Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengantisipasi Hilangnya Akun Email Gmail

Tips Mengantisipasi Hilangnya Akun Email Gmail – Email sekarang ini merupakan salah satu kebutuhan pokok bagi setiap orang yang sering online. Baik itu hanya untuk bermain, menggunakan SOSMED ataupun melakukan hal lainnnya dalam dunia online. Apalagi sekarang ini sudah banyak sekali HP Android yang harganya sangat terjangkau, yang mewajibkan semua pemiliknya untuk membuat akun gmail supaya bisa menikmati semua layanan yang tersedia.

Tapi sayangnya seringkali di antara kita lalai dan menganggap enteng akan akun itu sendiri dan baru menyadarinya ketika terjadi suatu masalah terhadapnya. Ketika hal ini terjadi, kita baru pusing dan bingung mencari-cari bagaaimana cara memperbaikinya. Padahal hal itu seharusnya tidak terjadi jika teliti, ibarat pepatah sedia payung sebelum hujan. 

Memang sih kalau kita memiliki banyak akun gmail, gampang ngak bisa login atau hilang satu akun masih banyak akun lain. Tapi jika yang bermasalah itu akun penting, dan merupakan satu-satunya akun yang di miliki pastinya akan pusing tujuh keliling. Untuk bisa mendapatkan kembali Anda akan siap melakukan langkah apapun, yang hasilnya masih belum bisa di prediksi.

Jadi sebelum hal yang tidak di inginkan terjadi pada akun gmail penting Anda, baiknya sobat mengggunakan beberapa tips yang bakal Admin bagikan di bawah ini, sebagai langkah antisipasi sebelum hal buruk terjadi. Sehingga apabila terjadi suatu masalah di kemudian hari, kawan-kawan bisa dengan mudah memperbaikinya.

Tips Mengantisipasi Hilangnya Akun Email Gmail


1# Isi Data Diri Dengan Benar
Saat pertama kali membuat atau mendaftar g-mail kita di wajibkan untuk mengisi data diri, jadi supaya saat terjadi masalah nanti dapat di perbaiki dengan mudah. Sebaiknya kalian isi dengan data sebenarnya. Dan kalau perlu di catat serta di simpan di tempat yang aman. 

Mengapa ?

Karena, saat kalian gagal login atau di curigai sebagai orang lain. Google akan menanyakan beberapa data yang kawan-kawan inputkan. 

2# Gunakan Nomor Handphone Pribadi
Menggunakan nomor HP sendiri yang masih aktif adalah salah satu jalan terbaik saat membuat gmail, sebab saat terjadi masalah di akun Anda kalian akan di minta untuk mengkonfirmasi nomor HP selain beberapa data di atas.

3# Gunakan Password Yang Kuat
Kalau dua poin di atas berguna saat terjadi masalah yang bisa menyebabkan akun Anda hilang karena tidak bisa di akses, yang ketiga ini berguna untuk mengatasi pencurian akun. Disarankan untuk menggunakan password kuat yang terdiri dari berbagai kombinasi antara angka, huruf besar, huruf kecil, dan simbol. Serta jangan lupa untuk merubahnya secara berkala.

Jika sobat belum mengerti bagaimana cara melakukan perubahan password atau reset sandi gmailnya, silakan baca panduannya disini

4# Tambahkan Opsi Pemulihan
Poin yang satu ini seringkali diremehkan oleh pemilik akun gmail, entah karena mereka tak tau, lupa, atau memang sengaja. Padahal saat terjadi masalah hal ini yang pertama kali di tanyakan oleh pihak google, untuk memastikan keabsahan Anda sebagai pemilik. Jadi setiap kali kawan-kawan selesai membuat ada baiknya segera menambahkan opsi pemulihan akun. Untuk alamat email, saran Admin gunakan alamat email berbeda seperti yahoo atau email lain.

5# Catat Tanggal & Email Terakhir
Mungkin yang ini benar-benar sepele, tapi tau tidak, kalau saat proses pemulihan akun banyak yang gagal memperoleh akun gmailnya kembali karena lupa tanggal pembuatan, email pertama yang di terima saat selelesai membuat dan alamat email terakhir yang di hubungi. 

Jadi walaupun hal ini sepele, jangan di abaikan. Karena suatu saat nanti pasti akan berguna.

Itulah beberapa kiat dari Admin yang berisikan Tips Mengantisipasi Hilangnya Akun Email Gmail yang bisa sahabat coba, terima kasih. Semoga bermanfaat, jika ada yang kurang jelas, atau masih ada poin yang kurang teman-teman bisa bertanya atau menambahkan pemikiran kalian melalui kotak komentar di bawah.

Penting !!!
Komentar yang tak berkaitan dengan topik ini akan Admin masukkan dalam kotak sampah. Jadi berkomentarlah dengan bijaksana, demi kemajuan kita bersama.

Posting Komentar untuk "Tips Mengantisipasi Hilangnya Akun Email Gmail"