Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Etika Copy Paste (COPAS) Artikel Yang Baik dan Benar

Etika Copy Paste (COPAS) Artikel Yang Baik dan Benar – Copy paste merupakan suatu tindakan yang melanggar hukum dalam dunia online maupun offline, sebab kegiatan ini sama artiya dengan melakukan pencurian.

Pelaku copy paste biasanya di kenal dengan nama plagiat atau kasaranya pencuri artikel. Walaupun sudah banyak yang tau kalau aktivitas copy paste artikel orang lain itu melanggar aturan dan hanya di lakukan oleh orang yang bodoh. 

Karena dengan kegiatan ini mereka tidak mendapatkan keuntungan sedikit pun, malah sebaliknya dengan melakukan plagiat bukannya nama baik atau kepopuleran yang di dapat malah blog atau situs yang mereka bangun secara perlahan akan hilang dari indeks, karena kita semua pasti tau kalau semua mesin pencari sangat membenci tindakan ini.

Etika Copy Paste (COPAS) Artikel Yang Baik dan Benar

Walaupun aktivitas ini termasuk ilegal, ternyata di zaman yang canggih ini masih banyak sekali para blogger yang melakukannya, padahal jelas-jelas itu akan merugikan yang melakukannya.

Lalu apa saja sih kerugian melakukan plagiarisme atau mencuri artikel orang lain ?, yuk simak beberapa kerugian melakukan copy paste melalui tautan berikut https://www.blogtipsintrik.com/2018/10/kerugian-langsung-tak-langsung-pelaku-copas-artikel.html.

Bagaimana ? setelah membaca artikel kerugian copy paste artikel orang lain tanpa etika di atas, tentunya sekarang pikiran kawan-kawan yang gemar copas artikel blog orang lain akan sedikit terbuka dan secara perlahan meninggalkan kebiasaan buruk yang sangat merusak satu ini.

Nah khusus bagi sobat yang gemar copas, dan sulit untuk meninggalkan kebiasaan buruk yang satu ini. Berikut Admin sajikan beberapa cara copy paste artikel yang baik sesuai dengan tata cara, hukum dan etika yang berlaku. Sehingga dengan melakukan aktivitas ini tidak ada yang di rugikan.

Bagaimana ? Penasaran ?, yuk simak tips copy paste artikel blog tanpa plagiat  dan beretika versi Admin di bawah ini.

Etika Copy Paste (COPAS) Artikel Yang Baik dan Benar


Walaupun kita semua tau kalau aktivitas copy paste itu illegal dan melanggar hukum, serta memberikan banyak sekali kerugian bagi pelakunya. Ternyata dengan cara yang tepat, aktivitas ini bisa menjadi leggal dan saling menguntungkan. 

Berikut beberapa trik copas artikel yang bisa sobat coba gunakan, tanpa melanggar aturan, bebas plagiat, dan etika yang berlaku.

Etika Copy Paste Pertama, Saat Anda mengcopy paste artikel dari sebuah blog, jangan langsung di publikasikan. Tapi rubah dulu kata-katanya sesuai dengan gaya bahasa Anda. Kalau perlu tambah informasi yang masih belum lengkap dari artikel tersebut dengan beberapa materi lain. Dan jangan lupa, saat Anda mempublikasikan artikel tersebut judulnya di rubah serta kasih link sumber mengarah ke situs asal (tempat anda mengambil artikel).

Etika Copy Paste Kedua, Sumber harus anda tambahkan di artikel yang sobat publikasikan, berupa link aktif (Ingat, link sumber harus bisa di klik atau aktif). Hal ini jarang sekali di lakukan oleh tukang copas, padahal dengan menyisipkan link aktif di artikel yang mengarah ke sumber itu sangat bagus untuk seo, dan tentunya ketika pemilik Asli mengetahui tindakan yang sobat lakukan mereka tidak akan langsung melaporkannnya ke DMCA. Memberikan link aktif yang mengarah ke artikel Asli bisa menjadi sebagai tanda hormat dan terima kasih yang kalian ucapkan secara tidak langsung pada penulis. Dan dengan melakukan ini selain lebih aman, juga saling menguntungkan.

Mungkin Anda berpikir, kan artikelnya sudah saya edit. Kok masih harus kasih link sumber ?.

Memang kalau kalian berpikiran sempit akan berpikir demikian. Tapi dengan memberikan link aktif pada situs penerbit artikel asal, selain mematuhi aturan, juga membuktikan kalau Anda seorang yang berpendidikan dan punya etika.

