Selasa, 09 Januari 2018

Bagaimana Cara Melakukan atau Menggunakan Fetch as Google

Bagaimana Cara Melakukan atau Menggunakan Fetch as Google - Panduan menggunakan Fetch as di Google Webmaster Tool sebenarnya sudah banyak yang membahas, akan tetapi masih banyak yang bingung bagaimana caranya. Untuk itulah dalam kesempatan ini Admin Blogtipsintrik.com akan mencoba berbagi pengetahuan tentang cara memakai fecth as Google webmaster tools secara lengkap dan terperinci.  

Oh ya sob, sebelum masuk kemateri sebenarnya ada baiknya kita sedikit membahas apa fungsi dari fitur Fecth As Google Webmaster ini. Karena masih banyak kawan-kawan yang baru membuat blog dalam artian belum begitu mengerti tentang hal-hal yang berkaitan dengan dunia blogging, belum tau apa fungsinya.
Bagaimana Cara Melakukan atau Menggunakan Fetch as Google

Fitur Fecth As pada akun Google Webmaster Tools (Google search Console) merupakan salah satu fitur tepenting dan sayang kalau tidak di manfaatkan secara baik dan benar, karena dengan menggunakan fasilitas ini, artikel yang kita tulis bisa lebih mudah dan cepat terideks, bahkan kurang dari satu menit. Jadi, jika kalian ingin postingan yang kalian tulis dan publikasikan lebih mudah terdeteksi di SERP Google sebaiknya gunakan selalu fitur websmater ini setiap kali teman-teman selesai mempublikasikan artikel baru.

Ok langsung saja, khusus untuk kawan yang membutuhkan panduan bagaimana cara melakukan atau menggunakan Fetch as Google di akun Google Webmaster Tool, silakan simak langkah-langkah berikut.

Bagaimana Cara Menggunakan/Melakukan Fetch as Google (Ambil Sebagai Google) di Akun Webmaster Tool (Google Search Console)


Untuk bisa menikmati fasilitas gratis dari Google, yang sangat ampuh mengideks artikel dalam hitungan detik ini, tentunya teman-teman harus mendaftarkan blognya terlebih dahulu ke Google Search Console, jika belum tau bagaimana caranya silakan baca tutorial submit blog ke Google Webmaster Tool yang sudah Admin tulis sebelumnya. Dan jangan lupa juga untuk kirim peta situsnya di Websmater Google supaya proses pengindeksan bisa berjalan dengan sempurna. Jika kedua syarat ini sudah teman-teman penuhi, langkah-langkah pemakaian Fetch as Google untuk mengindek artikel dengan cepat adalah sebagai berikut.

LANGKAH-LANGKAH PEMAKAIAN FITUR FETCH AS GOOGLE


Silakan teman-teman login ke akun Google Webmaster Tools nya masing-masing, setelah berada di halaman utama Google Search Console, pilih blog mana yang ingin di Fetch as.

Kemudian klik menu Crawl, setelah itu akan muncul submenu dari Crawl yaitu Crawl Errors, Crawl stats, Fetch as Google, robot.txt Tester, Siemap, dan URL Parameters, pilih Fetch as Google.

Masukkan url artikel pada kotak yang tersedia, yang ingin kalian ambil sebagai Google. Ingat hanya url artikelnya saja tanpa alamat blog. Misal kalian ingin artikel dengan url "http://www.blogtipsintrik.com/2016/12/jenis-produk-google-yang-jarang-diketahui.html" segera di indeks oleh Google maka yang di masukkan pada kotak hanya "2016/12/jenis-produk-google-yang-jarang-diketahui.html" tanpa tanda kutip.

Untuk melakukan Fetch as Google kalian di berikan dua buah pilihan, yaitu hanya menggunakan FETCH atau menggunakan FETCH AND RENDER. Jika kalian ingin robot Google hanya merayapi artikel maka silakan pilih Fetch namun untuk hasil yang lebih maksimal sebaiknya pakai pilihan yang kedua yaitu fetch dan render.

Kedua pilihan ini memiliki hasil pengindeksan yang berbeda jika teman-teman memilih menggunakan pilihan pertama maka, hasil dari laporan adalah complete sedangkan hasil yang kedua partial. Tapi itu bukanlah masalah.

Lanjut pada step selanjutnya, silakan kawan-kawan klik tombol FETCH atau FETCH AND RENDER, tunggu proses loading selesai. Setelah itu klik Request indexing.

Nanti akan terbuka menu pop up untuk memastikan kalau Anda bukan robot. Silakan teman-teman verifikasi kalau Anda benar-benar manusia dengan menyelesaikan kode capcha yang tersedia. Sampai kotak bertanda centang. Dan jangan lupa klik juga bulatan di sebelah tulisan “Crawl only this URL” atau “Crawl this URL and its direct links” yang ada di bawah captcha tersebut.

Pilihan pertama, Anda bisa menggunakan fitur Fetch as sampai 500 artikel setiap bulannya sedangkan pilihan kedua kita kita hanya bisa memakai Fetch as Google sebanyak sepuluh kali saja setiap bulan.

Perbedaannya kedua pilihan ini.
Pilihan pertama, Anda hanya ingin robot Google merayapi url artikel itu saja sedangkan pilihan yang kedua menyatakan kalau Anda ingin robot Google merayapi semua link yang ada dalam artikel tersebut. Jadi teman-teman sudah tau bukan, alasannya mengapa pilihan kedua hanya bisa di gunakan sepuluh kali saja.

Setelah Anda memutuskan memilih permintaan pengindeksan, langkah terakhir silakan klik Go. Selesai.

Sekarang artikel yang baru saja teman-teman tulis sudah terindeks oleh Google, jika artikel yang kalian submit tidak melanggar aturan atau tos Google bisa dipastikan dalam hitungan menit artikel tersebut sudah terindeks.

Dan untuk melihat bagaimana tampilan artikel blog sobat dari kacamata robot Google dan pengunjung silakan teman-teman klik url artikel yang baru saja di kirimkan tadi. Apabila kalian ingin meminta Google merayapi segera artikel yang lainnya silakan ulangi langkah-langkah di atas.

Demikianlah informasi yang bisa Admin persembahkan untuk pembaca sekalian tentang "Panduan bagaimana cara melakukan ataumenggunakan Fetch as Google di Webmaster Tools, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan, saran, ataupun kritik yang bersipat membangun berkaitan dengan artikel di atas, silakan teman-teman masukkan dalam kolom komentar di bawah. Terima kasih.


Related Posts

5 komentar on Bagaimana Cara Melakukan atau Menggunakan Fetch as Google

  1. kalau gitu saya salah selama ini menerapkan fetch dan fetch and render ini. saya cuma ganti url postingan terkait tapi saya pilih fetch and render

    BalasHapus
  2. Kira-Kira brapa lama tulisan "pengindeksan diminta"nya berubah jadi "terindeks"? Punya saya kok tetep pengindeksan diminta

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah selesai anda melakukan seperti tutorial fetch as google di atas, detik itu juga status akan berubah menjadi partial atau complete.

      Untuk kasus yang sobat alami sepertinya agan tidak melakukan langkah-langkah melakukan fetch as google dengan benar, coba perhatikan kembali tutorial di atas. Bacalah panduannya sampai habis, semoga membantu. Terima kasih.

      Hapus
  3. mau tanya dong admin, kenapa pas saya coba fetch, tombol "request indexing" nya gak ada?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setelah di masukkan url yang ingin di indeks, klik dulu tombol FETCH atau FETCH AND RENDER, nanti tombol request indexing nya baru muncul.

      Hapus

Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!