Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Ampuh Menemukan Mengetahui Artikel Dicuri/Dicopas/Duplikat

Cara ampuh menemukan mengetahui  apakah artikel telah dicuri/dicopas atau ada duplikatnya - Membuat blog atau menjadi seorang blogger banyak untungnya. Namun, kita juga tidak dapat menghindari berbagai kerugian yang bakal terjadi karena segala sesuatu di internet sulit untuk diprediksi. 

Salah satu kerugian yang paling banyak di alami oleh blogger adalah konten yang kita tulis/buat dengan segenap kemampuan, susah payah, menguras pikiran, dan menghabiskan banyak waktu, dicuri oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. Dimana tanpa sopan santun, permisi dan rasa malu sama sekali mereka seenaknya menerbitkan artikel yang kita posting pada blog pribadi mereka tanpa menghargai jerih payah yang kita lakukan.

Cara-Ampuh-Menemukan-Mengetahui-Artikel-Dicuri-Dicopas-Duplikat

Bukan hanya dari segi moral ternyata perbuatan orang-orang seperti ini juga merugikan secara materil. Kok bisa ? Bisa saja, karena secara tidak langsung dengan adanya aktivitas ilegal yang dilakukan oleh para copaser atau AGC mania terhadap sebuah blog, blog/web korban akan kehilangan traffik bahkan ada juga yang tidak terindeks lagi oleh google. Dengan demikian pastinya penghasilannya juga akan menurun.

Saran :
Untuk melihat traffik blog silakan teman-teman hubungkan blognya dengan google analytics, selain bisa memantau traffik banyak manfaat dan keuntungan dari analytics google yang bisa didapatkan apalagi kalau kodenya dipasang dengan cara terbaik.

Karena itulah jika situs anda mengalami penurunan traffik secara drastis, sebaiknya teman-teman melacak apakah artikel atau konten pada blog yang kalian miliki terdapat di blog lain atau tidak. Maksudnya mungkin saja blog, situs atau web kalian telah menjadi korban orang yang tidak bertanggung jawab (pencuri konten/copaser/agc mania).

Caranya? Apakah dengan cara ini tingkat akurasinya 100% ?.Sebenarnya untuk mengetahui apakah artikel yang telah kita posting dicuri orang atau tidak, bisa dideteksi dengan sangat mudah baik dengan cara manual maupun otomatis. 

Tapi dalam kesempatan ini Admin akan membagikan tips sederhana yang bisa kita lakukan untuk menemukan konten duplikat atau sama persis dengan artikel milik kita secara manual, dengan tingkat akurasi 100%. Yaitu menggunakan bantuan mesin pencari melalui beberapa trik pencarian. Hal ini selalu admin gunakan dan hasilnya sangat memuaskan. Bagaiman caranya ? Silakan baca ulasan lengkapnya di bawah ini.

Cara Paling Ampuh Untuk Menemukan Mengetahui  Artikel Dicuri/Dicopas/Duplikat


Untuk mengetahui dan menemukan dimana saja terdapat artikel yang sama dengan milik kita bisa dilakukan memakai 4 cara berikut.

1. Melakukan Pencarian Memakai Judul  Lengkap
Dengan melakukan pencarian menggunakan judul lengkap yang diapit tanda kutip ganda maka google atau mesin pencari lainnya akan memberikan hasil exact atau sama persis dengan apa yang kita cari. Dengan demikian kita dapat lebih mudah mengetahui dan mendeteksi apakah ada blog atau web lain mempublikasikan artikel berjudul sama dengan postingan pada blog kita. Jika ya silakan teman-teman buka setiap situs yang muncul pada hasil pencarian, lihat apakah kontennya sama atau tidak dengan milik kita. Jika sama copy url artikel tersebut dan simpan pada aplikasi pengolah kata untuk kita proses nantinya.

Metode/cara ini sangat efektif (ampuh) untuk menemukan blog copaser dan AGC pemula.

