Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Langkah Mendesain Website dengan Mudah dan Efektif Bagi Para Pemula

5 Langkah Mendesain Website dengan Mudah dan Efektif Bagi Para Pemula - Mungkin saat ini, teman-teman sedang bingung memikirkan bagaimana caranya agar traffic website yang di kelola bisa bertambah menjadi lebih banyak. Jika ia, mungkin artikel berikut bisa membantu. Mengapa ?. Karena sumber permasalahan serta pemecahannya sangatlah gampang. Supaya kalian lebih paham silakan simak uraian lengkapnya di bawah ini.

5 Langkah Mendesain Website dengan Mudah dan Efektif Bagi Para Pemula


Pada dasarnya, untuk memiliki website yang bertraffik kawan-kawan hanya perlu memperhatikan beberapa hal yang menjadi faktor kepuasan pada sisi user experience (UX) saat mengakses sebuah website yang mampu menarik minat pembaca serta meningkatkan traffic di sebuah website. Di antaranya adalah menyajikan konten yang berkualitas (bukan plagiat), unik, mampu memberikan jawaban sesuai dengan apa yang di cari oleh pengunjung, walaupun ini bukanlah hal yang gampang untuk di lakukan ada baiknya kawan-kawan mencobanya karena cara ini sangat efektif serta beberapa faktor lain yang mampu membuat para pengunjung website betah berlama-lama salah satunya menggunakan desain yang menarik dan unik.

5 Langkah Mudah dan Efektif Mendesain Website


Dalam membuat desain suatu website, hal yang paling utama untuk Anda perhatikan adalah tata letak setiap menu dan navigasi yang ada di dalamnya. Bayangkan saja kalau peletakannya berantakan, sudah pasti pengunjung akan bingung dan kesulitan untuk mejelajahi situs Anda, selain itu juga merusak pandangan mata. Dengan begitu besar kemungkinan setelah singgah sebentar mereka keburu kabur, sebelum membaca konten Anda yang lainnya.. 

Maka dari itu, penting untuk memahami bagaimana cara mendesain website, sekalipun Anda masih pemula. Berikut 5 langkah mendesain website dengan mudah dan efektif yang bisa sahabat coba.

1. Memilih web-hosting yang diinginkan
Sebelum mendesain sebuah website, hal pertama yang harus Anda pastikan adalah hosting yang digunakan. Selain memilih nama domain yang tepat dari berbagai pilihan domain murah, kualitas hosting pun juga akan mempengaruhi kualitas  website Anda. Semakin baik kualitas hosting yang digunakan, semakin mudah pula untuk Anda dalam mengelola dan mendesain website Anda. 

Dalam memilih hosting, kualitas pertama yang perlu Anda perhatikan terlebih dulu adalah pelayanannya. Apabila nantinya terjadi kendala pada website, Anda harus memastikan bahwa kendala tersebut dapat tertangani dengan cepat. Selanjutnya, Anda juga harus pastikan hosting Anda menyediakan berbagai fitur tambahan yang memudahkan Anda dalam membuat website, seperti backup otomatis misalnya.

Selain pelayanan dan fitur tambahan, elemen lain seperti artikel panduan juga penting untuk Anda dapatkan. Pilihlah hosting yang memiliki menu knowledge base di dalamnya agar Anda bisa mengakses langsung informasi yang dibutuhkan sewaktu-waktu. Lalu barulan Anda bisa menyesuaikanya dengan platform yang kompatibel untuk membuat website.

2. Gunakan platrform yang tepat
Layanan hosting yang tepat sudah Anda dapatkan. Hal berikutnya yang harus Anda pastikan adalah platform yang Anda gunakan untuk membuat website. Bagi para pemula, membuat website dengan coding rasanya terlalu berat. Biasanya penggunaan bahasa pemrograman hanya dilakukan oleh para developer website yang memang sudah berpengalaman di bidangnya. Untuk itu, Anda perlu memilih platform yang menyediakan keleluasaan untuk melakukan customize dengan mudah.

