Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah Pada Akun Gmail


Cara Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah Pada Akun Gmail – Jika sahabat sekalian mengangap akun gmail yang dimiliki sangat berharga, sebaiknya kalian mengaktifkan verifikasi 2 langkah atau lebih di kenal dengan sebutan autentikasi 2 faktor. 

Sebab dari sekian banyak cara yang sering di pakai oleh pengguna gmail untuk mengamankan akun gmailnya, verifikasi dua langkah adalah metode terbaik dan terbukti sangat efektif meningkatkan keamanan akun gmail hingga 99%.

Apakah hal itu benar ?, Benar sekali, sebab setiap kali Anda atau orang lain login, merubah password, menambahkan akun pemulihan gmail, atau hal lainnya yang berkaitan dengan akun gmail yang sudah di aktifkan verifikasi dua langkahnya.

Cara Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah Pada Akun Gmail

Tim Google akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor hp bersangkutan untuk dimasukkan pada kolom yang di sediakan, jadi walaupun ada orang yang berhasil mendapatkan alamat email dan password yang kalian miliki, mereka tidak akan bisa masuk ke akun anda. Karena mereka tidak bisa mengakses nomor HP yang kalian jadikan sebagai alat untuk verifikasi.

Bagaimana caranya, silakan lihat panduan Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah Pada Akun Gmail di bawah ini.

Langkah-Langkah Mengaktifkan Autentikasi 2 Faktor Pada Akun Gmail


Langkah pertama, silakan teman-teman login terlebih dahulu ke akun Gmailnya masing-masing.

Kemudian klik gambar profil akun google Anda di pojok kanan atas, lalu klik kembali “Akun Saya”.

Setelah itu akan terbuka tab baru, Klik pada bagian “Login & Keamanan”. Supaya lebih cepat kawan-kawan bisa langsung klik tautan berikut https://myaccount.google.com/security

Silakan teman-teman cari menu Verifikasi 2 Langkah, aktifkan menu tersebut dengan cara mengklik pada tulisannya atau tanda “>”, seperti terlihat pada gambar di bawah ini.

Langkah Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah Pada Akun Gmail

Setelah itu akan ada tampilan baru lagi, seperti gambar di bawah ini klik “Mulai”.

Panduan Lengkap Cara Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah Pada Akun Gmail

Masukkan kembali password akun gmail yang ingin teman-teman aktifkan autentikasi 2 faktornya.

Ikuti semua petunjuk yang di berikan. Dimulai dari menambahkan nomor ponsel yang akan dikirimi kode, menentukan metode verifikasi 2 langkah yang sobat mau (melalui SMS atau panggilan suara), memasukkan kode verifikasi, hingga mengkonfirmasi pengaktifan verifikasi 2 langkah.

Setelah melalui langkah-langkah di atas proses Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah Pada Akun Gmail telah selesai di lakukan.

Dengan begitu setiap kali anda login ke akun Gmail tersebut, Anda akan diminta memasukan kode verifikasi yang di kirim secara otomatis ke nomor ponsel yang teman-teman masukkan pada saat mengaktifkan autentikasi 2 faktor (Verifikasi 2 Langkah).

Bukan itu saja, setiap kali teman-teman ingin melakukan perubahan pada akun gmail tersebut seperti ganti password, Anda juga harus mengkonfirmasinya terlebih dahulu dengan menginputkan kode verifikasi yang di kirim ke nomor HP terdaftar.

Demikian tutorial yang bisa Admin berikan tentang Bagaimana Cara Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah Pada Akun Gmail untuk mencegah akun gmail dibobol oleh hacker. Mudah-mudahan bisa bermanfaat, dan dapat teman-teman praktekkan tanpa kendala, selamat mencoba & semoga sukses.

2 komentar untuk "Cara Mengaktifkan Verifikasi 2 Langkah Pada Akun Gmail"

  1. Terima kasih, informasi yang sangat bermanfaat dan mudah untuk dimengerti.

    Tapi saya punya pertanyaan gan, apa kelebihan dan kekurangan mengaktifkan verifikasi dua langkah pada akun gmail. Di tunggu jawabannya, jika tidak keberatan saya mohon Admin bisa memberikan pembahasan yang lengkap. Kalau perlu tolong tulis artikelnya supaya lebih mudah di mengerti.

    Salam blogger mania

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kelebihannya akun gmail jadi lebih aman dan kekurangannya setiap kali akan login harus memasukkan kode verifikasi dulu.

      Hapus

Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!
Masukkan link pada kotak yang di sediakan...jangan dalam komentar.