2. Melakukan Pencarian Menggunakan Kalimat
Selain dengan cara di atas, untuk menemukan artikel duplikat pada blog. Kita bisa melakukan pencarian memakai beberapa baris kalimat kata kunci atau kueri unik yang terdapat dalam posting yang ingin di cari duplikatnya. 

Caranya silakan teman-teman ambil satu baris kalimat atau kata-kata pada artikel yang dicurigai memiliki salinan (duplikat), kemudian pastekan pada adress bar. Trik ini memberikan hasil cukup memuaskan untuk menemukan dan mengetahui ada atau tidaknya duplikasi pada konten kita. 

3. Lakukan  Pencarian Menggunakan Perintah Operator "intitle"
Gunakan perintah pencarian seperti berikut:
intitle: judul artikel/halaman yang ingin dilacak (tulis lengkap sama persis)

Contoh pencarian:

4. Menggunakan Perintah "inurl"
Caranya silakan buka artikel yang ingin ditemukan duplikatnya, lalu copy (ambil) URLnya. 
Contoh

Kemudian lakukan pencarian menggunakan perintah/kueri seperti berikut 

inurl: cara-tempat-membuatmembangun-backlink

Untuk hasil lebih maksimal anda juga bisa mengerucutkan hasil pencarian dengan cara memakai exact match keywords atau tanda kutip ganda (“kueri pencarian”) pada kata-kata yang digunakan saat melakukan pencarian pada semua tips mencari duplikat konten di atas.

Sebenarnya setelah kita memverifikasi kepemilikan situs di google webmaster tools, setiap kali ada duplikat konten. Pihak google akan memberikan notifikasi kepada kita, namun hal ini kurang efektif dan sedikit terlambat menurut pendapat admin.  Karena biasanya laporan duplikat konten baru bisa terdeteksi lebih kurang sekitar tiga bulan.

Semoga beberapa tips yang admin bagikan ini bisa bermanfaat dan membantu bagi teman-teman, yang ingin melacak (menemukan) atau mengetahui apakah ada yang telah mencuri kontennya atau tidak, baik itu dengan motode copy paste atau pun trik AGC. Sehingga berbagai masalah yang disebabkan duplikat konten bisa di atasi secepatnya agar kinerja blog bisa lebih maksimal.

Demikianlah Cara Ampuh Menemukan Mengetahui  Artikel Dicuri/Dicopas atau terjadi Duplikat dengan tips & trik singkat, sederhana, mudah dilakukan, dan 100% akurat. Jika ada kendala, kurang paham silakan tanyakan melalui komentar, atau jika ada trik manual lainnya yang bisa digunakan untuk mencari dan menemukan duplikat konten yang teman-teman ketahui sudilah kiranya menambahkan. Jika ada manfaatya tolong bagikan dengan teman-teman yang lainnya. Terima kasih...

6 komentar untuk "Cara Ampuh Menemukan Mengetahui Artikel Dicuri/Dicopas/Duplikat"

  1. Bagus mana cara ini dibandingkan dengan menggunakan tools online untuk menemukan artikel di kita copas atau ngak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dilihat dari kemudahan tools online lebih bagus, tapi dari segi hasil jauh lebih baik dengan cara ini.....

      Hapus
  2. Tools online nya sendiri apa mas ya @ahmad

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya tool ini biasa digunakan untuk mengecek apakah artikel kita original atau ngak, tapi juga bisa dipakai untuk mengecek apakah ada blog lain yang memiliki artikel sama persis dengan postingan kita.

      Rekomendasi silakan mas @roni kunjungi beberapa situs berikut : copyscape.com, plagiarismcheck.org, dustball.com, plagiarismchecker.com, smallseotools.com

      Hapus
    2. masih bisa digunakankah tool-tool onlinenya? saya pernah pake plagiarismcheck.org, tapi gk bisa di akses

      Hapus
    3. Masih bisa gan, kalau mau yang lebih mudah coba situs ini gan plagiarismdetector.net, lebih simple ngak pakai ribet. Semoga bermanfaat, terima kasih

      Hapus

Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!
Masukkan link pada kotak yang di sediakan...jangan dalam komentar.