Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknik Penempatan & Penggunaan Keyword Yang Tepat [TIPS & TRIK SEO]

Teknik Penempatan & Penggunaan Keyword Yang Tepat Untuk SEO blog - Semua orang yang mengelola sebuah blog (blogger), baik itu webmaster, internet marketer, blogger profesional atau blogger pemula pastinya berharap Artikel (blog) mereka bisa tampil di halaman utama pencarian sesuai dengan kata kunci yang di bidik (target). Karena tampil di halaman utama pencarian bisa memberikan kepuasan lahir dan batin. Bukan hanya itu, mendapatkan peringkat terbaik pada Search Engine Result Page (SERP) dalam setiap pencarian dengan berbagai variasi kata Kunci, mampu membuat blog lebih terkenal, dipercaya (manusia dan robot), di ikuti banyak orang sehingga  blog/web/situs yang di kelola kebanjiran pengunjung. 

Akan tetapi untuk itu setidaknya kita harus menguasai dan mengetahui ilmu tentang Search Engine Optimization (SEO) walau pun hanya sedikit (dasar) saja. Salah satunya adalah teknik penempatan keyword pada posisi atau tempat yang tepat dalam sebuah artikel. 

teknik penempatan dan penggunaan keyword terbaik
teknik penempatan dan penggunaan keyword terbaik

Tapi sahabat “Blog Tips & Trik” tidak usah khawatir memikirkan masalah di atas, sebab dalam kesempatan ini admin akan membagikan kumpulan teknik, tips atau trik ampuh menjadikan artikel blog mendapatkan peringkat tinggi hingga dapat nampil di page one Google. Bukan hanya dapat mendongkrak ranking serta popularitas situs web. Trik berikut juga mampu membuat posisi blog anda di SERP lebih kokoh sehingga sulit untuk digeser atau di tendang dari halaman utama pencarian.

Bagimana caranya?

Untuk menjadikan artikel/posting blog  lebih mudah muncul jadi juara. Sebaiknya,  anda menggunakan teknik penempatan dan pemakaian kata kunci secara ideal. Baca ulasan lengkapnya di bawah ini.

Teknik Penempatan Kata Kunci Pada Posisi/Tempat Yang Tepat


Teknik pemasangan keyword adalah berbagai cara atau trik yang di pakai untuk mengaplikasikan kata kunci pada posisi terbaik demi memaksimalkan fungsi, kekuatan dan keefektifannya, dalam menekankan fokus utama suatu pembahasan. Sehingga tujuan penulisan dapat terealisasi dengan baik. Adapun tempat paling cocok/pas untuk meletakkan keyword dan sampai sekarang masih bekerja dengan baik dalam memaksimalkan kemampuan suatu halaman web untuk bersaing memperebutkan posisi di SERP adalah sebagai berikut:

Tempatkan Kata Kunci Pada Url/Link/Domain
Alamat yang mengandung kata kunci memiliki kesempatan lebih besar untuk muncul dalam pencarian karena merupakan komponen utama dari blog yang di telusuri oleh mesin pencari. Dan sampai sekarang peletakkan kata kunci pada url ini masih memiliki pengaruh terhadap hasil pencarian.  Karena itulah penentuan link web harus direncanakan sebelum membangun blog.

Letakkan Pada Judul Blog
Setiap blog pastinya punya nama atau judul, yang berfungsi memberikan gambaran umum tentang topik yang di bahasnya. Jadi sebaiknya anda memasukkan keyword utama yang jadi taget dalam judul blog. Dan usahakan judulnya memiliki keterkaitan dengan url dan kalau bisa mengayomi semua isi.

Sertakan Keyword Dalam Permalink 
Agar posisi artikel di serp jadi lebih baik, sebaiknya anda buat permalink atau url khusus setiap kali membuat artikel. Dan usahakan untuk selalu membubuhkan kata kunci utama pada link tersebut, dengan begini posting jauh lebih mudah menduduki posisi teratas karena sebelum mengcrawl tulisan yang kita buat terlebih dahulu robot mesin pencari menelusuri link yang merujuk pada artikel yang berkaitan.

