Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Blog Gratis di Google (Blogger-Blogspot) Untuk Pemula

Cara Membuat Blog Gratis di Google (Blogger-Blogspot) Untuk Pemula - Sebagaimana yang kita ketahui sekarang buat blog bisa dilakukan mengunakan HP maupun PC (laptop, notebook, komputer), sehingga  semuanya jadi lebih mudah. Tidak terikat pada suatu alat saja seperti dulu. Dan enaknya lagi banyak sekali peyedia layanan yang memberikannya secara gratis, seperti Wordpress, Blogger, Tumblr, Joomla, LiveJournal, Weebly, Blogdetik, dan lain sebagainya. Yang mana setiap penyedia memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dalam kesempatan ini admin “Blog Tips dan Trik”, secara khusus akan membahas bagaimana cara membuat blog gratisan menggunakan blogger. Mengapa harus blogger ? pelayanan, kenyamanan, keamanan, dan kemudahan dalam proses pembuatannya membuat platform ini lebih unggul dan di sukai banyak orang. Selain itu karena ini merupakan salah satu produk unggulan yang diberikan secara gratis oleh google, jadi blog yang di buat di blogger jauh lebih bersahabat dengan mesin pencari khususnya google. Kalau mengenai SEO friendly tidak usah dintanya lagi...

Seperti kata pepatah tak kenal maka tak sayang, jadi sebelum kita membahas secara lebih mendetail tentang cara bikin blog, sebaiknya anda mengetahui dulu apa itu blog ?

Cara Bikin Blog Gratis di Google (blogspot-blogger) untuk pemula
Cara Membuat Blog Gratis di Blogger

Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urutan terbalik (isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian (sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Blog). Blog sendiri dulunya hanya berfungsi sebagai diary online namun sekarang seiring berkembangnya zaman manfaat dan fungsinya juga bertambah, salah satu yang paling menarik minat adalah bisa di jadikan ladang uang. 

Hal inilah yang menyebabkan banyak sekali bermunculan blogger-blogger baru. Selepas dari alasan ini aktivitas blogging bisa di dasari banyak faktor yang lebih tepatnya tergantung niat yang menjalankannya. Bisa karena hobi, ingin eksis, terlihat lebih keren, cari tambahan uang saku, atau sesuatu hal yang lainnya.

Persiapan Membuat Blog Gratis di Blogger


Sebelum anda memutuskan untuk buat blog di blogger pastikan terlebih dahulu anda telah membuat akun Gmail (Google Mail), karena ini adalah syarat utama dalam proses pembuatan. Jadi, jika belum memilikinya silakan anda buat dulu email gmail. Jika butuh panduan cara membuatnya silakan tonton video tutorial cara membuat email gmail gratis disini.

Untuk membedakan blog anda dengan milik orang lain terlebih dahulu siapkan logo yang unik, menarik, yang merupakan ciri khas blog yang bakal anda kelola nantinya. Membuat logo blog dapat anda lakukan dengan beraneka cara, seperti memakai photo editor photoshop, corel draw, dan software edit photo lainnya. Tapi untuk melakukannya anda harus memiliki sedikit kemampuan tentang desain agar bisa menghasilkan logo yang menarik. Namun, tenang walaupun tidak memiliki keahlian maupun kemampuan dalam dunia edit photo kita tetap bisa membuat sebuah logo yang keren dengan tampilan yang menawan dan profesional secara gratis. silahkan anda buat situs Logaster.

Logaster merupakan salah satu situs yang meyediakan tool gratis untuk membuat logo dan favicon dengan cara yang sangat mudah secara online. Kita tinggal memasukkan nama web/blog yang di kelola dan pilih jenis topik yang sesuai.  Setelah itu akan muncul pulahan macam logo yang bisa langsung di download, namun jka logo yang diberikan kurang cocok anda bisa melakukan editing seperti menganti huruf, background, warna, dan lainnya.

Setelah persiapan di atas sudah selesai ada baiknya anda juga membaca artikel sebelumnya yang berjudul “Tips Ngeblog Persiapan Awal Sebelum Buat Blog”,  karena sukses ngeblog itu butuh banyak persiapan. 

Baiklah tanpa banyak basa-basi lagi langsung saja kita menuju topik utama artikel ini yaitu panduan membuat blog gratis di blogger untuk pemula.

