Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tips Meningkatkan Keamanan Akun Email

8 Tips Meningkatkan Keamanan Akun Email - Bagi saudara sekalian yang suka mejelajah internet atau kata kerennya browsing. Baik hanya untuk bermain game, belanja online, download, upload, atau hanya sekedar cari informasi mengenai berbagai keperluan tentunya pasti punya akun email.

Karena itulah kalian harus bisa menjaga dan memastikan keamanan akun email yang kalian punya. Sebab semakin sering di gunakan, akun Anda jadi lebih rawan terhadap tindak kejatahan.

Namun jika kalian lebih waspada dan teliti, maka semua hal yang tidak diinginkan bisa di hindari atau paling tidak di minimalisir.

Sehebat dan seaman apapun akun email yang kalian punya baik itu dari yahoo, gmail, atau penyedia akun email gratis lainnya. Tentunya kalau kalian tidak menjaganya dengan baik, maka sudah bisa di pastikan, kalau suatu saat nanti akun yang kawan-kawan miliki di ambil alih oleh orang lain. Apalagi kalau akun email tersebut merupakan akun penting, karena itulah sebelum terlambat ada baiknya kawan-kawan menjaganya dengan baik. Supaya tidak menyesal nantinya.

Jika teman-teman tertarik dan ingin mencoba bagaimana cara meningkatkan keamanan akun email yang kalian miliki, berikut Admin punya beberapa tips yang bisa kalian coba. 

8 (Delapan) Tips Meningkatkan Keamanan Akun Email


Pertama, saat kawan-kawan membuat akun email baru. Admin sangat merekomendasikan kalau kalian memverifikasi akun dengan menggunakan nomor HP. Hal ini menurut kami sangat krusial, dan jarang kena bajak. Karena seperti yang kita ketahui bersama nomor HP itu hanya bisa di miliki oleh satu orang saja yaitu Anda. dan yang terpenting jika kalian nantinya lupa password, proses perbaikannya jauh lebih mudah dan gampang.

Kedua, gunakan password dengan panjang minimal 30 karakter. Yang terdiri dari gabungan angka, huruf (besar dan kecil), dan beberapa simbol. Dan usahakan kalau password tersebut tidak mengikuti akal sehat. Maksudanya, tidak bisa di pikirkan oleh siapapun, bahkan Anda sendiri juga tak bisa mengingatnya walaupun sudah melihatnya ratusan kali.

Ketiga, Simpan data pembuatan akun email dengan baik-baik pada notepad, di kompress menggunakan zip dan jangan lupa di proteksi dengan password.

Keempat, lakukan perubahan password akun email kalian secara berkala. Kalau bisa sih, sebulan satu kali. Lebih sering lebih baik.

Kelima, saat login usahakan untuk selalu menggunakan mode private. Dan kalau bisa saat kalian memasukkan alamat email dan passwordnya, jangan mengetik tapi copas aja.

Keenam, jangan pernah mengklik lampiran email masuk dari sumber yang tidak terpercaya.

Ketujuh, khusus untuk pengguna gmail luangkan sedikit waktu untuk mengecek email dari google tentang laporan aktivitas mencurigakan.

Kedelapan, supaya jauh lebih aman. Alangkah lebih baiknya jika kawan-kawan mengaktifkan verifikasi tiga langkah (jika tersedia).

Demikianlah sedikit tips yang bisa Admin bagikan untuk sahabat coba, semoga saja dengan beberapa trik sederhana di atas, Keamanan Akun Email yang sobat punya jauh lebih baik. Walaupun tidak 100% aman. Terima kasih, salam sukses buat kita semua...

Posting Komentar untuk "8 Tips Meningkatkan Keamanan Akun Email"