Letakkan Kata Kunci Anda pada Judul Post (Heading) 
Peletakkan kata kunci pada judul post (artikel) sangat bagus buat meningkatkan nilai artikel kita di mata search engine dan manusia. Karena mesin pencari menganggap bagian ini adalah bagian terpenting.

Letakkan Kata Kunci pada Tag (Label,Kategori)
Tag (Label,Kategori)  merupakan tempat yang sangat ideal untuk membubuhkan keyword yang di target. Karena  hampir semua mesin pencari memiliki perhatian sangat besar pada bagian ini untuk mengetahui, memastikan, dan menentukan tema atau topik apa yang anda bahas. Sehingga apabila keyword pada tag memiliki tingkat relevansi tinggi dengan kebutuhan pengguna maka besar kemungkinan artikel anda akan direkomendasikan.

Letakkan Kata Kunci di Awal dan Akhir Artikel Anda
Usahakan setiap kali buat postingan blog untuk selalu menyertakan atau memasang kata kunci pada awal dan akhir artikel. Walaupun ini tidak termasuk dalam SEO tapi pengaruhnya terhadap SEO (Search Engine Optimization ) sangat besar karena kebanyakan artikel yang jadi juara dalam pencarian mengunakan taktik ini.

Letakkan Kata Kunci Anda Dalam Meta Tag (Deskripsi Blog)
Hampir semua mesin pencari memperhatikan meta tag khususnya google. Jadi sebaiknya anda memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya . Caranya masukkan keyword utama dan variasinya pada meta tag, yang berfungsi  untuk meyakinkan pembaca dan mesin pencari tentang apa yang sedang kita bahas. Buatlah kata-kata yang menarik, meyakinkan dan terkait dengan materi, sebab kebanyakan orang mengunjungi suatu situs ketika melakukan pencarian terlebih dahulu membaca bagian ini. 

Letakkan Keyword Anda Pada Alt Tag.
Usahakan setiap kali anda memposting artikel yang mengandung atau terdapat gambar, untuk selalu menyertakan keyword pada ALT tag photo tersebut. Hal ini diperlukan karena search engine tidak memiliki kemampuan untuk membaca gambar atau grafik. Mengapa ini perlu dilakukan? Supaya kemungkinan blog anda muncul jadi lebih besar yaitu melalui pencarian gambar dan text, jadi anda mendapatkan dua kesempatan sekaligus.

Demikianlah beberapa posisi penempatan keyword yang sampai sekarang masih memiliki pengaruh secara signifikan terhadap SEO blog. Agar dampak peletakkan keyword ini bisa berfungsi secara sempurna (Maksimal), ada baiknya teman-teman juga menggunakan kombinasi keyword dalam penulisan. Berikut beberapa tips pemakain keyword , yang bisa dipadukan dengan teknik penempatan di atas sehingga bisa menjadikan artikel anda sebagai yang terbaik.

Tips Menggunakan Keyword Yang Tepat


Selain memposisikan kata kunci pada tempat tepat, anda juga harus melakukan beberapa trik yang dapat memperbesar peluang blog/artikel/posting  muncul di halaman utama pencarian dengan menerapkan beberapa tips ampuh pemakaian kata kunci berikut.

Targetkan Kata Kunci Khusus Memakai Long Tail keyword
Jangan pernah membidik  kata kunci pendek (khusus blogger pemula), karena kebanyakan keyword seperti ini tingkat kompetisinya sangat tinggi. Jadi kemungkinan untuk menang sangat kecil dan biasanya hanya digunakan oleh sebuah web atau blogger profeisonal. Jadi sebaiknya dalam menulis artikel, kita membuat kata kunci target menjadi lebih sempit, dengan pemakaian Long Tail keyword. Contoh anda ingin membahas tentang “busana muslim”, agar kemungkinan anda menang dan muncul di halaman utama sebaiknya anda jadikan menjadi lebih spesifik menjadi “Busana Muslim Favorit 2016”

Perhatikan Etika Pemakaian Keyword
Selain teknik pemasangan keyword, anda juga perlu memperhatikan kombinasi kata kunci dan komposisi keyword ideal dalam penulisan. Sebab apabila dua hal ini anda abaikan banyak kerugian yang bakal anda dapatkan serta alami. Diantaranya anda akan di anggap melakukan pelangaran berat karena pengunaan kata kunci berlebihan. Dampaknya web anda bukannya jadi populer tapi malah sebaliknya jadi teler dan ditendang dari pengindeksan.

