Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Ngeblog - Persiapan Awal Sebelum Buat Blog

Persiapan Awal Sebelum Buat Blog - Sebelumnya Admin "Blog Tips & Trik" sudah membahas manfaat dan keuntungan menjadi Blogger. Jadi, sekarang saatnya kita belajar tentang persiapan membuat blog yang penting untuk dilakukan agar aktifitas ngeblog nantinya tidak berhenti di tengah jalan. Membuat blog itu mudah dan gampang. Namun satu hal yang perlu kita ketahui untuk bisa bertahan, bersaing, serta mendapatkan posisi terbaik  yaitu sering muncul di halaman pertama (page one) itu sulit. Karena itu diperlukan kerja keras dan pengetahuan yang cukup (memadai).

Sulit bagi blog yang bertengger di halaman belakang pencarian untuk mendapatkan visitor terutama visitor organik. Semuanya pasti tau kualitas visitor yang di dapatkan secara organik itu di atas rata-rata, admin sendiri menyebutnya visitor yang didapatkan melalui saran pencarian mesin pencari ini adalah kualitas terbaik. Untuk itu sebelum anda memulai aktifitas blogging sangat di anjurkan untuk melakukan persiapan membuat blog secara matang. Hal ini wajib dan sangat penting terutama bagi yang belum pernah ngeblog atau blogger pemula. Dengan memiliki persiapan yang baik sebelum membuat blog dapat memberikan anda kekuatan dalam menghadapi semua persaingan yang terjadi di dunia blogger. 

Persiapan sebelum membuat blog sukses


Tips Ngeblog - Persiapan Awal Sebelum Buat Blog 

Khusus bagi blogger pemula admin sudah merangkum beberapa hal yang wajib di siapkan sebelum buat blog, agar bisa bertahan, mampu bersaing dan lebih mudah mencapai kesuksesan. Adapun persiapan awal sebelum buat blog tersebut adalah sebagai berikut:

Persiapan awal buat blog#1. Menentukan Visi & Misi

Menyiapkan Visi dan Misi sebelum anda memutuskan membuat blog adalah satu hal wajib yang tidak bisa anda tinggalkan. Agar tidak bingug mengapa coba kita ulas kembali apa itu visi ? dan apa defenisi Misi secara umum ?

Singkatnya visi itu dapat dianggap sebagai tujuan dan misi merupakan jalan, arah sekaligus batasan yang bakal mengantarkan anda pada proses pencapaian tujuan tersebut.  Terjun ke dunia blogging sama halnya kita melaut di samudra luas, tanpa tujuan dan petunjuk yang tepat maka anda akan terombang ambing terbawa gelombang. 

Misalkan sekarang anda sudah meiliki tujuan (visi) namun belum memiliki misi apakah anda bisa mencapai tujuan tersebut. Bisa, tapi kemungkinannya sangat kecil. Contoh anda ingin menyebrang sungai yang airnya sangat deras dan dalam, sedangkan di sana tidak ada jembatan apakah anda mampu menyebrang sungai tersebut dengan aman dan selamat? Silakan sobat berimajinasi apa yang bakal anda alami.

Lain halnya jika anda sudah memiliki keduanya (Visi:Tujuan, Misi:Jalan) maka bisa di pastikan anda mampu mengarungi samudra blogging yang ganas walalupun lambat. Untuk itulah siapkan terlebih dahulu apa visi dan misi anda.

Persiapan awal buat blog#2. Hobi

Hobi merupakan satu amunisi dahsyat, yang bisa anda jadikan senjata unggulan. Bukan hanya itu, Hobi juga bisa membuat pondasi blog anda lebih kokoh dalam menghadapi badai blogging. Faktanya banyak sekali blogger-blogger yang mundur secara teratur, diam di tempat, mati suri bahkan lenyap tidak di ketahui keberadaannya. Hal ini bisa saja menimpa anda jika anda tidak menjadikan ngeblog sebagai hobi. 

