Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Jitu Mencari Dan Membuat Backlink Dengan Blogwalking

Cara Jitu Mencari Dan Membuat Backlink Berkualitas Tinggi Dengan Blogwalking (Blog Comment) – Membuat backlink dengan blog walking atau berkomentar pada sebuah blog merupakan salah satu cara membangun backlink yang sangat mudah dilakukan. Tapi ada beberapa hal yang mesti teman-teman perhatikan. 

Blogwalking Backlink

Mengapa ?

Karena,  backlink yang dihasilkan dengan cara ini belum tentu berkualitas bahkan bisa membuat reputasi blog anda buruk. Sehingga apa yang kita dapatkan dalam membuat backlink bertolak belakang dengan tujuan penanamannya. Untuk itulah agar backlink yang dihasilkan nantinya berpengaruh postif terhadap popularitas, page rank, otoritas halaman dan otoritas domain blog, sebaiknya anda memperhatikan beberapa hal penting berikut ini.

Tips Ampuh Mencari Dan Membuat Backlink Berkualitas Tinggi Dengan Berkomentar di Blog


Dalam proses penanaman backlink melalui blogwalking atau berkomentar pada blog kita harus melalui dua tahapan, yaitu mencari tempat atau sumber backlink berkualitas dan menanamkan/membuat  backlink dengan cara yang tepat. Anda perlu memahami teknik ini agar backlink yang anda dapatkan berkualitas tinggi dan tentunya backlink tersebut bemanfaat bagi blog nantinya. Alasannya, algoritma yang dipakai mesin pencari sekarang tidak melihat berapa jumlah backlink yang anda miliki tapi seberapa tinggi kualitasnya. Untuk lebih jelasnya teman-teman bisa baca pembahasan berikut.

Cara Mencari Blog Tempat atau Sumber Backlink Berkualitas Tinggi

1. Cari Blog Yang Relevan
Ini merupakan hal paling penting untuk diperhatikan karena backlink yang dihasilkan memiliki link juice yang sangat power full dan juga disukai oleh google, Yahoo, Bing, Yandex, Baidu serta kawan-kawan. Karena itulah usahakan sebelum anda menanam atau memutuskan membuat backlink lihat dulu isi konten pada web (blog/situs) tersebut apakah memiliki keterkaitan atau tidak dengan situs atau artikel yang ingin kita berikan backlink. Apabila tingkat relevansinya sangat kecil, lebih baik tinggalkan dan cari blog lainnya. Sebab takutnya nanti backlink yang anda dapatkan di anggap sampah oleh mesin pencari, sehingga dapat merusak reputasi blog.

Selain itu dengan membuat backlink pada situs yang relevan, besar kemungkinan komentar yang kita bubuhkan menarik perhatian pengunjung blog tersebut. Dengan begitu selain dapat backlink kita juga bisa mendapatkan tambahan traffik. Untuk melihat laporan traffik blog silakan anda mendaftarkan blog ke google analytics dan memasang kode pelacakan yang di berikan pada situs anda serta kalau mau lebih bagus pasang kode dengan cara terbaik.

2. Cari Blog Bereputasi Bagus
Blog yang memiliki reputasi baik, lebih diutamakan oleh hampir semua mesin pencari yang ada di dunia. Karena itulah blog jenis ini sangat bagus untuk dijadikan sebagai tempat membangun backlink, dan sudah pasti backlink yang kita dapatkan nantinya juga memiliki kualitas tinggi.

Tapi, apakah teman-teman sudah mengetahui seperti apa blog bereputasi baik itu ?, jika belum berikut admin berikan sedikit gambaran.

Blog dapat dikatakan memiliki reputasi baik.  Jika memenuhi beberapa kriteria penilaian berikut.
1. Ada pada halaman utama 
2. Memiliki page rank tinggi
3.Terawat dengan baik. Ciri-ciri blog terawat dengan baik adalah (1) Konten yang disajikan original, (2) Artikelnya tidak basi (kadaluarsa), (3) Adminnya aktif, dan (4) Tidak terdapat komentar sampah.