Jangankan artikel yang di publikasikan secara online, bikin skripsi atau minimal ketika kita buat makalah saja. Kita harus menambahkan sumber dalam setiap kata yang kita kutip, jika tidak maka makalah, skripsi, atau tulisan Anda di anggap tidak berbobot. 

Dan parahnya lagi, gelar sarjana saja bisa di copot apabila ketahuan plagiat, itu offline loh. Coba Anda bayangkan kalau tulisan di publikasikan secara online pasti lebih paraaaaaaaaaaah bukan. Silakan Anda pikir sendiri deh, masih berpegang pada prinsip lama atau mau berubah menjadi lebih baik dengan menerapkan Etika Copy Paste (COPAS) Artikel Yang Baik dan Benar dari Admin ini.

Etika Copy Paste Ketiga, Jangan Anda copy paste artikel lebih dari 2 buah dari satu website, blog, atau situs. Karena jika kalian melakukan ini, itu artinya kalian bukan mencuri lagi tapi merampok artikel, yang tentunya hukumnya jauh lebih berat. 

Dimana kalau kalian ketahuan mencuri artikel, paling hanya beberapa saja yang kena deindeks, di hapus, atau di abaikan di pencarian. Tapi kalau sobat ketahuan merampok artikel maka situs Anda akan tiada selamanya, sehingga jerih payah Anda selama ini akan terbuang sia-sia.

Tips copas keempat, Usahakan sebelum sobat copy paste artikel dari sebuah blog, minta izin dulu pada penulis. Jangan asal comot, dan yang terpenting setelah mendapatkan izin jangan lupa saat mempublikasikan artikel nanti terapkan 3 Etika Copy Paste (COPAS) Artikel Yang Baik dan Benar di atas. 

Demikianlah beberapa tips yang bisa Admin bagikan buat agan sekalian yang sudah terserang penyakit COPAS alias copy paste dan sulit untuk meninggalkannya. 

Dengan menggunakan Etika Copy Paste (COPAS) Artikel Yang Baik dan Benar di atas, Admin yakin deh blog kalian akan aman dari semua hewan peliharaan google dan masih terbuka peluang untuk bisa mendapatkan visitor serta mampu bersaing dengan situs lain.

NOTE : Admin tidak pernah menganjurkan pada siapa pun untuk melakukan copy paste. Karena kegiatan ini membunuh kreativitas, membuat malas, serta menumpulkan kinerja otak. Tapi lakukanlah sesekali saja, jika kepepet.
Akhir kata, kami hanya bisa berharap semoga tulisan ini bisa bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

8 komentar untuk "Etika Copy Paste (COPAS) Artikel Yang Baik dan Benar"

  1. terikamasih min tipsnya bermanfaat....

    BalasHapus
  2. Saya tidak pernah mau copy paste.. karena buat artikel ini capek.. tapi blog saya pun pernah di copy paste.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar aja gan, nanti mereka bakal capek sendiri. Sebab ngak bakal ada hasilnya !!!!

      Hapus
  3. Untuk Etika Copy Paste Ketiga, Memang ada ketentuan pasti kalau lebih dari 2, maka situs Anda akan tiada selamanya???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngak ada sih, tapi itu cara yang beradab versi Admin dan paling aman.

      Logikaanya gini gan, kalau agan copas artikel situs lain dalam jumlah ratusan. Dan pemiliknya gak suka, maka dengan melaporkan situs agan secara perlahan, misal dua link perhari, lama kelamaan website yang agan kelola akan mendapatkan banyak keluhan DMCA, hal ini akan membuat website agan menjadi buruk, sehingga secara perlahan situs agan akan susah keindeks, hingga hilang dari pencarian. Dan kalau sudah terlalu banyak keluhan DMCA yang masuk, maka besar kemungkinan situs agan akan masuk google sandbox sehingga sebagus apapun postingan atau artikel blog ngak akan ada yang terindeks. Inilah mengapa Admin mengatakan di atas kalau "situs akan tiada selamanya".

      Semoga bisa di pahami, terima kasih.

      Hapus
  4. Tulisan blog saya pernah di copy paste oleh media online resmi di ...dan mereka tidak menyertakan link blog saya...heheheh

    BalasHapus
  5. Bang saya minta izin ya artikelnya dijadikan referensi tugas kuliah.

    BalasHapus

Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!
Masukkan link pada kotak yang di sediakan...jangan dalam komentar.