Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mengganti Template (Tema/Theme) Blogger

3 Cara Mengganti Template Blogger atau Blogspot - Halo kawan-kawan sekalian, karena banyaknya permintaan dari para pengunjung. Dan masih banyak yang belum tau bagaimana cara membuat tampilan blog atau situs yang mereka buat di blogspot milik google tampil lebih menarik. Maka dari itu, pada kesempatan baik malam ini Admin blogtipsinrik.com kembali akan memberikan tutorial dasar blogger berupa panduan mengganti template atau tema.

Bukan hanya satu cara tapi langsung 3 cara sekaligus, dengan harapan saat Anda mengikuti petunjuk yang kami berikan dalam artikel tutorial ngeblog dasar ini bisa di lakukan dengan baik dan pasti berhasil 100%. 

Oke langsung saja, untuk kawan-kawan yang masih pemula dan baru membuat blog di blogger, silakan simak dan ikuti petunjuk di bawah ini selangkah demi selangkah supaya tingkat keberhasilannnya jauh lebih terjamin.

Panduan Lengkap Mengganti Tema/Template Blogger Blogspot Khusus Pemula


Mengganti template yang sudah di pergunakan saat membangun blog menggunakan blog gratisan dari blogger dengan domain blogspot.com. sebenarnya sangat lah gampang, karena sebagai pemilik dari situs ini. mbah google telah memberikan banyak kemudahan bagi penggunanya. Namun ternyata bagi yang belum paham (Blogger Pemula), proses pengantiannya jadi terasa sulit dan sering kali mereka mengeluh karena gagal.

Untuk itulah demi membantu para pemula yang mau ngeblog menggunakan situs gratisan dari google, terutama yang masih belum mahir dalam mengganti tampilan website miliknya. Admin akan memberikan tiga cara merubah atau mengganti tema/template dari blogger beserta gambar, berikut langkah lengkapnya.

Pertama, Cara Mengganti Template Blogspot/Blogger dengan Klik


Cara kesatu ini adalah cara yang paling gampang, dan tingkat keberhasilannya di jamin 100%. Karena Anda tidak perlu melakukan banyak hal atau persiapan ini itu lagi. Kalian cukup masuk ke akun blogger yang mau kalian rubah tammpilannya.

1. Setelah login, klik menu theme 

2. Pilih saja salah satu tema yang sudah di sediakan oleh blogger yang menurut kalian bagus dan menarik dengan cara mengkliknya, nanti akan muncul pemberitahuan seperti gambar di bawah ini. 

3 Cara Mengganti Template (Tema/Theme) Blogger

3. Tinggal klik Apply to blog, supaya lebih jelas lihat gambar di atas. Maka dalam sekejap tampilan website yang kawan bangun akan berubah dengan seketika. Nah itulah cara ganti template blogger dengan cara klik doang.

Tapi cara ini hanya berlaku jika kalian mau mengganti tema yang sudah di pakai dengan tema yang sudah tersedia secara gratisan di dasboard blogger. Khusus untuk kawan-kawan yang mau menggantinya dengan tempalte dari luar. Baik yang kalian dapat secara gratisan atau beli. Maka silakan ikuti langkah ganti template yang kedua atau ketiga di bawah ini.

Kedua, Cara Mengganti Template Blogger dengan Upload


1. Untuk mengganti tema dengan trik yang ke-2 ini, kalian harus mempersiapkan terlebih dahulu template pengantinya. Yang bisa kalian beli atau download template gratisan. Jika sudah punya yuk langsung saja praktek.

Baca juga info template blogger gratisan seo friendly berikut :
Brosense template modifikasi responsive
Download gratis template evo mags v25
Free template evo magz v47 terbaru

2. Dalam keadaan login, pilih situs mana yang mau kalian ganti templatenya.

3. Klik menu theme yang berada di samping kiri dashboard

4. Cari tulisan Backup/Restore di pojok kanan atas, setelah ketemu jangan lupa klik, nanti kalian akan melihat tampilan seperti berikut.

Cara mengganti Template Blogger dengan Upload

5. Untuk berjaga-jaga terjadinya kesalahan atau kegagalan, sebaiknya kawan-kawan amankan dulu file template sebelumnya dengan cara klik tombol Download Theme (optional). 

6. Setelah itu klik Choose File >>> cari di mana kalian menyimpan file template bloggernya (ingat file dengan akhiran .xml) >>> pilih temanya >>> Klik open

7. Pastikan nama template yang tampil sama dengan yang ingin kalian pakai, jika sudah klik tombol Upload, proses penggantian theme blogspot cara 2 selesai Selesai.

Note: dengan menggunakan cara kedua ini, seringkali terjadi kegagalan atau error, karena banyak template yang tersedia di luaran kurang valid atau ada kode yang hilang, apalagi kalau tema yang kalian dapatkan hasil download template modif.

Ketiga, Cara Mengganti Tema Blogspot dengan Mode HTML


Jika menggunakan cara kedua kalian mengalami kendala, baik itu gagal upload, atau tampilan situs kalian jadi berantakan. Maka mengganti template blogger menggunakan cara ketiga ini adalah trik yang paling bagus dan sangat Admin sukai. Bagaimana caranya, silakan ikuti langkah berikut.

1. Sama dengan langkah di atas, teman-teman harus masuk kemu tema/theme

2. Lalu klik EDIT HTML

Cara mengganti Tema Blogspot dengan Mode HTML

3. Hapus semua kode yang ada, dengan cara tekan tombol CTRL+A, lalu Tekan tombol DELETE

4. Buka file template yang ingin kalian jadikan sebagai penganti menggunakan notepad, lalu copy semua kode yang ada.

5. Masuk kembali ke akun blogger, dan pastekan kodenya ke dalam area script yang telah kita hapus tadi.

6. Untuk memastikan apakah sudah bagus dan sesuai harapan, silakan kalian klik Preview Theme terlebih dahulu. Kalau sudah pas, klik simpan tema (Save Theme).

7. Selesai.

Bagaimana mudah banget bukan, jadi kalau kalian mau mengganti tampilan situs yang kalian buat di blogger. Teman-teman bisa menggunakan salah satu cara di atas, hasilnya sama saja kok. Pilih saja yang mana menurut kawan-kawan mudah untuk di praktekkan. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Akhir kata Admin blog tips intrik mengucapakan terima kasih atas kunjungannya, dan semoga saja artikel 3 Cara Mengganti Template Blogger ini bisa bermanfaat. Jika masih ada yang kurang jelas silakan bertanya, insya allah jika pertanyaan kalian relevan dengan artikel ini. pasti akan kami jawab secepatnya. Salam dan sampai berjumpa lagi.

2 komentar untuk "3 Cara Mengganti Template (Tema/Theme) Blogger"

  1. Terima kasih om, informasi yang Anda sajikan dalam panduan ganti template bloger di atas. Sangat lengkap, sehingga siapapun yang kebingungan saat mau ganti templatenya bisa mengerti, dan pasti berhasil. Sukses selalu buat om deh...

    Di tunggu postingan lainnya mengenai blogger ya om...thank.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak, do'akan saja saya selalu di berikan kesehatan dan pemikiran yang cemerlang. Sehingga bisa update blog ini secara berkala dengan postingan yang bermanfaat, dan tentunya berkualitas.

      Terima kasih, atau kunjungannya.

      Hapus

Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!
Masukkan link pada kotak yang di sediakan...jangan dalam komentar.