Dari beberapa kriteria situs web/ blog berkualitas atau memiliki reputasi baik di atas, admin paling suka menanamkan backlink pada blog yang muncul di halaman utama. Karena backlink yang kita tanam lebih mudah terindeks. Tapi usahakan page rank yang dimiliki lebih bagus dari blog kita dan jumlah komentarnya sedikit.

Agar anda lebih memahami tentang bagaimana cara mengetahui berkualitas tidaknya backlink yang dihasilkan nantinya coba anda baca artikel yang telah admin tulis sebelumnya tentang ciri-ciri backlink berkualitas.

Cara Tepat Menanam Backlink Dengan Blog Walking (Berkomentar di Blog)
Agar backlink yang anda tanamkan dapat di aprrove oleh admin dan hasilnya berkualitas, maka sebaiknya anda melakukan beberapa hal berikut ini.

1. Berkomentar relevan dengan topik yang ditulis
Hal ini sering di abaikan oleh kebanyakan blogger. Padahal dalam mencari backlink melalui komentar inilah poin paling penting dan memiliki peran yang sangat vital. Jika anda berkomentar dengan komentar sampah bukannya mendapatkan backlink malahan situs anda bisa masuk daftar hitam. 

Kok bisa? 
Apakah mungkin ? 

Kalau anda tidak percaya silakan anda coba berkomentar disebuah blog yang adminnya aktif, dengan komentar “sip gan”, “keren gan”, “mohon kumbalnya gan”. Kemungkinan besar komentar jenis itu akan dimasukkan kedalam komentar spam oleh admin blognya. Hal ini akan memberikan signal pada robot mesin pencari kalau blog anda adalah blog spam/sampah. Coba anda bayangkan apakah yang terjadi bila sudah ratusan atau ribuan blog yang melakukan hal ini pada komentar anda.

Untuk itulah sebagai blogger yang bijak gunakanlah kesempatan mendapatkan backlink melalui komentar di bog yang populer dengan sebaik-baiknya. Dengan cara meninggalkan komentar yang benar-benar relevan, sesuai dengan topik yang disajikan. Untuk itulah sebelum berkomentar bacalah dulu artikel secara seksama dan jangan lupa baca aturannya.

Gunakan Open ID/URL
Sebenarnya membangun backlink melalui komentar di blog jenis apapun sama saja, yang membedakan adalah form komentarnya.  Contoh:

#Cara Membangun Backlink Pada wordpress

cara menanam backlink pada komentar blog wordpress

Masukkan komentar yang sesuai topik pada kolom komentar
Surel : Isikan alamat email yang tidak memiliki kaitannya dengan wordpress. Maksudnya jika teman-teman pernah menggunakan alamat email tersebut untuk membuat blog di wordpress maka jangan anda gunakan saat meninggalkan komentar karena ribet sering terjadi errors.
Name : isikan keyword/kata kunci  atau nama blog
Situs web : masukkan alamat/URL home page atau artikel yang ingin diberikan suntikkan backlink.

#Cara Membuat Backlink Pada Blogspot

Banyak orang yang malas berkomentar pada blog gratisan dibuat pada blogspot karena mereka beranggapan sulit untuk mendapatkan backlink. Padahal anggapan ini salah, backlink dari situs blogspot sangat mudah terindeks oleh google. Caranya saat anda berkomentar gunakanlah OpenID atau Name/URL. Seperti gambar berikut.

cara menanam backlink pada komentar blogspot

Ini merupakan salah satu strategi jitu untuk menciptakan backlink dimana dengan berkomentar dengan cara ini otomatis URL atau link tertanam di papan komentar. Walaupun jenisnya nofollow tapi tetap akan terbaca oleh google sebagai backlink apabila sudah di klik oleh pengunjung sebanyak lima (5) kali. 

