Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Fitur Mengagumkan Android Yang Jarang Diketahui dan Digunakan Orang

Fitur Penting dan Mengagumkan Android Yang Jarang Diketahui dan Digunakan Banyak Orang - Android yang biasa di sebut smartphone adalah salah satu produk google yang laris manis, yang sangat pantas disebut dengan ponsel pintar. Karena, android bukan hanya berfungsi sebagaimana ponsel pada umumnya tapi bisa melakukan sesuatu hal yang tidak bisa dilakukan ponsel jenis lainnya. Dengan kata lain Android bukan hanya dapat digunakan sebagai media komunikasi jarak jauh tapi juga bisa melakukan hal mengagumkan lainnya. 

Android bukan lagi barang langkah, hampir semua orang sudah memiliki handphone yang berbasiskan android. Tapi kebanyakan orang yang memiliki HP android hanya mengunakan atau memanfaatkan fitur (layanan) dasar yang umum digunakan. Padahal android menyediakan beberapa fitur penting, bermanfaat dan sangat menguntungkan apabila di gunakan. Namun pada kenyataannya masih banyak orang belum tahu sehingga jarang mengunakan fitur rahasia android yang ada di Hp-nya.

Fitur android yang jarang diketahui, digunakan dan didengar banyak orang
Fitur Mengagumkan Android Yang Jarang Diketahui dan Digunakan Orang

Apa saja fitur Android yang jarang diketahui atau bahkan belum tersentuh sama sekali sehingga jarang digunakan banyak orang ? Berikut ulasan singkatnya.

Fitur Android Yang Jarang Diketahui dan Digunakan Banyak Orang


Fitur Android Yang Jarang Diketahui dan Digunakan#1. Mengunci dan Menghapus Data Handphone Saat Hilang

Android Device Manager, fitur ini disediakan android bagi penggunanya yang berfungsi untuk mengamankan data-data yang ada pada handphone apabila hilang. Jadi sebaiknya anda menggunakan fitur unik ini sebelum kejadian yang tidak di inginkan terjadi pada handphone yang anda miliki (hilang atau di curi orang). Paling tidak dengan mengunakan fitur ini anda tetap dapat mengamankan data-data penting yang anda simpan di Hp (Android) yang hilang tersebut. Sehingga, tidak di salah gunakan oleh pemilik barunya.

Adapun cara mengaktifkan fitur Android Device Manager, adalah sebagai berikut:
  1. Masuk menu setting
  2. Security
  3. Device Aministrators
  4. On-kan dengan cara mengeser tombol atau klik pada tombol on off yang disediakan.
Cara menggunakannya Android Device Manager untuk Mengunci & Menghapus Data Android secara Online / Internet.
  • Silakan teman-teman login pada akun google (yang digunakan pada hp android hilang atau di curi) menggunakan PC, Laptop, Android lainnya atau perangkat apapun yang bisa di pakai untuk mengakses internet.
  • Buka website => Android Device Manager.
  • Pada halaman Android device Manager klik type, ikon atau gambar HP Android (smartphone) yang terhubung dengan akun gmail tadi.
  • Anda akan di berikan informasi tentang perangkat anda yang hilang berupa lokasi, waktu dan jarak Smartphone itu dengan lokasi anda berada sekarang.
  • Untuk melakukan penghapusan data pada ponsel tersebut klik tombol “siapkan kunci & hapus”, lalu klik oke.
  • Selesai.
Penting : Login menggunakan akun gmail yang sama dengan perangkat android yang hilang, untuk dapat melakukannya HP yang hilang tersebut harus dalam keadaan konek dengan internet. Jadi, kita tidak dapat menghapus data dari jarak jauh kalau hp yang hilang/di curi dalam keadaan ofline. Oh ya fitur ini bukan hanya mampu menghapus data dari jarak jauh tapi juga berguna untuk melacak keberadaan ponsel tersebut.

Fitur Android Yang Jarang Diketahui dan Digunakan#2. Melakukan Pencarian Dalam Keadaan Layar Mati

Teman-teman pasti tau kan, kita tidak dapat melakukan apapun kalau layar HP android dalam keadaan mati. Ternyata pendapat itu salah, android tetap bisa bereaksi dan melakukan apa yang pemiliknya inginkan dalam keadaan layar mati, ingat bukan hp mati. Lalu apa yang bisa di lakukan android dalam kedaan layar mati ?. Android bisa membantu kita untuk melakukan pencarian dengan perintah suara, anda cukup mengucapkan “OK GOOGLE”  maka android akan langsung merespon atau bereaksi tanpa harus mengaktifkan layar terlebih dahulu.

Tapi satu hal yang mesti teman-teman ketahui untuk melakukan hal ini, pastikan terlebih anda telah mengaktifkan aplikasi Google Now pada HP Android.

Bagimana jika pada HP android anda belum tersedia aplikasi google now?