Membuat blog berdasarkan hobi memiliki banyak manfaat khususnya bagi anda. Apa saja keuntungan dan efek dahsyat dari ngeblog berdasakan hobi:
  1. Anda merasa senang dan jauh dari rasa bosan, beda halnya jika anda ngeblog berdasarkan tujuan lain.
  2. Aktivitas blogging pastinya berjalan lancar karena ide akan muncul dengan sendirinya.
  3. Mampu membuat anda menghasilkan konten unik dan original.
  4. Tidak mudah terbawa arus
  5. Lebih konsisten, dan lain sebagainya.
Persiapan awal buat blog#3. Skill

Mulai ngeblog sebenarnya tidak harus memiliki skill atau kemampuan khusus, yang terpenting mau, suka belajar, disiplin dan bekerja keras maka aktivitas ngeblog bisa dipastikan berjalan lancar.

Namun, ada baiknya sebelum memutuskan membuat blog terlebih dahulu anda mengetahui kemampuan apa yang anda miliki yang berkaitan dengan 2 point persiapan buat blog di atas. Ini penting dilakukan agar dalam proses pengembangan dan pembangunan blog nanti dapat lebih mudah. Semua materi yang anda sajikan dapat benar-benar anda mengerti sehingga apabila ada komentar dan pertanyaan dari pengunjung blog tentang artikel tersebut , dengan mudah bisa anda jawab dan selesaikan. Sehingga kredibelitas anda di mata pengunjung akan meningkat. Ini dapat memberikan efek yang dashyat terhadap ledakan pengunjung. Bagaimana bisa, bisa saja karena mereka menyukai artikel yang anda sajikan dan mengangap anda orang yang bisa dipercaya. Sehingga dengan senang hati mereka akan merekomendasikan artikel tersebut kepada teman-temannya. 

Persiapan awal buat blog#4. Menentukan Target

Untuk poin nomor 4 ini sebenarnya tidak terlalu penting, walaupun begitu sebaiknya anda bidik dulu target yang menjadi sasaran anda. Ngeblog itu sama halnya dengan perang. Kalau dalam perang anda tidak membidik sasaran terlebih dahulu persentase keberhasilan mengenai sasaran atau tujuan yang telah di tetapkan sebelumnya akan sangat kecil sekali. 

Jangan pikir macam-macam dulu, yang admin maksud target disini adalah audien yang kira-kira lebih membutuhkan materi yang bakal kita sasar (tulis) nantinya. Untuk menentukan target yang paling cocok sebaiknya anda lihat kembali beberapa poin persiapan membuat blog sebelumnya. Dengan mengetahui target maka anda dapat menyesuaikan bahasa, teknik pembahasan, cara penulisan dan beberapa hal pendukung lainnya. Jadi dengan mengetahui target blog anda nantinya dapat lebih mudah mendapatkan pengunjung dan berkembang dengan cepat.

Persiapan awal buat blog#5. Memilih Judul &Url

Judul blog dan Url (alamat blog) perlu disipakan sebelum memutuskan buat blog. Karena berdasarkan pengalaman sampai sekarang judul dan alamat blog yang mengandung kata kunci lebih mudah terindex dan memenangkan persaingan dalam dunia blogging. Carilah judul dan alamat blog yang memiliki keterkaitan satu sama lainnya. Serta jangan lupa, juga memiliki ikatan dengan poin persiapan membuat blog yang telah di bahas sebelumnya yaitu Visi & Misi membuat blog, Hobi, Skill dan sasaran yang anda bidik. Utamakan judul yang singkat dan mudah di ingat.

Persiapan awal buat blog#6. Menentukan Platform

Setelah menyiapkan lima hal di atas saatnya anda memilih platform apa yang bakal anda gunakan untuk membuat blog nantinya. Fungsi platform ini kalau dalam kehidupan sehari-hari sama halnya dengan tanah. Jadi agar bangunan (blog) yang bakal di buat nantinya bisa berdiri kokoh kita mesti mengetahui seberapa bagus dan aman tempat yang bakal dipilih nantinya. Disini anda memiliki dua macam pilihan, yaitu Gratis dan berbayar.

