Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menanam Backlink, Kelebihan dan Kekurangannya

Cara Menanam Backlink, Kelebihan dan Kekurangannya - Membuat backlink itu mudah, tapi untuk mendapatkan yang berkualitas perlu memperhatikan cara, tempat, dan teknik membuatnya. Teman-teman pastinya sudah tau apa yang kami maksud, sebab sudah banyak sekali Admin berbagi tentang hal-hal yang berkaitan dengan backlink. Dari pengertian backlink, cara membuat, dan trik mendapatkan banyak backlink. Namun sampai saat ini masih banyak teman-teman yang bertanya apa sih sebenarnya backlink itu ? mungkin bagi yang sudah pernah membaca artikel yang sudah lama kami publikasikan di blog ini. Sedikit banyak sudah tau apa itu backlink dan manfaatnya bagi blog.

Daftar Isi

Tapi dari artikel tersebut, Admin hanya memberikan gambaran umumnya saja. untuk itulah supaya kawan-kawan yang masih penasaran tentang tata cara menanam backlink, dalam kesempatan baik ini kita akan mencoba membahasnya secara tuntas dan sedetail mungkin. Dengan harapan artikel tentang proses pembuatan backlink ini bisa menjawab semua rasa ingin tau dari kalian semua. Sehingga bisa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin, untuk memperoleh banyak tautan berkualitas.

Apa Itu Backlink

Cara Menanam Backlink, Kelebihan dan Kekurangannya

Apa itu backlink ? Secara umum backlink bisa di artikan sebagai tautan yang berasal dari situs luar, yang merupakan salah satu faktor vital dalam urusan seo.  Jika dilihat dari kacamata search engine seperti Google, backlink dianggap sebagai salah tanda yang membuktikan otoritas dan relevansi dari situs web milikmu. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa backlink menjadi “bukti kepercayaan” situs lain atas situs milikmu. Sebab, biasanya backlink hanya akan diberikan kepada situs yang mempunyai otoritas dan konten terpercaya, yang memiliki pengaruh cukup besar terhadap peningkatan nilai DA PA sebuah website. Bukan hanya itu, backlink berkualitas juga mampu memperbaiki peringkat artikel di SERP.

Cara Menanam BacklinkYang Baik dan Benar

Untuk mendapatkan backlink bisa dilakukan dengan berbagai cara, namun jika tujuan utama membuatnya supaya bisa memperoleh backlink yang berkualitas. Maka hal yang wajib diperhatikan adalah bagaimana cara menanamnya. Seperti halnya tumbuhan, semakin bagus bibitnya dan tau bagaimana cara menanamnya, maka sudah bisa dipastikan tumbuhan tersebut akan menghasilkan buah yang berkualitas baik. Demikian juga dengan backlink.

Adapun cara terbaik menanam backlink yang mampu menghasilkan backlink berkualitas adalah sebagai berikut.

Menggunakan Backlink Kontekstual

Anda hanya perlu posting artikel yang memiliki keterkaitan dengan situs web anda atau lebih baik lagi relevan dengan artikel yang mau di optimalkan. Jangan lupa sisipkan link menuju website atau artikel yang ingin kalian dongkrak, dan pasang juga tautan keartikel lain dalam situs tersebut. usahakan maksimal hanya pasang dua link keluar saja.

Cara ini adalah teknik terbaik untuk memperoleh backlink berkualitas tinggi. Jadi sebaiknya kawan-kawan selalu menggunakannya saat menanam backlink, tapi ingat !!! jangan sekali-kali menggunakan artikel sampah, seperti hasil copas atau spinner.

Mengapa menanam backlink dengan artikel kontekstual sangat baik dan di anjurkan ?

Kelebihan Menanam Backlink Kontekstual

  • Tentu saja, karena teknik menanam backlink ini paling natural, bersifat dofollow, dan sudah pasti relevan. Dimana backlink dari artikel relevan adalah jenis tautan yang paling dipercaya, sehingga memiliki power yang kuat dalam mendongkrak popularitas artikel atau pun web yang mendapatkannya.
  • Memiliki kontrol penuh
  • Permanen
  • Kata kunci bisa di sesuaikan dengan kebutuhan. Maksudnya saat menanamnya kita bisa menggunakan kata kunci utama atau keyword LSI supaya lebih bervariasi. Dengan demikian backlink jadi terlihat natural, dan aman digunakan.

Kekurangan Menanam Backlink Kontekstual

  1. Sulit, karena kita harus menulis artikel yang setidaknya layak di sebut berkualitas.
  2. Harus menyediakan lebih banyak waktu, tenaga, dan pikiran.

Salah satu cara yang paling tepat untuk membangun backlink jenis ini adalah dengan memakai blog dummy. Dan akan jauh lebih baik lagi kalau menggunakan blog zombie (blog gratisan) serta domain age, kalau mau lebih powerfuul. 