Jika fitur google now belum terpasang pada handphone (android ) yang anda miliki, untuk memasangnya silakan ikuti petunjuk singkat berikut:

1. Silakan anda download (unduh) aplikasi google now di google play store.
2. Setelah aplikasi terpasang, masuk ke menu pengaturan google (Google setting)
3. Pilih menu Search& Now
4. Klik Voice
5. Kemudian klik Ok Google Detection
6. Terakhir aktifkan dengan cara klik atau geser ke posisi on.

Penting: Tidak semua telephone celluler (Android) mendukung fitur ini. 

Fitur Android Yang Jarang Diketahui dan Digunakan#3. Menampilkan Informasi Pemilik

Fitur ini bisa sangat berguna bagi anda pemilik android, dimana kita bisa menampilkan informasi mengenai diri sendiri pada lockscreen. Sehingga apabila suatu saat HP Android anda ketinggalan di suatu tempat dan di temukan oleh orang lain. Jika orang yang menemukannya baik hati handphone anda bisa dia kembalikan atau kirimkan ke alamat yang saudara cantumkan di ponsel tersebut. 

Bagaimana cara mengaktifkan fitur Android ini ?

Langkah-langkah mengaktifkan fitur informasi pemilik pada lockscreen HP Android
  1. Masuk ke menu setting (pengaturan) 
  2. Pilih Locksreen and security
  3. Klik Show Information. 
  4. Lihat Owner Information, Kemudian masukkan data-data yang anda inginkan. Apa saja boleh, seperti Nama, Alamat, Nomor Telp yang bisa di hubungi selain no pada hp yang bersangkutan, dan informasi penting lainnya yang bisa membantu orang mengenali anda.
Fitur Android Yang Jarang Diketahui dan Digunakan#4. Memainkan Game Multyplayer Secara Lokal (Via bluetooth dan wifi)

Inilah salah satu fitur yang di sediakan android yang membuat kita happy, yang jarang di ketahui dan digunakan banyak orang. Dengan menggunakan android anda bisa memainkan game yang sama bersama teman-teman (multyplayer) melalui bluetooth atau jaringan wifi yang sama (local wifi). Banyak game yang bisa dimainkan secara multyplayer menggunakan Ponsel android diantaranya: 

GAME MULTIPLAYER ANDROID VIA BLUETOOTH 
Tank Battles, Battle Bears Gold, Bima X, Aircraft Online, Twin Shot, Bump Sheep, Gun Bros 2, Perfect Kick, Air Hockey, Galaxy Trucker, Brother In Arms, Virtual Tennis Challenge, Dream League Soccer dan lain-lainnya.

GAME MULTIPLAYER ANDROID VIA WIFI
Let’s Golf 3, Aspalt 8, Brother in Arms 3, dan masih banyak game populer lainnya.

Fitur Android Yang Jarang Diketahui dan Digunakan#5. SMS Dari Komputer

Fitur Android yang satu ini bisa memberikan anda kemudahan dan keyamanan terutama dalam mengirim short message (SMS). Kalau di bandingkan dengan komputer dalam hal ketik mengetik android sedikit lebih merepotkan. Karena, android menyadari hal itu maka android menyediakan sebuah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk megetik sms langsung melalui komputer, laptop atau PC.

Bagaimana cara kirim SMS dari komputer ?
  • Untuk dapat melakukan hal ini terlebih dahulu teman-teman harus menginstal aplikasi MightyText. 
  • Kemudian silakan login menggunakan akun Google yang sama dengan ponsel Anda. 
  • Ikuti semua instruksi yang diminta.
  • Setelah selesai melakukan penginstalan serta pengaturan, aplikasi akan melakukan penyelarasan sehingga anda bisa langsung mengirim pesan menggunakan SMS dari komputer dengan memanfaatkan pulsa dari Smartphone (Android) yang dihubungkan / diselaraskan tadi.
Demikianlah informasi tentang "5 Fitur Mengagumkan Android Yang Jarang Diketahui dan Digunakan Banyak Orang" yang bisa admin blog tips & trik berikan, semoga bisa bermanfaat dan dapat di gunakan sebaik mungkin. Jika tidak keberatan tolong berikan masukan melalui kolom komentar,  agar Admin bisa berbenah diri menjadi lebih baik dan berguna kedepannya. 

Terima kasih atas waktunya. See you agains

4 komentar untuk "Fitur Mengagumkan Android Yang Jarang Diketahui dan Digunakan Orang"

  1. Android memang mengagumkan, thank for your info. is amazing

    BalasHapus
  2. Eh ternyata walaupun sudah lama gue pegang nih android, msh byk fitur bermanfaat yang belum geu gunaiin. Terima kasih mas budi benar-benar info bermanfaat nih...semoga sukses dan jgn lupa kasih info terbaik lainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saya juga baru tau, ngomong-ngomong terima kasih kunjungannya.

      Hapus

Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!
Masukkan link pada kotak yang di sediakan...jangan dalam komentar.