Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips dan Trik Melakukan Redirect 301 Secara Masal Pada Blogger (Blogspot)

Tips dan Trik Melakukan Redirect 301 Secara Masal Pada Blogger (Blogspot) – Sebelumnya admin sudah membahas bagaimana cara melakukan redirect 301 pada blogger menggunakan cara manual. Maksudnya untuk melakukan peralihan url antar halaman itu kita harus memasukkan link satu persatu. Kalau hanya beberapa url yang ingin di alihkan (redirect) secara permanan itu bukanlah masalah. Tapi, pertanyaannya bagaimana kalau teman-teman memiliki ratusan bahkan ribuan link atau URL yang ingin di alihkan ? Pastinya merepotkan sekali dan menghabiskan banyak waktu.

Karena itulah dalam kesempatan ini Admin "Blog Tips & Trik" akan membagikan sebuah tips rahasia yang mudah untuk di lakukan bahkan oleh blogger awam sekalipun. Dimana dengan menggunakan trik ini kita bisa melakukan redirect 301 (mengalihkan URL Permanen) secara masal atau seluruh isi blog ke alamat yang baru.

cara-melakukan-redirect-301-secara-masal-pada-blogger

Sehingga apabila ada pengunjung mengklik alamat domain blogspot anda yang lama secara otomatis mereka akan di arahkan ke alamat blogger anda yang baru.

Anda dapat menggunakan tips dan trik yang Admin bagikan ini untuk berbagai keperluan. Diantaranya: 
  1. Agar URL blog kita tetap terindex di mesin pencari seperti Google, Yahoo, Bing, yandek, dan lain sebagainya.
  2. Agar kredit yang di dapatkan dari URL lama tidak hilang sia-sia.
  3. Agar pelanggan tetap (pengunjung setia) blog kita yang menyimpan alamat permalink tertentu tidak akan kehilangan apa yang mereka cari sewaktu mereka mengunjungi situs kita kembali.
  4. Untuk menggabungkan beberapa blog maksudnya mengabungkan isi atau konten beberapa blog menjadi satu.
  5. Mendongkrak link juice mengarah pada blog baru.
  6. Mengantisipasi terjadinya crawl errors, dan dapat meningkatkan kepercayaan mesin pencari.
Oke admin rasa dengan mempertimbangkan beberapa manfaat, tujuan dan alasan mengapa kita perlu melakukan pengalihan URL secara permanen di atas, teman-teman sudah memahami betapa pentingnya melakukan redirect 301 ini bagi pertumbuhan blog.

Bagaimana caranya ? silakan ikuti langkah-langkah yang bakal admin ulas di bawah ini.

Tips dan Trik Melakukan Redirect 301 Secara Masal Pada Blogger (Blogspot) 


Untuk melakukan pengalihan/redirect banyak URL sekaligus pada blogger/blogspot dari alamat lama ke alamat yang baru tanpa harus mengetik url pengalihan satu persatu. Teman-teman bisa melakukan langkah-langkah pengalihan URL permanen (redirect 301) berikut ini:
  1. Pertama silakan login ke akun blogger yang ingin dialihkan.
  2. Pilih menu setelan.
  3. Lalu klik lainnya.
  4. Tekan tombol cadangkan konten, ikuti semua instruksi yang diberikan. 
  5. Setelah selesai silakan login ke akun blogger lainnya yang akan dijadikan sebagai tujuan pengalihan permanen atau redirect 301.
  6. Lalu silakan anda lakukan import konten yang telah anda cadangkan atau export dari domain lama tadi kedalam blog/web tersebut.

    Caranya klik menu setelan >>> lainnya >>>dan klik import konten.

  7. Setelah selesai silakan teman-teman kembali lagi ke dashboard blogspot lama kemudian tempelkan, pastekan atau tambahkan kode java script berikut ini tepat di bawah head.

    Caranya Klik menu template
    Pilih edit HTML Cari kode “<head>”, setelah ketemu pastekan kode berikut tepat di bawahnya.

    <script type='text/javascript'>
    var d='<data:blog.url/>';
    d=d.replace(/.*\/\/[^\/]*/, '');
    location.href = 'https://alamat blog yang jadi tujuan pengalihan' + window.location.pathname;
    </script>

  8. Kemudian Klik Simpan template.
  9. Selesai. 
Untuk membuktikan apakah benar dengan melakukan redirect secara masal ini semua alamat dari blog lama sudah di arahkan ke alamat blog baru. Silakan teman-teman buka salah satu artikel pada blog lama, dan perhatikan url yang ditampilkan pada adress bar ketika halaman tersebut terbuka. Jika alamat yang tampil berbeda dengan url seharusnya itu berarti anda telah sukses melakukan pengalihan secara permanen. Dan apabila masih penasaran sudah berhasil atau belum coaba anda buka artikel atau postingan yang lainnya.

Selamat praktek dan mencoba, semoga berhasil.

Admin akhiri sampai di sini dulu pembahasan tentang bagaimana Tips dan Trik Melakukan Redirect 301 Secara Masal Pada Blogger (Blogspot), semoga bisa memberikan solusi yang bermanfaat bagi pengunjung sekalian. Jika ada masalah, saran atau pertanyaan silakan masukkan pada kolom komentar di bawah atau dapat langsung menghubungi saya melalui email pada menu kontak. Terima kasih, sampai  jumpa lagi....

11 komentar untuk "Tips dan Trik Melakukan Redirect 301 Secara Masal Pada Blogger (Blogspot)"

  1. Pas bgt judulnya redirect 301 masal, sudah di coba dan berhasil dengan sukses. Selama ini saya bisanya membuat redirect 301 satu-satu....eh ternyata ada yang lebih mudah..terima kasih sangat bermanfaat

    BalasHapus
  2. bener banget gan isi artikel nya tapi ini untuk non amp html ya, sedangkan saya sedang lagi ada masalah karena kenaikan 404 di website saya dan website saya sendiri menggunakan template amp jadi bingung hehe.
    Amp tidak bisa menggunakan javascript :)

    BalasHapus
  3. terima kasih infonya gan ,, semoga menjadi ladang pahala ya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, terima kasih juga atas kunjungannya

      Hapus
  4. makasih gan bermanfaat

    BalasHapus
  5. malam gan, dari yang saya tangkep ini redirect dari blogger ke hosting+domain baru ya? kalo mau redirect blogger lama ke blogger domain tld gimana gan? apa tinggal tambahin scriptnya doang? atau gimana? saya mau redirect semua link yang dulu masih belum domain tld dan udah terindeks ke domain baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sama-sama ke blogger dan akun blog yang sama, setelah agan custom domain semua link lama akan redirect otomatis gan. Jadi ngak perlu pake script segala.

      Hapus
  6. kalau blog yg sudah dihapus tapi sudah backup konten bisa dialihkan ga mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngak gan, sebab blog asalnya sudah ngak ada.

      Hapus

Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!
Masukkan link pada kotak yang di sediakan...jangan dalam komentar.