Langkah-langkah membuat blog gratis di blogger untuk pemula

  • Silahkan Anda kunjungi blogger dengan cara mengetikkan blogger.com pada adress bar atau disini.
  • Untuk pertama kalinya anda mengakses blogger.com maka harus melakukan login terlebih dahulu. Masuk (login) menggunakan username (alamat email) serta password gmail anda.
  • Agar proses pengolahan blog lebih mudah silakan anda ubah terlebih dahulu bahasa yang di gunakan. Caranya klik tanda segitiga kecil yang ada di pojok kanan atas. Lebih jelasnya lihat gambar berikut.
Cara merubah bahasa blog gratis di blogger
  • Tentukan jenis profil pengguna, yang berfungsi sebagai identitas pengarang, penulis atau pengelola blog. Anda bisa membuat profil google plus atau profil blogger (profil terbatas).  
Cara membuat profil blog gratis di blogger
  • Contoh kita membuat profil google+, maka anda akan dialihkan ke akun google plus (+).
  • Isilah formulir data google plus yang disediakan, biasanya datanya sudah terisi sama seperti data yang di gunakan saat membuat email:
Keterangan:
Nama : isi dengan nama yang ingin ditampilkan pada profile blog anda.
Jenis Kelamin : pilih jenis kelamin Anda, Contoh: Male (pria).
Tanggal lahir : Isilah data sesuai dengan tanggal lahir anda.
  • Setelah selesai, klik create profil. Pada halaman selanjutnya silakan klik tanda “+” jika anda ingin menambahkan photo pada tampilan profil google plus >>>pada menu pop up pilih gambar yang anda suka >>>klik open. Atau jika anda tidak ingin menambahkan gambar langsung saja klik save.
  • Langkah selanjutnya klik tombol bertuliskan “Lanjutkan ke blogger”.  Pada menu pop up yang muncul klik mengerti atau tanda silang>>>klik mengerti sekali lagi. Kemudian klik "Buat Blog Baru".
  • Selanjutnya isi formulir dengan data blog sesuai dengan keinginan anda sebagai pengelola pada form yang disediakan.
  • Usahakan untuk mengisi alamat (domain) terlebih dahulu. Isilah kolom alamat yang disediakan dengan nama domain yang anda inginkan. Buatlah alamat yang berhubungan dengan sesuatu yang anda mengerti, sukai, atau sesuai dengan keahlian anda, pendek, mudah di ingat, unik, menarik, dan mengandung keyword.
  • Setelah alamat yang anda masukkan tersedia atau belum digunakan oleh orang lain, isilah judul blog yang anda inginkan yang berkaitan dengan alamat domain yang telah di buat.
  • Pilih salah satu jenis template yang disediakan dengan cara mengkliknya. Kemudian klik buat blog.
Setelah melalui tahap ini blog anda telah selesai. Untuk melihat tampilan blog yang baru saja di buat anda bisa klik menu lihat blog. Jika anda butuh panduan berupa video tutorial cara membuat blog gratis di blogger silakan kunjungi akun youtube tipsintrik dengan cara mengklik tautan pada menu di atas.

Agar blog yang baru saja di buat tidak di anggap melakukan spam ada baiknya silakan anda buat posting artikel. Untuk cara memulai posting artikel silakan ikuti panduan blog di bawah ini.
  1. Klik tulisan "Entri Baru”
  2. Sebelum mulai menulis artikel pastikan terlebih dahulu anda berada pada mode tulis Compose.
  3. Isi judul dan artikel yang ingin Anda publikasikan di blog.
  4. Tentukan label (kategori), tentukan alamat url artikel, dan usahakan untuk merapikan tulisan dengan beberapa pengaturan yang disediakan agar artikel yang di posting nantinya enak untuk dilihat atau di baca.
  5. Untuk memastikan tampilan artikel sesuai dengan yang di harapkan sebelum mempublikasikan sebaiknya anda  klik "pratinjau" terlebih dahulu. Untuk melihat tampilan sementara, jika dirasa hasilnya sudah cocok (cukup memuaskan) maka klik "publikasikan".
Sampai disini Admin blog tips in trik mengucapkan "Selamat" karena dengan melakukan langkah-langkah di atas proses pembuatan blog baru secara gratis menggunakan platform blogspot yang disediakan google selesai di buat dan berhasil online. 

Demikianlah tutorial cara membuat blog gratis di blogger/blogspot untuk pemula, semoga bermanfaat. Jika anda tidak keberatan tolong berikan komentar yang berkaitan dengan artikel ini, like dan bagikan dengan teman-teman anda. Terima kasih.

12 komentar untuk "Cara Membuat Blog Gratis di Google (Blogger-Blogspot) Untuk Pemula"

  1. Tutorial buat blog yang bermanfaat, bagi blogger pemula seperti saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga manfaat yang anda dapatkan lebih banyak lagi, terima kasih atas kujungannya

      Hapus
  2. misi kalau mau menambahkan backgroud bagaimana yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan baca artikel baru yang saya buat di sini gan www.blogtipsintrik.com/2019/05/panduan-lengkap-cara-mengganti-background-blog.html atau agan juga bisa melakukan pencarian menggunakan google dengan kata kunci panduan lengkap ganti background blog, nanti agan bisa temukan artikel yang ane tulis.

      Semoga bermanfaat....terima kasih.

      Hapus
  3. Terima kasih bos, selain mudah di pahami panduan buat blog yang agan berikan juga sangat lengkap dan mudah di pahami. Semoga agannya sehat selalu sehingga bisa memberikan tutorial bermanfaat lainnya. Salam blogger.

    BalasHapus
  4. Terima kasih sangat bermanfaat buat saya
    walaupun masih banyak agi yg harus saya pelajari maklum gaptek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih kembali, semoga usahanya berhasil dan sukses.

      Hapus
  5. Terima kasih, sangat membantu. Tutorialnya lengkap, mudah di pahami, dan sangat membantu bagi saya sebagai pemula dalam membuat blog.

    BalasHapus

Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!
Masukkan link pada kotak yang di sediakan...jangan dalam komentar.