Hosting Unlimited Indonesia

Tutorial Cara Submit Sitemap Blog Ke Google Webmaster Tools

Oleh: | 19 comments

Tutorial Cara Submit Sitemap Blog Ke Google Webmaster Tools - Google merupakan salah satu sumber traffik terbesar bagi blog, karena mesin pencari milik google sangat disukai banyak orang. Sehingga google sangat ampuh untuk mendatangkan traffik. Bukan hanya digemari, mesin pencari google merupakan Search Engine nomor satu di dunia. Sehingga untuk bisa muncul di halaman utama pencariannya butuh usaha dan kerja keras.

Namun google sangat baik, sebagai blogger kita di berikan jalan untuk bisa memenangkan persaingan dengan sehat, salah satunya dengan cara mengoptimalkan google webmaster tools. Akan tetapi untuk bisa mengoptimalisi kinerja blog melalui webmaster teman-teman terlebih dahulu harus mendaftar dan verifikasi blog yang di miliki di google webmaster tools.

cara-submit-sitemap-peta-situs-blog-web
Tutorial Cara Submit Sitemap Blog Ke Google Webmaster Tools

Setelah selesai melakukan verifikasi kepemilikan situs pada webmaster tools, sebaiknya kita juga mensubmit sitemap blog agar web yang kita kelola lebih mudah di kenali dan di jelajahi oleh robot mesin pencari google. Sehingga kemungkinan artikel atau posting yang di miliki lebih mudah muncul pada hasil pencarian. Dan perlu teman-teman ketahui bahwa submit peta situs merupakan salah satu tips Seo yang paling ampuh, mudah, dan murah selain menentukan target pengunjung blog. Bagi teman-teman yang butuh panduan bagaimana cara submitnya silakan ikuti lengkah-langkah di bawah ini.

Cara Submit Sitemap (Peta Situs) ke Google Webmaster Tools


Untuk melakukan submit sitemap terlebih dahulu silakan login pada akun google webmaster tools atau bisa klik disini
  • Setelah berhasil masuk pada akun Google Webmaster, klik url blog yang akan di optimasi.
  • Pada menu sebelah kiri dashboard klik Crawl kemudian pilih sitemap
  • Pada pojok kanan atas Klik ADD/TEST SITEMAP berwarna merah
  • Setelah itu anda akan melihat menu untuk submit peta situs, seperti gambar di bawah ini. 
langkah submit sitemap atau peta situs pada google webmaster tools
  • Masukkan kode-kode di bawah ini pada kolom yang di sediakan 
  1. sitemap.xml
  2. feeds/posts/default?orderby=updated
  3. atom.xml
  • Klik Test untuk memastikan apakah peta situs yang ingin kita kirim bermasalah (error) atau tidak. 
  • Setelah peta situs yang kita ujicoba berhasil dirayapi dengan baik oleh robot google dalam artian tidak error, langkah selanjutnya klik Submit atau anda bisa langsung klik submit tanpa melakukan pengetesan terlebih dahulu.
  • Maka anda akan melihat tampilan yang menyuruh anda untuk merefresh halaman, klik saja tulisan “refresh the page”. 
Catatan: kode di atas bisa anda submit satu persatu atau satu saja cukup, tapi untuk hasil lebih baik silakan submit semuanya.

Sampai disini kita sudah sukses mengirim peta situs (sitemap) blog. Google akan menunda sementara waktu pengindex-an. Waktunya kurang lebih 24 jam sejak disubmit (didaftarkan). Namun dari pengalaman penulis, jika jumlah posting (artikel) blog masih sedikit (kurang dari seratus), waktu yang dibutuhkan paling lama hanya beberapa  jam. 

Cara Submit Banyak Sitemap (Peta Situs) Sekaligus Di Google Webmaster Tools


Jika jumlah posting atau atikel pada blog jumlahnya banyak sebaiknya teman-teman submit sitemap menggunakan kode di bawah ini
  1. Apabila jumlah posting/artikel blog kurang dari 500 namun jumlahnya sudah ratusan, teman-teman bisa memakai kode berikut ini atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
  2. Apabila postingan blog lebih dari 500 dan dibawah 1000, masukkan dua kode berikut ini satu persatu atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500 dan atom.xml?redirect=false&start-index=501&max-results=500
  3. Apabila jumlah postingan blog Anda lebih dari 1000, gunakan kode di atas untuk setiap kelipatan 500 artikel. Caranya ganti star-index = 1 dengan jumlah max result+1
Dengan melakukan langkah-langkah di atas sekarang blog yang kita kelola jauh lebih SEO daripada sebelumnya. Tugas anda sebagai pengelola tinggal rajin-rajin melakukan posting artikel agar blog/web yang dikelola lebih sering dirayapi oleh mesin pencari. Dimana dengan semakin banyak dan sering situs kita di crawl semakin banyak pula kata kunci (keyword) mengarah pada situs milik kita. Sehingga peluang datangnya traffik juga semakin besar.

Demikianlah sedikit informasi tentang bagaimana cara submit sitemap blog di google webmaster tools, semoga mudah di mengerti. Bagi yang memiliki saran, atau pertanyaan silakan masukkan pada kotak komentar di bawah. Terima kasih atas kunjungannya. 

logoblog

19 komentar:

  1. Mas mohon petunjuknya, mengapa saat saya submit sitemap blog di google webmaster keterangannya error.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang biasanya kalau blog belum ada isinya sering error kalau menggunakan kode sitemap.xml, jadi solusinya silakan mbak submit format sitemap yang lain seperti yang telah saya berikan di atas. Setelah sudah ada posting pada blog, coba mbak submit kembali...pasti berhasil. Sebab saya juga sering mengalaminya mbak.

      Hapus
  2. Balasan
    1. Maksudnya gini itu seperti apa ?

      Hapus
  3. Terimo kaseh mas, mpai nak belajar ngeblog...

    BalasHapus
  4. mantaaf coyyy... mksh infonyaaaa.. salam juminten.

    BalasHapus
  5. Sitemap ternyata gak cuma satu, smp skr sy udah ketemu 2 jenis sitemap, ketiga2 sy terapkan. Cuma kalau yg lebih banyak terindeka sitemap.xml

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya mas, sitemap.xml memang lebih banyak terindeks sebab tipe sitemap ini mencakup semua isi situs.

      Hapus
  6. terima kasih, yang atom sama yang updated belum tak submit ternyata udh 2 bulanan baru yang sitemap.xml aja...hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya submit sitemap.xml saja sudah cukup, mas Gunawan. Tapi supaya lebih banyak indeks dari google karena itulah saya pribadi sering mengirimkan berbagai macam peta situs di webmaster.

      Hapus
  7. nunggu berapa lama mas ,,, udah hampir seminggu punyaku pending terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selama saya menjalani aktivitas ngeblog, biasanya paling lama 24 jam sudah terindeks oleh google.

      Hapus
  8. kalo postingan dari 500 trus menjadi 501 apakah sitemap sebelumnya perlu dihapus?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sitemap sebelumnya biarkan saja, ngak perlu di hapus

      Hapus
  9. terima kasih banyak infonya gan.

    BalasHapus

Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!