iklan yang tidak tampil), dan artikel yang sebelumnya menempati posisi teratas di serp google untuk kata kunci tertentu malah merosot bahkan tidak terindeks.

Jika sobat mengalami hal ini sebaiknya tenang dan sabar, karena semuanya butuh proses. Sambil menunggu serta memantau perkembangannya, coba kalian perhatikan dan ingat baik-baik mungkin saat mengganti tema blognya ada yang kalian lupakan. Karena itulah banyak blogger senior yang menyarankan, sebelum ganti template sebaiknya tema yang lama atau sedang dipakai di backup terlebih dahulu, supaya kita tau apa yang kurang atau terlupakan. 

Dan jika dalam waktu beberapa minggu setelah menggunakan template baru perkembangan blog masih belum terlihat, kita dapat dengan mudah mengembalikannya ke tema semula.

3 Hal Yang Harus di Amankan Saat Mengganti Template

Adapun beberapa hal yang sering kali terlupakan saat mengganti tempate blog dengan yang baru, yang memiliki efek cukup besar adalah sebagai berikut.

1. Kode Pelacakan Mesin Pencari

Umumnya untuk mendapatkan perhatian lebih dari robot mesin pencari sebagai seorang pengelola blog, kita diwajibkan untuk menghubungkan situs yang di kelola dengan mesin pencari yang paling banyak digunakan oleh para pembaca (pencari informasi melalui internet) seperti google, bing, dan yandex.

Hal ini perlu dilakukan supaya saat ada artikel baru yang diterbitkan mereka langsung bisa mendeteksinya dengan baik, walaupun tanpa itu mereka tetap bisa tau, tapi waktu yang dibutuhkan jauh lebih lama.

Jadi, kalau saat mengganti tema kawan-kawan lupa menambahkan script pelacakan yang sudah terverifikasi selama ini, maka otomatis proses pengindeksan robot mesin pencari jadi lambat dan banyak artikel yang sobat publikasikan susah terdeteksi. Hal ini tentunya memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap jumlah indeks, rangking, dan tentunya jumlah pengunjung. Apalagi kalau selama ini kebanyakan dari pembaca artikel situs sahabat semuanya traffik organik (berasal dari mesin pencari).

Jika ini yang jadi sumber masalahnya, kalian hanya perlu menambahkan lagi kode pelacakan yang sudah kawan-kawan pergunakan selama ini. Maka masalahnya akan beres. Kode yang Admin maksud diantaranya adalah sebagai berikut.

- Yandex Webmaster, dan lain sebagainya.

2. Kode Tracking Google Analytic

Mungkin bagi sebagian blogger, terutama yang masih pemula beranggapan menghubungkan blog dengan google analytic tidak begitu penting. Padahal pada kenyataannya tidak lah demikian. Selain bisa membantu kita memantau jumlah kunjungan kesitus, data yang disajikan google analytic sangat membantu untuk mengembangkan blog kedepannnya. 

Karena banyak sekali data bermanfaat yang mereka kumpulkan untuk kita, seperti artikel mana yang paling sering di baca, kata kunci apa saja yang membawa pengunjung ke situs kita, berapa lama waktu pembaca membaca setiap artikel, berapa artikel yang di baca setiap kunjungan, dan masih banyak lagi informasi penting lainnya .

Kalau teman-teman lupa menambahkan kembali kode tracking analytic ini tentunya kalian kehilangan banyak informasi berharga, yang pengaruhnya cukup signifikan seperti informasi lamanya pengunjung membaca setiap artikel, yang sangat bermanfaat untuk mengantisifasi lonjakan bounce rate blog.

Lalu pengaruhnya terhadap blog apa ?

Banyak sekali bro, terutama dalam hal seo. Diantaranya adalah sebagai berikut :
a. Kita tidak tau mana kata kunci yang harus lebih dioptimalkan untuk meningkatkan jumlah kunjungan dan mempertahankan posisi terbaik di SERP.

b. Tidak tau dengan pasti apakah artikel yang kita sajikan disukai apa tidak oleh pembaca, sehingga tanpa sadar nilai bounce rate blog kita meningkat. Kalau hal ini terjadi maka sudah pasti nilai relevansi dari konten akan berkurang, sehingga peringkatnya di mesin pencari untuk kata kunci tertentu bisa di gantikan oleh artikel blog lain yang dianggap jauh lebih relevan.

3. Script Iklan Google Adsense

Kode Adsense ini juga sering kali terlupakan saat menggunakan tema baru, karena itulah tidak ada iklan yang tampil di situs, hal ini tentunya akan berakibat pada penurunan penghasilan.

Kode Penting Lainnya

Untuk itulah sebagai langkah antispasi, saat mau menggunakan template seo baru. Kalian harus mengamankan kode-kode penting yang Admin sebutkan diatas, dan menghindari beberapa hal yang kemungkinan juga memiliki pengaru cukup besar bagi perkembangan blog. Untuk lebih jelasnya silakan kawan-kawan baca artikel kami sebelumnya yang berjudul "tiga hal yang harus di hindari saat mengganti template" supaya tidak terjadi masalah setelah diganti.

Mungkin hanya itu dulu informasi yang bisa kami sampaikan kepada sahabat setia blogtipsintrik sekalian tentang “Hal-hal Yang Harus di Amankan Saat Mengganti Template”, supaya hasil yang diharapkan bisa tercapai dan mampu membuat blog agan sekalian jadi jauh lebih baik. Terima kasih, sampai jumpa pada artikel menarik lainnya.
 

Related Posts

Tidak ada komentar on 3 Hal Yang Harus di Amankan Saat Mengganti Template

Posting Komentar

Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!
Masukkan link pada kotak yang di sediakan...jangan dalam komentar.