Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

FUNGSI DAN MANFAAT GOOGLE ANALYTICS BAGI BLOG

Apakah fungsi atau manfaat google analytics bagi blog, web, situs, dan blogger ? - Selain menulis dan berbagi, dengan menjadi seorang blogger kita harus menerapkan tips blogging dengan baik dan senantiasa mengontrol serta memantau kemajuan web/blog/situs milik kita. Sehingga kita dapat mengetahui seberapa efektifkah artikel (posting) yang telah di tulis dalam memberikan manfaat bagi setiap pembaca (visitor, Pengunjung). Dimana dengan mengetahui berbagai hal secara detail yang berkaitan dengan laporan statistik blog terutama pengunjung, kita dapat lebih mudah meningkatkan (mengoptimalkan) kualitas blog terutama kualitas konten untuk mendongkrak traffik pada web.

Salah satu cara yang banyak di gunakan dan di rekomendasikan para webmaster untuk menganalisa dan memonitor perkembangan blog adalah dengan cara menghubungkan atau mendaftarkan blog pada google Analytics. Google Analytics merupakan salah satu layanan gratis google yang banyak dipakai hampir setiap orang yang turun di dunia blogging yang berfungsi melakukan tracking atau memantau situs secara real time dengan laporan lebih detail. 

fungsi dan manfaat google analytics
fungsi dan manfaat google analytics

Google analytics bermanfaat bagi blog dan pengelolanya, dikarenakan dengan bantuan produk google ini kita dapat memonitor segala sesuatu yang berkaitan dengan web/situs. Laporan yang di berikan google analytics tentang pengunjung atau visitor sangat detail sekali. Adapun berbagai fungsi dan manfaat yang di berikan google analytics adalah sebagai berikut:

Fungsi atau manfaat Google Analytics Bagi Blog (Blogger)


Google Analytics memiliki banyak fungsi dan bermanfaat bagi blog serta blogger (pengelola), diantara manfaat dan fungsi google analytics secara umum diantaranya adalah:

Dengan mendaftarkan blog pada google analytics, blogger dapat lebih mudah mengetahui jumlah Visitor (pengunjung) berdasarkan rentang waktu tertentu (jam, hari, minggu, bulan) dan laporan detail tentang  pengunjung tersebut antara lain:
  1. Dapat mengetahui laporan berapa lama seorang pembaca mengunjungi atau membaca artikel pada suatu halaman yang terdapat pada blog kita.
  2. Jumlah artikel yang di baca (page view)
  3. Jenis browser yang digunakan pengunjung
  4. Operating System (Sistem operasi) alat yang di pakai
  5. Service provider- ISP pengunjung berikut nama ISP tersebut
  6. Demographics, meliputi darimana pengunjung  berasal (negara), kota dan bahasa yang di gunakan.
  7. Total kunjungan (pengunjung yang baru pertama kali datang ke blog anda dan pengunjung lama/setia)
  8. Persentasi pengunjung baru dengan total kunjungan
  9. Screen resolution (resolusi monitor pengunjung)
  10. Jenis gadget yang digunakan pengunjung (Komputer, Handphone) dan sistem operasi handphone yang digunakan pengunjung
  11. Kecepatan koneksi pengunjung
Dengan bantuan tool google analytics kita dapat mengetahui darimana sumber traffik. Meliputi organik (search engine sebagai perujuk),  Direct (pengunjung langsung), Refferal (backlink atau dari website lain), Social dan lainnya. Sehingga sebagai pengelola (pemilik) situs kita bisa menarik kesimpulan optimasi mana yang paling banyak menyumbang traffik ke blognya.

Mengetahui konten atau Halaman yang paling banyak di baca (di kunjungi) dan artikel mana paling akhir yang dibaca oleh pengunjung sebelum meninggalkan blog.  Dengan begitu sebagai pemilik blog kita dapat mengetahui konten mana yang paling bagus (sumber traffik paling banyak) dan banyak diminati oleh pengunjug atau kurang menarik penyebab bengkaknya bounce rate blog.

Jadi dengan mengetahui artikel mana paling di minati oleh pengunjung kita dapat lebih mudah merencanakan posting-posting terkait dengannya, selain itu jika kita mengetahui artikel mana yang nilai bounce ratenya tinggi kita dapat segera melakukan langkah antisipasi untuk menurunkan nilainya sehingga kinerja web/situs bisa lebih optimal kedepannya. 

Mengetahui keyword yang menjadi perujuk (sumber trafik). Dari sini anda bisa menilai sudah seberapa efektif susunan keyword pada tulisan yang menarik bagi pengunjung blog. Sehingga kita dapat lebih mengoptimalkan lagi pengunaan kata kunci sumber traffik itu untuk mendapatkan lebih banyak view kedepannya. Dan lebih mudah menargetkan berbagai macam kata kunci yang paling relevan atau berkaitan dengan artikel atau niche blog. Dan masih banyak fungsi serta manfaat lainnya yang bisa teman-teman explorasi lebih dalam lagi.

Dengan mengetahui fungsi dan manfaat google analytics ini admin berharap teman-teman bisa memaksimalkan penggunaanya. Dan dapat segera mengamati perkembangan blog serta mengevaluasinya, agar tujuan pembuatan blog dan hasil yang di raih bisa maksimal. Tentunya juga lebih SEO.

Salam sukses..^-^ 

5 komentar untuk "FUNGSI DAN MANFAAT GOOGLE ANALYTICS BAGI BLOG"

  1. Terima kasih...
    Sangat bermanfaat...

    BalasHapus
  2. Terima kasih gan, sangat membantu

    BalasHapus
  3. Terima kasih atas infonya bos, pembahasan yang snagat lengkap, mudah di pahami, dan tentunya sangat bermanfaat bagi blogger pemula seperti saya.

    BalasHapus

Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!
Masukkan link pada kotak yang di sediakan...jangan dalam komentar.