Senin, 15 Januari 2018

Cara Menggunakan Google Disavow Untuk Menghapus Backlink Spam

Cara Menggunakan Google Disavow Untuk Menghapus Backlink Spam – Dalam kesempatan ini Admin ingin berbagi tutorial lengkap bagaimana cara menghapus unnatural backlink atau backlink spam menggunakan salah satu produk gratis google yang bernama disavow backlink. Tool gratis yang di sediakan oleh Google ini sangat power full dalam memblokir dan menghapus semua tautan sampah atau berkualitas rendah yang mengarah ke website kita.

Jadi jika teman-teman ingin semua backlink yang kalian dapatkan bisa memberikan manfaat dan berdampak positif terhadap kemajuan blog maka sebaiknya kalian terus memantau backlink yang kalian peroleh, menggunakan google webmaster tools. Dan memblokir atau menghapus backlink yang kurang berkualitas supaya blog lebih terjamin keamanan serta kesehatannya. Sehingga kemampuan bersaing situs web yang kalian miliki di SERP semakin bagus.

Cara Menggunakan Google Disavow Untuk Menghapus Backlink Spam

Jangan sampai Anda teledor, dan baru menyadari ketika indeks blog Anda menurun. Sebab backlink spam sangat membahayakan situs, selain bisa menyebabkan posisi SERP artikel merosot pada hasil pencarian, backlink spam (unnatural backlink) juga bisa berakibat fatal, karena ini bisa menjadi salah satu penyebab blog yang kalian kelola terkena pinalti dari google yang berakhir dengan deindeks.

Kalau sampai hal ini terjadi maka yang rugi Anda sendiri, karena itu sebaiknya minimal sebulan sekali sempatkanlah untuk mengecek backlink di google webmaster tools untuk memastikan kalau tautan balik yang kalian dapatkan itu di peroleh dari tempat yang memiliki kriteria backlink berkualitas.

Nah, jika kalian menemukan ada backlink yang mengarah ke website kalian terdeteksi sebagai backlink spam oleh Google, sebaiknya segera tolak atau sangkal keberadaan backlink tersebut dengan menggunakan Google Disavow, sebelum backlink tersebut mengahncurkan keberadaan blog, situs, atau web yang teman-teman miliki. Bagaimana caranya ?, silakan lihat panduan lengkapnya di bawah ini.

Tutorial Lengkap Menggunakan Google Disavow Backlink Untuk Meningkatkan Seo Blog

Dengan memakai google disavow untuk menolak tautan balik yang mengarah ke situs kita, baik yang menuju ke artikel atau home page diyakini bisa meningkatkan SEO blog. Jadi gunakanlah fitur ini secara maksimal. Namun untuk memakai Google Disavow terlebih dahulu teman-teman harus mendaftarkan situs ke Google Webmaster tools dan jangan lupa submit peta situs juga supaya panduan ini bisa bekerja dengan sempurna.

Sebelum Anda melakukan penghapusan backlink berkualitas rendah dengan google disavow, sebaiknya kalian siapkan dulu daftar backlink yang ingin di tolak (sangkal, blokir) dalam bentuk file .txt supaya lebih jelas silakan lihat contoh di bawah ini.

Format File Disavow Link

# Domain yang menyumbang banyak link spam
Domain:.....(isi dengan url penyumbang backlink spam/berkualitas rendah, masukkan nama domain tanpa www. Contoh anda ingin menghapus baclink dari situs backlinkspam.com maka penulisannya adalah “domain: backlinkspam.com” format ini akan menghapus semua backlink yang di berikan oleh situs backlinkspam.com)

# Domain yang menyumbang link spam
http://www.alamatblogspam.com/backlink-web-spam.html
Masukkan url backlink lainnya terus satu link per baris, gunakan format ini untuk mengapus backlink tertentu yang Anda anggap kurang berkualitas.

Setelah selesai silakan teman-teman simpan dalam format .txt, dengan nama bebas yang terpenting filenya nanti disimpan dengan akhiran.txt.

Langkah selanjutnya silakan kunjungi Google disavow melalui link berikut https://www.google.com/webmasters/tools/disavow-links-main, tapi sebelumnya Anda harus login dulu ke akun Google yang teman-teman gunakan untuk memverifikasi blog yang akan di disavow linknya.

  • Setelah terbuka, pilih situs (property) yang akan di hapus backlink spamnya. Lalu klik tombol DISAVOW LINKS. Supaya lebih jelas silakan lihat gambar berikut.

Bagaimana Cara Menggunakan Google Disavow Untuk Menghapus Backlink Spam
  • Pada halaman berikutnya klik kembali tombol Disavow Links atau Menyangkal Tautan.
  • Lalu klik tombol Pilih file, cari file backlink spam yang telah kita siapkan tadi. 
  • Langkah terakhir terakhir klik tombol Kirim.

Setelah melewati langkah-langkah di atas, proses disavow link berkualitas rendah sudah selesai. Anda tinggal menunggu danfaknya beberapa hari, biasanya kurang lebih sekitar satu minguan.

Demikianlah panduan lengkap yang berisikan Cara Menggunakan Google DisavowUntuk Menghapus Backlink Spam, semoga bisa dimengerti dan bermanfaat bagi pembaca sekalian. Jika berkenan teman-teman bisa membagikan artikel sederhana ini ke akun sosial medianya masing-masing. Dan kalau masih ada yang kurang dimengerti atau ada saran tambahan yang berkaitan dengan artikel ini silakan bubuhkan pada kotak komentar di bawah. Salam dan terima kasih.

Related Posts

1 komentar on Cara Menggunakan Google Disavow Untuk Menghapus Backlink Spam

  1. kalau mengikuti tutorial dia atas saya yakin bisa tapi permasalahannya bagaimana caranya mengetahui kalau backlink yang akan kita tolak adalah jenis backlink spam ? mohon pencerahannya ya Gan
    terimaksih

    BalasHapus

Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!