Melalui Komentar Blog

Untuk menanam backlink dengan cara komentar di blog orang lain, kalian hanya perlu melakukan pencarian menggunakan kata kunci yang ditarget. Kunjungi situs yang muncul di halaman utama serp. Baca artikelnya baik-baik, baca juga rule berkomentar yang ditetapkan pemilik blog, lalu berkomentarlah dengan sopan dan sesuai dengan pembahasan. Dengan menggunakan teknik ini, komentar kalian bisa dipastikan akan publikasikan oleh pemilik blog tersebut. Utamakan blog yang kalian tinggalkan komentar menyediakan kolom url khusus.

Kalau tidak tersedia, coba kalian cek komen yang sudah dipublikasikan. Apakah ada komentar yang terdapat linknya, jika ada coba dulu kalian berkomentar dengan menanamkan link dalam komentar, tapi jangan gunakan website utama kalian. Nanti kalau komennya di approve, barulah kalian pasang backlink komentar sebenarnya menuju kesitus kesayangan kalian.

Teknik menanam backlink yang kedua ini, seringkali kita kenal dengan sebutan blog walking alias jalan-jalan keberbagai blog lalu meninggalkan komen. Tidak seperti backlink kontekstual yang bersifat permanen dan dapat dikendalikan sesuka hati. Menanam backlink blogwalking sedikit rentan, salah-salah malah berakibat fatal.

Supaya lebih jelas, berikut kami sajikan beberapa kelebihan dan kekurangan backlink komen

Kelebihan Menanam Backlink Komentar

  1. Mudah di buat
  2. Mudah terindeks, kalau situs yang kalian kunjungi ramai pengunjung dan up to date.
  3. Bisa dapat traffik tambahan

Kelemahan Menanam Backlink Komentar

Kalau kalian tidak membaca rule yang ditetapkan oleh pemilik blog, asal komen dan menambahkan link di komen yang semestinya dilarang, maka besar kemungkinan komen kalian akan di anggap spam. Kalau hal ini terjadi siap-siap menerima danfaknya.

  • Tidak Permanen, ada kemungkinan setelah terindeks backlink tersebut di hapus oleh pemilik blog.
  • Kekuatan dorongnya lemah, karena biasanya artikel yang memiliki banyak komentar itu memiliki banyak sekali link keluar. Jadi power backlink yang di berikan akan terbagi.
Untuk kalian yang masih belum menemukan situs yang tepat untuk membuat backlink komen, mungkin artikel tips memilih situs untuk berkomentar yang telah kami buat bisa membantu.

Berbagi Dokumen

Cara menanam backlink berbagi dokumen juga mudah untuk dilakukan, kalian hanya perlu menulis artikel di microsoft word menambahkan link dalam tulisan tersebut menuju situs atau artikel yang mau di optimasi, lalu  simpan dalam bentuk pdf.

Setelah dokumennya sudah selesai, kawan-kawan bisa submit dokumen tersebut ke situs-situs berbagi dokumen terpercaya, seperti academia.edu dan issuu.com. Jika ingin tau lebih banyak tentang cara buat backlink issuu silakan baca artikel admin sebelumnya.

Sebenarnya selain dari ketiga cara di atas, masih banyak cara membangun backlink untuk blog. Di antaranya backlink profil, backlink sosmed, blogrol, dan lain sebagainya. Namun dalam artikel ini Admin tidak menjelaskannya secara detil. Sebab untuk menanam atau membuat backlink profil tidak perlu trik khusus, sama halnya dengan backlink sosmed. 

Sedangkan untuk backlink jenis blogroll, kami kurang merekomendasikan.

Kesimpulan

Backlink merupakan salah satu komponen penting dalam menunjang perkembangan blog, karena termasuk salah satu faktor seo yang memiliki pengaruh cukup besar terhadap web beserta isinya.

Namun tidak semua jenis backlink itu bagus dan bermanfaat. Karena itulah dalam proses pembuatannya diperlukan strategi dan trik khusus supaya bisa memberikan hasil maksimal. Dan mampu menghasilkan backlink berkualitas tinggi. Terutama bagaimana cara menanamnya dan teknik penempatan keyword yang tepat.

Penutup

Demikianlah penjelasan singkat yang bisa kami persembahkan kepada para pembaca setia blogtipsintrik.com, mengenai bagaimana Cara Menanam Backlink, Kelebihan dan Kekurangannya. Jangan lupa jika postingan ini bermanfaat tolong share ke akun sosmednya supaya lebih banyak saudara kita yang terbantu, dan membuat Admin tambah semangat untuk menerbitkan lebih banyak artikel menarik lainnya. Terima kasih, sampai jumpa lagi.

Posting Komentar untuk "Cara Menanam Backlink, Kelebihan dan Kekurangannya"