Jika anda masih baru dan belum pernah memulai atau belum begitu paham tentang blogging, admin sarankan buat blog gratisan terlebih dahulu sebagai media pembelajaran dan praktek. Untuk platform gratisan yang paling admin suka dan rekomendasikan adalah produk unggulan google yaitu Blogger. Blogger memiliki banyak kelebihan di banding penyedia blog gratis lainnya. Selain rasa premium, blogger juga lebih aman dan nyaman.

Persiapan awal buat blog#7. Memilih Template

Template juga tidak kalah pentingnya dalam menentukan maju mundurnya sebuah blog. Berdasarkan pengalaman admin sendiri template yang tepat adalah salah satu senjata wajib yang mesti di persiapkan oleh setiap blogger untuk menghadapi ganasnya perperangan antar blog. Selain artikel unik, panjang dan yang terpenting konten original, template juga bisa menentukan apakah blog bisa mampir di halaman utama google saat orang mengetikkan kata kunci di search engine.

Lalu template apa yang bagus ?
Template apa yang cocok ?
Bagaimana cara menentukannya ?

Sebenarnya untuk menjawab tiga pertanyaan di atas adalah kewajiban anda sendiri. Anda harus mampu menentukan jenis template yang paling cocok buat anda.

Ingat buat anda!!!  

Jadi jangan anda pikirikan orang lain (pengunjung), tanggapan orang lain. Mengapa saya sarankan anda memilih template yang cocok buat anda, alasannya simple yang mengelola blog itu anda sendiri jadi anda butuh kenyamanan saat mengelolanya nanti sehingga semangat ngeblog bisa tetap terjaga.

Sedikit saran tentang bagaimana memilih template yang tepat

Jika masih bingung template apa yang cocok berikut admin Bog Tips & Trik memberikan sedikit gambaran seperti apa kira-kira template yang cocok buat anda
  1. Pilihlah jenis template yang paling membuat anda nyaman, setiap orang pastinya beda-beda. Ada yang suka template warna-warni, polos, banyak widget keren, dan lain-lain.
  2. Setelah memutuskan jenis template yang cocok dan anda suka sebaiknya anda cek dulu apakah template tersebut memenuhi standar mesin pencari atau tidak. Istilah kerennya SEO friendly.  Apa saja yang mesti di cek ?
  • Mobile firendly, ini wajib hukumnya karena zaman sekarang ini lebih banyak orang mengakses internet melalui perangkat seluler yang ukurannya lebih kecil. Template mobile friendly dapat menyesuaikan ukuran perangkat yang mengaksesnya secara otomatis tanpa membuat tulisan atau struktur tampilan web/blog rusak.
  • Speed, ini juga penting. Karena orang bisa berubah pikiran untuk membaca artikel di blog yang kita buat kalau loadingnya lamaaaa sekali. Admin sendiri sering membatalkan niat mengakses sebuah web jika loadingnya berat walaupun informasi yang disajikan cukup menarik. 
  • Struktur data, Mengapa ini juga wajib di cek? Template itu sama dengan rumah, apabila posisi ruangan pada rumah tidak di tata sebaik mungkin maka orang yang belum mengenalnya pasti bingung mencari dan menentukan dimana tempat yang ingin dan wajib di ketahui. Begitu juga dengan robot pencari yang digunakan oleh mesin pencari diseluruh dunia. Kalau struktur data template ada tidak lulus uji maka besar kemungkinan robot mesin pencari tidak mampu menjelajahi web anda dengan baik sehingga banyak artikel yang tidak terindek dan web/blog yang dikelola sulit mendapatkan rangking yang bagus.
Mengapa memilih template juga admin masukkan ke dalam persiapan membuat blog. Jawabannya, banyak sekali blogger yang sering gonta ganti template dengan alasan yang berbeda. Padahal itu kurang baik dalam perkembangan ke depannya.

