Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Setting Gmail Balas Email Otomatis (Auto-reply/Autoresponder) Melalui PC


Cara Setting Gmail Balas Email Otomatis (Auto-reply/Autoresponder)Melalui PC - Bisa disetting untuk membalas email masuk secara otomatis merupakan salah satu fitur gmail yang sangat mengagumkan untuk kita pergunakan ketika pada saat-saat tertentu tidak bisa mengakses email, karena berbagai alasan.

Fitur membalas email otomatis ini sering digunakan oleh para pelaku bisnis online, salah satunya penyedia hosting. Di mana dengan mengaktifkan fitur auto reply/Autoresponder Anda tidak perlu lagi menulis email satu persatu untuk membalas email yang masuk.

Cara Setting Gmail Balas Email Otomatis Auto-reply Autoresponder Melalui PC

Nah, jika kawan-kawan ingin mengaktifkan fitur auto reply pada gmail, supaya bisa membalas secara otomatis setiap kali ada email yang masuk tanpa perlu repot-repot login atau menulis balasan. Silakan ikuti langkah-langkah setting Gmail Membalas Email Masuk Secara Otomatis (Auto-reply/Autoresponder) melalui PC di bawah ini.

Panduan Setting Gmail Membalas Pesan/Email Otomatis (Auto-reply) Melalui PC

Langkah pertama, silakan teman-teman login ke akun gmail yang ingin di setel supaya bisa membalas email secara otomatis terlebih dahulu. Jika gagal, karena lupa pasword gmail-nya, silakan baca artikel kami yang berjudul Cara Reset Sandi Gmail Dengan Nomor HP sebagai salah satu solusi terbaiknya.

Setelah berhasil login, klik gambar segitiga kecil di samping gambar roda bergerigi/Gear di pojok kanan atas. Tepatnya di bawah gambar profil akun google. Pilih menu Settings (Setelan).

Setelah itu teman-teman akan di bawa kehalaman pengaturan umum akun email google. Langsung saja scroll ke bawah. Cari fitur Vacation responder (Penjawab pesan saat liburan). Aktifkan fitur ini, supaya gmail dapat mengirim balasan email otomatis.

Tutorial Lengkap Cara Setting Gmail Balas Email Otomatis Melalui PC

Isi kolom First day (hari pertama) dengan tanggal kapan kawan-kawan ingin gmail membalas secara otomatis, atau kalian bisa membiarkannnya kosong jika ingin gmail auto reply berkerja saat itu juga.

Untuk pilihan Dast Days (Hari Terakhir), silakan teman-teman centang dan isikan tanggal kapan gmail membalas otomatis akan di akhiri. Namun jika kawan-kawan ingin gmail membalas setiap email yang masuk secara otomatis tanpa henti, sampai kalian tidak menginginkannya agi, maka biarkan kosong atau jangan di centang.

Pada kolom Isian Subject (Perihal), isi dengan judul email atau tujuan email itu di kirimkan.

Pada kolom Message (Pesan), isi dengan Pesan yang ingin kawan-kawan jadikan sebagai isi email balasan otomatis.

Selanjutnya silakan teman-teman centang pilihan Only send a response to people in my contact (Kirimkan tanggapan hanya kepada orang-orang di dalam daftar Kontak saya) supaya gmail hanya membalas pesan secara otomatis saat ada email masuk dari daftar kontak yang telah terdaftar di akun gmail tersebut. Apabila kalian menginginkan gmail membalas otomatis semua email yang masuk tanpa terkecuali, maka biarkan apa adanya. Maksudnya jangan di centang.

Langkah terakhir, Klik Save Changes (Simpan Perubahan) yang terletak tepat di bawah kotak Vacation responder, supaya lebih jelas kawan-kawan bisa lihat kembali gambar di atas.

Setelah melalui beberapa tahapan Cara Setting Gmail Balas Email Otomatis (Auto-reply/Autoresponder) Melalui PC di atas, mulai saat itu atau mulai sejak tanggal yang telah Anda isikan pada kotak last days, akun gmail sobat akan membalas email/semua email yang masuk secara otomatis (Auto-reply/ Autoresponder).   

Bagaimana ?, mudah sekali bukan. Selamat praktek, dan semoga sukses. Salam dan jangan lupa baca juga artikel tentang gmail lainnya.

Posting Komentar untuk "Cara Setting Gmail Balas Email Otomatis (Auto-reply/Autoresponder) Melalui PC"