Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendaftar Memasang Kode Tracking Google Analytics Pada Tumblr Blog

Cara Mendaftar Memasang Kode Tracking Google Analytics Pada Tumblr Blog - Sebagai pemilik sekaligus pengelola  web/blog tentunya kita ingin mengetahui sudah berapa banyak orang yang mengunjungi situs kita, apa saja keyword yang diketikkan seseorang sehingga mereka menemukan situs milik kita, dan masih banyak lagi. Semua itu sangat penting agar kita bisa mengoptilkan kinerja situs yang telah dibangun sehingga bisa menjadi kuat dan populer.

tutorial daftar pasang tracking kode analytics pada blog tumblr

Untuk itu teman-teman perlu alat bantu yang mampu mengumpulkan segala data yang berkaitan dengan situs web, agar bisa memonitor perkembangannya setiap saat. Dalam hal ini Admin Blog Tips & Trik sangat menganjurkan anda untuk menggunakan google analytics, mengapa Google Analytics ?. Admin yakin teman-teman sudah mengetahui apa alasannya. 

Masih bingung mengapa ? jawabanya karena google analytics merupakan salah satu produk google yang paling banyak digunakan oleh hampir semua blogger di dunia. Selain laporannya cukup akurat layanan ini di sediakan secara gratis untuk siapapun. Dengan satu syarat yaitu memiliki akun Gmail. Dan sangat dianjurkan kalau pemasangan kode analytics segera dilakukan setiap kali anda selesai membuat web/situs baru. Ini berlaku untuk semua jenis blog baik itu gratis ataupun berbayar.

Dalam kesempatan kali ini, admin akan membagikan tutorial bagaimana cara mendaftarkan, mengaitkan, atau menghubungkan blog yang dibuat pada tumblr dengan google analytics. Silakan baca ulasan lengkapnya di bawah ini.

Panduan Lengkap Mendaftar & Memasang Kode Tracking Google Analytics Pada Blog Tumblr 


A. Bagaimana Cara Mendaftarkan Blog Tumblr ke Google Analytics ?

Apakah anda sudah tahu? 
Mengenai cara menghubungkan tumblr dengan analytics, sama saja dengan cara mendaftarkan blog ke google analytics pada umumnya, baik itu blog yang dibuat di blogger maupun wordpress. 

Jadi jika teman-teman masih belum paham, coba baca artikel saya berikut ini:

Atau anda juga bisa lihat video tutorial mendaftarkan blog ke google analytics terbaru di bawah ini.


Setelah selesai mendaftarkan tumblr yang ingin dilacak sekarang saatnya anda memasang kode tracking google analytics yang diberikan pada blog tumblr. 

B. Cara Memasang Kode Tracking Google Analytics Pada Tumblr Blog

Agar segala data yang berkaitan dengan blog tumblr bisa kita ketahui dengan mudah, anda harus menambahkan kode pelacakan yang di dapatkan saat melakukan pendaftaran tadi pada template atau theme Tumblr. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

#Langkah pertama silakan teman-teman login terlebih dahulu ke akun tumblr atau bisa langsung kunjungi link berikut https://www.tumblr.com/login
#Langkah Kedua, setelah berhasil login arahkan mouse pada gambar avatra milik anda dan klik Edit Appereance.

Cara Mendaftar Memasang Kode Tracking Google Analytics Pada Tumblr Blog

#Langkah ketiga pilih menu Edit Theme

Cara Mendaftar Memasang Kode Tracking Google Analytics Pada Tumblr Blog

#Langkah keempat silakan teman-teman perhatikan menu pada dashboard sebelah kiri, scroll kebawah cari menu atau kolom tempat meletakkan kode pelacakan atau kode tracking google analytics. Untuk lebih jelasnya teman-teman bisa lihat gambar di bawah ini.

pasang tracking kode google analytics pada tumblr blog

#Langkah kelima akses kembali akun google analytics, lalu ambil atau copy kode tracking yang pendek
#Langkah keenam, pastekan kode pelacakan analyitcs pada kotak yang disediakan
#langkah terakhir, klik tombol saved berwarna biru, agar lebih jelas lihat kembali gambar di atas. 

Baiklah setelah melalui beberapa tahapan di atas sekarang anda telah berhasil mengaitkan blog tumblr dengan google analytics.

Apabila pada theme (tema) yang anda pakai tidak terdapat menu ini, itu berarti anda harus mempastekan script tracking analytics Universal pada kode tema secara langsung atau jika teman-teman tidak mau berurusan dengan script yang membingungkan mungkin bisa mempelajari cara mengganti tema/template tumblr yang telah admin bahas sebelumnya.

Namun perlu teman-teman ketahui google analytics berfungsi hanya untuk melacak data yang berkaitan dengan blog, untuk itulah agar kinerja situs yang kita kaitkan bisa lebih maksimal dalam memenangkan persaingan dan mendapatkan posisi terbaik di SERP sebaiknya anda juga mendaftarkan tumblr ke google webmaster.

Admin rasa cukup sampai disini dulu pembahasan mengenai tutorial Cara Mendaftar Memasang Kode Tracking Google Analytics Pada Tumblr Blog. Semoga dapat dipahami dan dipraktekkan sehingga bisa bermanfaat. Apabila masih ada yang kurang jelas jangan sungkan untuk bertanya, melalui kotak komentar yang sudah disediakan di bawah. Terima kasih atas waktunya.

2 komentar untuk "Cara Mendaftar Memasang Kode Tracking Google Analytics Pada Tumblr Blog"

  1. Thank you mas, informasi yang bermanfaat. Berhasil ini baru tutorial terbaru dan terupdate..sukses deeeh

    BalasHapus

Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!
Masukkan link pada kotak yang di sediakan...jangan dalam komentar.