Demikianlah sedikit pengetahuan yang bisa admin berikan. Semoga artikel "[Tips Ngeblog] Persiapan Awal Sebelum Buat Blog" ini bisa menjadi patokan, yang mampu menjadikan blog anda kuat dan mampu mengalahkan blogger sukses yang telah ada. Selamat belajar, berkreasi dan semoga sukses. Jika tidak keberatan tolong bagikan tulisan sederhana admin ini kepada yang lain, itung-itung sedekah anda, sebagai cara memotivasi Admin untuk membuat tulisan yang lebih baik lagi di kemudian hari. Dan demi kemajuan kita bersama jika anda memiliki komentar, atau pertanyaan yang berkaitan dengan artikel ini silakan isikan dengan sopan melalui kolom komentar di bawah.

Terima kasih telah membaca serta membagikan artikel tentang [Tips Ngeblog] Persiapan Awal Sebelum Buat Blog dan admin “Blog Tips & Trik” doakan kesuksesan selalu meyertai anda. Terutama yang baik hati suka memberikan komentar yang bermanfaat.

Sampai jumpa lagi...

18 komentar untuk "Tips Ngeblog - Persiapan Awal Sebelum Buat Blog"

  1. Wah luar biasa bang, sangat inspiratif. Apalagi istilah nya keren-keren bgt. ma kasih...info bermanfaat.

    sebenaranya saya sudah lama cari info seperi ini, pokoknya lain daripada yang lain, sukses buat abang apalagi dengan jumlah artikel yang masih sedikit semua artikelnya page one..

    gila bener. terus berkarya ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungan dan pujiannya mbak, Mengenai artikel bisa nangkring page one mungkin kebetulan aja..atau mbah google lagi happy,

      Hapus
  2. Mas budi, apakah template yang ketika di cek struktur datanya banyak yang error mempengaruhi pengindeksan terhadap artikel ngak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasarkan pengalaman saya, artikel tetap terindex oleh google. Sebab template dafault blogger ketika di cek struktur datanya juga banyak yang error.

      Hapus
  3. Benar juga min, blog tanpa persiapan susah berkembang. Saya setuju sama pendapat admin ngeblog itu bagai mengarungi samudra luas. Tanpa navigasi yang jelas kita gak bakalan kemanana-mana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya benar jika mau sukses ngeblog, atau apapun itu agar lebih terarah sehingga apa yang menjadi tujuan bisa diraih dengan mudah kita harus melakukan persiapan yang matang.

      Hapus
  4. Makasih banyak mas,, infonya sangat bagus

    BalasHapus
  5. Terimakasih banyak mas infonya bagus..

    BalasHapus
  6. mas gmn caranya menambahkan gambar/poto di apk blogger di hp android...?

    BalasHapus
  7. mas gmn caranya untuk menambahkan poto/gambar di apk blogger di hp android...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sudah lama tidak ngeblog lewat Android, mungkin tampilan atau menunya agak sedikit berbeda dengan yang dulu.

      Nanti saya coba pelajari lagi, maklum sudah lupa. Kalau sudah ada waktu, akan saya buatkan artikel khusus tentang bagaimana cara mengelola blog lewat android.

      Tapi sabarnya. Terima kasih

      Hapus
  8. Terimakasih info nya sangat lengkap ... btw apa kita boleh buat blog hanya utk iseng aja .. tujuan hanya meng arsip pengalaman kita aja .. apa kah ada ketentuan dari admin harus selalu aktive?. Thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat blog bisa di lakukan untuk segala keperluan. Baik itu hanya untuk iseng, arsip pribadi, atau menulis apapun yang kita inginkan. Tidak ada ketentuan admin harus aktif, tapi alangkah lebih baiknya kalau minimal satu kali dalam sebulan membuat posting biar blog tetap hidup. dan terus di rayapi oleh robot google. Terima kasih, semoga membantu.

      Hapus
  9. Thanks gan lagi mau newbie nih, sukses selalu buat anda

    BalasHapus
  10. Terima kasih sangat mebantu banget.

    BalasHapus

Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!
Masukkan link pada kotak yang di sediakan...jangan dalam komentar.