Gunakan Anchor Text
Jika pada blog tersebut memperbolehkan kita menambahkan link hidup pada komentar, maka tambahkanlah anchor text di komentar anda sesuai dengan kata kunci yang ingin ditembak atau ingin dinaikkan popularitasnya.

Contoh :
Masukkan dulu komentar anda yang relevan dengan topik pembahasan, <a href=”link homepage/artikel”>Kata kunci yang anda bidik, sebaiknya memiliki keterkaitan dengan artikel/topik</a>

Kesimpulan: 
Membuat backlink dengan cara berkomentar di blog itu mudah dan gampang untuk dilakukan. Namun, tetap harus mematuhi pedoman pemasangan backlink yang tepat. Agar backlink yang kita tanam bisa di aprove oleh pemilik blog dan bermanfaat bagi kita.

Demikianlah tutorial singkat Cara Mencari Dan Membuat Backlink Berkualitas Tinggi Dengan Blogwalking, yang bisa admin bagikan semoga bisa bermanfaat dan mudah untuk diterapkan. Akhir kata selamat berburu backlink berkualitas, Terima kasih, dan sampai jumpa lagi.

37 komentar untuk "Cara Jitu Mencari Dan Membuat Backlink Dengan Blogwalking "

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Nice article, baru tahu lho saya mengenai blogwalking... ternyata besar juga manfaatnya, dan secara ga langsung pengetahuan kita juga nambah wkwkwk... soalnya saya baru mulai jadi blogger yang serius, biasanya cuma iseng-iseng ga jelas dan akhirnya hapus blog, bikin baru, hapus blog bikin baru lagi gara2 ga sesuai..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang benar blogwalking sangat bermanfaat, selain bisa menjadi ajang silaturahmi sesama blogger, bisa nambah pengetahuan, tukar pendapat, dan bisa juga digunakan untuk membangun backlink.

      Tapi masih banyak sekali blogger yang tidak bisa menggunakannya dengan baik...

      Mengenai cara mas buat blog baru, lalu hapus lagi menurut pendapat saya kurang efektif....sebaiknya jangan dihapus biarkan saja siapa tau suatu saat nanti berguna.

      Hapus
  3. artikelnya sangat bermanfaat mas, khususnya buat saya yang newbie banget, mudah-mudahan bisa ningkatin konversi olshop saya www.jaketcustom.id salam sukses ^_^

    BalasHapus
  4. mantav banget infonya bos... ane langsung coba

    BalasHapus
  5. keren kak artikelnya sangat membantu saya yang masih newbie buat naikin traffic jualan saya www.jaketmurahbanget.id

    BalasHapus
  6. Langsung praktek Mencoba nanam backlink disini ya..

    Kalo kamu ke Madiun jangan lupa ada oleh oleh yg anti mainstream.. Bluder Madiun

    BalasHapus
  7. Balasan
    1. Anchor text memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap populartias website, dan sangat bagus untuk membuat backlink supaya artikel atau blog yang menerimanya lebih powerfull karena lebih tertarget.

      Tapi jika penggunaan anchor text terlalu over, maka bisa di anggap spam dan berbhaya untuk blog, karena itu sebaiknya saat membuat backlink pergunakanlah anchort text yang beragam. Salah satunya penggunaan keyword LSI.

      Hapus
  8. Saya akhir-akhir ini juga sering blogwalking dan share tulisan di sosmed. Tapi kok trafiknya msh 0 ya?
    Apa ada yang salah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tetaplah semnagat dan berusaha, Semoga Alloh memberi kemudahan .. AAmiin..

      Hapus
  9. saya sangat senang mampir disini..banyak ilmu bermanfaat

    BalasHapus
  10. Sangat bermamfaat gan..makasih ya infox..

    BalasHapus
  11. Salam kenal mas, setelah saya baca baca tulisan mas sangat luar biasa bermanfaat untuk seperti saya pomula. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lam kenal juga mas, dan terima kasih kunjungannya.

