Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mengatasi Semua Errors Pada blogger Secara permanen

Tips Mengatasi Semua Errors Pada blogger Secara permanen - Sebelumnya Admin sudah pernah membagikan bagaimana cara mengatasi errors 404 bagi pengguna blogger, tapi untuk melakukan hal itu lumayan sulit. Apalagi kalau errors yang terdeteksi oleh google webmaster jumlahnya sangat banyak. Dimana dalam tutorial terdahulu, untuk atasi errors yang terdeteksi GWT, kita harus download dulu list link errorsnya lalu minta google menghapusnya dari penelusuran dengan cara submit satu persatu.

Kalau jumlahnya sedikit masih enak, tapi kalau sudah terlalu banyak pastinya sangat melelahkan bukan !!!.

Cara itu memang efektif, tapi hanya bekerja sementara waktu. Dalam waktu beberapa bulan, minggu, bahkan dalam hitungan hari saja seringkali errorsnya kembali lagi. Bagi pengguna blog WP hal itu bisa di atasi dengan mudah, sebab banyak sekali plugin yang bisa mereka gunakan secara gratis untuk menghandle semua link errros pada blognya.

Tips Mengatasi Semua Errors Pada blogger Secara permanen

Untuk itulah, khusus buat sobat yang sampai saat ini masih mengandalkan hosting gratisan dari blogspot/ membuat blog di blogspot, dan mengalami kendala untuk mengatasi semua errors yang terdeteksi, berulang kali kembali lagi secara terus menerus alias bandel. Admin punya tips bagus untuk kalian pergunakan. Supaya kedepannya tidak pusing lagi dengan banyaknya link errors hanya dengan satu kali setting saja. 

Cara ini sudah Admin terapkan sejak lama, terutama untuk blog yang kami banggun menggunakan domain expired (Age Domain). Bagaimana apakah kawan-kawan sudah siap untuk praktek ? Jika “YA”, yuk simak tutorial lengkapnya di bawah ini.

Tips Mengatasi Errors 404 Pada blogger Secara permanen


Tutorial atasi errros pada Blogger/Blogspot kali ini ialah dengan cara mengatur redirect otomatis halaman Error 404 (broken link) ke halaman depan (homepage) atau halaman khusus sesuai dengan yang kita inginkan. Bagaimana caranya ?, silakan simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Redirect Error 404 Pada Blogger Ke Homepage


Untuk redirect halaman error 404 di Blogger pertama-tama tentunya kawan-kawan harus login terlebih dahulu ke akun blogspot yang banyak terdapat link errorsnya.

Klik menu Tema > Edit HTML. 
Cari kode </body> atau &lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt; 

Saran :
Untuk mempermudah proses pencarian, kawan-kawan bisa klik di didalam script template. Lalu tekan tombol CTRL+F pada keyboard, dan masukkan kode di atas pada kotak pencarian yang di sediakan. Atau kalian juga bisa langsung scroll scriptnya kebagian paling bawah. Karena biasanya kode tersebut ada di bagian paling akhir.

Setelah ketemu letakkan kode berikut ini diatas kode </body> atau &lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt; tadi:

<b:if cond='data:view.isError'>
<script>
window.location.href = &quot;<data:blog.homepageUrl/>&quot;;
</script>
</b:if>

Terkahir klik Simpan Tema. 

Tutorial Mengalihkan Semua Erros 404 Blogger Kehalaman Khusus


Jika sahabat mau mengalihkan semua errros kehalaman tertentu silakan rubah sedikit kodenya. Seperti di bawah ini.

<b:if cond='data:view.isError'>
<script>
window.location.href = &quot;[link_halaman_halaman_errors]&quot;;
</script>
</b:if>

Contoh:

<b:if cond='data:view.isError'>
<script>
window.location.href = &quot;https://www.blogtipsintrik.com/p/sitemap.html&quot;;
</script>
</b:if>

Itulah tips dari kami untuk mengatasi semua link errors yang membandel pada blogger, dengan cara melakukan redirect permanen 301 menuju homepage (halaman utama) atau ke halaman tertentu yang sobat inginkan dengan cara otomatis. Jadi tak perlu ribet lagi submit minta penghapusan ke webmaster google satu persatu link errors 404. Selain bisa menghemat waktu cara ini terbukti sangat efektif dan efisien mengatasi semua errors yang ada. 

Saran:
Gunakanlah cara di atas untuk blog yang memiliki banyak errros, dengan jumlah ratusan, bahkan ribuan. Kalau hanya beberapa atau puluhan saja dan masih bisa di atasi dengan cara manual, Admin blogtipsintrik lebih menyarankan untuk menggunakan cara manual. Sebab masih ada kemungkinan link errors tersebut bisa dimanfaatkan sebagai link juice untuk artikel tertentu yang jauh lebih relevan.

Akhir kata Admin hanya bisa mengucapkan banyak terima kasih, semoga tutorial yang berisikan Tips Mengatasi Semua Errors Pada blogger Secara permanen di atas, bisa bermanfaat. Terima kasih, sampai berjumpa di lain kesempatan.

4 komentar untuk "Tips Mengatasi Semua Errors Pada blogger Secara permanen"

Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!
Masukkan link pada kotak yang di sediakan...jangan dalam komentar.