Gunakan LSI (Latent Semantic Indexing) Keyword
Mesin pencari dapat lebih mudah mengindeks atau menemukan blog sobat dengan menggunakan kata kunci LSI. Hal ini dapat terjadi karena mesin pencari sangat menyukai blog yang menyajikan artikel yang mengandung banyak kata kunci yang memiliki keterkaitan satu sama lainnya dari pada blog yang hanya fokus pada satu keyword. Selain itu dengan menyertakan Keyword LSI pada artikel bisa membuka kesempatan jauh lebih besar untuk mendapatkan posisi terbaik pada SERP.

Selain itu Search engine sekarang jauh lebih memperhatikan variasi kata atau kata-kata yang sama dengan kata kunci target, untuk memastikan kejelasan sebuah posting benar-benar relevan dengannya. Jadi usahakan untuk menggunakan bermacam-macam kata yang memiliki makna atau arti sama. 

Contoh, target utama cinta, maka sebaiknya anda juga memakai kata sayang, rindu dan lain sebagainya.

Hindari Peletakkan Kata Kunci Yang Tidak Berkaitan Dengan Topik Artikel
Jangan sekali-kali anda mengunakan keyword yang sama sekali tidak memiliki keterkaitan dengan topik pembahasan. Sebab jika robot mesin pencari menemukannya besar kemungkinan blog/web/situs anda tidak akan ditampilkan pada hasil pencarian. Mengapa ? Karena tulisan anda di anggap tidak relevan dengan kebutuhan pengguna. Ini tentunya memiliki dampak yang negative terhadap perkembangan blog.

Semoga tips & trik Search Engine Optimization (SEO) yang berkaitan dengan penempatan dan penggunaan keyword di atas bisa membantu dan sedikit memberikan pencerahan bagi yang belum mengetahui.

13 komentar untuk "Teknik Penempatan & Penggunaan Keyword Yang Tepat [TIPS & TRIK SEO]"

  1. Dengan trik penempatan kata kunci yang tepat, memang sangat membantu untuk meningkatkan traffik,....terima kasih.

    BalasHapus
  2. Maksud kata kunci yg gak ada kaitannya dengan artikel seperti apa mas ? mohon pencerahan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Contoh anda sedang membahas tips seo blog, tapi dalam artikel anda menggunakan kata kunci tentang game.

      Hapus
  3. memang kita harus banyak belajar tentang apapun termasuk keyword dalam website.. Salam Toko Furniture Online Rizki Raya Mebel Jepara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, dengan semakin banyaknya jumlah web yang bermunculan saat ini, sebagai seorang blogger kita memang harus terus belajar tentang keyword dan Ilmu SEO yang sangat dalam. Jadi kalau ingin sukses dan maju jangan pernah berhenti untuk belajar....semoga tokonya sukses

      Hapus
  4. apakah hanya awal dan akhir saja penempatan keyword yang memengaruhi SEO? Jika keyword tersebut diberi internal link ke homepage apakah bagus untuk SEO?

    BalasHapus
  5. Bagusnya sih keyword itu tersebar secara merata di dalam artikel, bukan hanya di awal atau akhir saja. tapi jangan menoton. Maksudnya gunakan juga KW-nya.

    Kalau untuk internal link ke homepage dalam artikel menurut saya ngak perlu gan. Sebab setiap halaman itu sudah banyak link yang mengarah kesana.

    BalasHapus
  6. Jika memakai keyword lebih dari 4 kata atau lebih apakah bisa efektif? kalau pakai wp dan yoast kan langsung warna kuning indikatornya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Solusinya pakai keyword LSI gan, sudah pernah ane tulis artikel lengkapnya

      Hapus
  7. Baru tau ternyata, menempatkan keyword dalam artikel ada tekniknya. Terima kasih, artikelnya sangat membantu dan jelas.

    BalasHapus

Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!
Masukkan link pada kotak yang di sediakan...jangan dalam komentar.