      Hapus
  12. masih belum pernah mencoba.. takut nya ntar disangka nyepamm,, hhehe.. artikel yang menarik.. thanks info dan edukasi nya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau agan mencari backlink dengan blogwalking menggunakan teknik yang benar ngak bakalan di anggap spam gan. Kuncinya hanya baca dulu artikel lalu tinggalkan komentar sesuai dengan yang di bahas dalam artikel.

      Saran, jangan pernah membuat komentar berupa url/link hidup atau mati. Selain kuarang power fuul, komen seperti itu jarang yang di terbitkan, bahkan banyak yang di anggap spam.

      Karena hampir semua website telah meyediakan kolom khusus untuk memasukkan link.

      Terima kasih juga.

      Hapus
  13. Terima kasih atas info dan sarannya,

    BalasHapus
  14. Saya bingung. Ada yang bilang blogwalking malah nggak baik. Atau yang itu biar gak ada saingannya kali ya? Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau blogwalking di lakukan dengan cara yang tidak tepat memang efeknya kurang bagus gan. Jadi lakukanlah dengan cara yang baik dan sesuai dengan rule yang ada di blog tersebut.

      Sebaiknya baca dulu aturan berkomentar di blog yang agan kunjungi sebelum membuat komentar. Jangan sampai nanti komentar saat agan blogwalking di anggap spam. Jika hal ini terjadi tentunya bisa berefek negatif buat situs agan, alih-laih dapat backlink malah sebaliknya situs agan akan di cap buruk karena masuk dalam folder spam.

      Jadi bijaklah, dan jangan ingin untung sendiri. Berikanlah feedback terhadap pemiliki situs dengan komentar yang relevan. Terima kasih, semoga bermanfaat.

      Hapus
  15. Makasih banyak mas, saya mau coba dulu :) moga banyak dapat backlink ;) Makasih banyak mas, saya mau coba dulu :) moga banyak dapat backlink ;)

    BalasHapus
  16. Boleh tanya gx gan? Bagaimana caranya untuk mencari blogspot yg komentarnya menggunakan menu Name/Url. Karena selama ini kadang2 relevan dengan blog tapi tidak ada menu Name/Urlnya. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bagaimana caranya ane juga engak tau gan, sebab jarang lakukan blogawalking.

      Hapus
  17. artikelnya sangat bermanfaat sekali gan untuk newbie sprti saya. Sukses slalu untuk Agan

    BalasHapus
  18. Yang jadi masalah susah dapetin blog yang nyediain form url untuk komentar :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. salah satu Tips menghindari coment spam memang begitu, karena rata rata bloger mencari backlink dengan blogwalking

      Hapus
  19. semaleman baca-baca banyak artikel tentang PA DA, BW dll mas. DA mentok di 9. masih bingung cara naikinnya.

    harus banyak baca baca lagi ini. makasih btw artikelnya

    BalasHapus
  20. kalau gitu gw nitip jg yah

    BalasHapus
  21. Mantap banget gan,,,, ,sangat membantu sekali gan,,,

    BalasHapus
  22. Ini dia mantap gan, tips cari backlink yang terbaik yang agan share ini dan tidak merugikan yg lain,, salam sukses aja ya gan..

    BalasHapus
  23. Terima kasih tipsnya gan cara comment blogwalking yang baik.

    Cuma, untuk blog general (gado-gado) seperti punya saya, apakah berpengaruh penggunaan 'anchor text' pada nama ?

    soalnya bingung juga mau isi apa anchor texnya... ha...ha...

    salam
    belonomi.com

    BalasHapus
  24. Baru tahu saya kalau bisa membuat backlink dengan blogwalking... Seberapa besar pengaruh dari backlink dari komentar terhadap blog kita

    BalasHapus
  25. Terima kasih atas artikelnya beo

    BalasHapus
  26. Artikelnya sangat membantu sekali

    BalasHapus
  27. semaleman baca-baca banyak artikel tentang PA DA, BW dll mas
    harus banyak baca nih

    BalasHapus

Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!
Masukkan link pada kotak yang di sediakan...jangan dalam komentar.