Dari sekian banyak pilihan, platform yang bisa dimanfaatkan para pemula adalah WordPress. Sebagai salah satu Content Management System (CMS) terbaik untuk membuat website, WordPress telah dikenal sebagai platform yang memiliki tampilan profesional, namun sangat user-friendly. Ada beragam tools dan fitur-fitur di dalamnya yang menawarkan kemudahan bagi para pemula untuk mengelola sejumlah konten dan mengembangkannya melalui website Anda.

3. Install tools sesuai kebutuhan website
Setelah menginstall WordPress, langkah yang perlu dilakukan selanjutnya adalah mengaktifkan tools tambahan yang dibutuhkan untuk mendesain website Anda. Pertama, Anda bisa memilih terlebih dulu template atau tema dan menyesuaikannya dengan konsep website yang sudah dirancang. WordPress mempunyai banyak tema, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Untuk para pemula, sebaiknya membiasakan diri dengan platform ini dengan menggunakan tema gratis.

Namun, bagaimana cara menemukan tema yang tepat pada platform yang Anda gunakan? Anda bisa mulai dengan membaca review dari user dan melihat update dari tema tersebut. Jika sudah menemukannya, Anda bisa segera install dan mengaktifkan. Setelah itu, jangan lupa juga untuk menginstall plugin berupa WordPress page builder. Plugin ini mampu memudahkan Anda dalam mendesain website dengan fitur-fitur yang memberikan Anda keleluasaan untuk memodifikasinya.

4. Persiapkan mockup dan prototipe desain
Sudah menginstall tema dan plugin? Sekarang waktunya untuk mempersiapkan mockup dan prototipe desain website yang ingin Anda wujudkan. Tidak perlu terlalu detail untuk membuatnya. Anda cukup meletakkan elemen-elemen penting yang hanya ingin ditampilkan saja di website nantinya. Beberapa elemen tersebut seperti layout, jenis huruf, pilhan warna, white space/ruang kosong, navigasi, tombol search, dan lain-lain.

Saat sudah merencanakan seperti apa mockup website yang akan didesain, Anda bisa lanjut mempersiapkan prototipenya. Langkah ini seperti memindahkan sketsa desain dalam bentuk coretan tangan ke bentuk digitalnya di komputer. Protipe ini bisa langsung dibuat melalui bantuan dari plugin website builder yang sudah diinstall. Tidak perlu terburu-buru dalam membuatnya agar Anda bisa mendapatkan hasil desain website terbaik yang diingankan.

5. Cek tampilan desain di perangkat mobile
Setelah memastikan tampilan website Anda secara menyeluruh, langkah terakhir yang tidak boleh ketinggalan adalah melakukan cek pada tampilan website di perangkat mobile. Dengan lebih seringnya akses internet melaui perangkat mobile seperti smartphone, tingkat optimasi pada Search Engine Optimization (SEO) pun juga dipengaruhi oleh halaman website yang mobile friendly. Salah satu patokannya adalah Accelerated Mobile Pages (AMP).

Dengan membuat desain yang mobile friendly, website Anda bisa diakses lebih cepat. Para pengunjung pun akan merasa lebih bebas dan leluasa saat mengeksplor website Anda, sehingga angka bounce rate pun semakin rendah. Dengan ini, traffic/pengunjung pun akan ikut meningkat karena mereka merasa nyaman saat membaca dan mejelajahi situs Anda. 

Demikianlah tips sederhana yang bisa Admin bagikan dalam pembahasan "5 Langkah Mendesain Website dengan Mudah dan Efektif Bagi Para Pemula". Selamat mendesain website indaman Anda, semoga bermanfaat!!! Sampai berjumpa lagi.

Posting Komentar untuk "5 Langkah Mendesain Website dengan Mudah dan Efektif Bagi Para Pemula"