Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 CARA EFEKTIF MENINGKATKAN SEO BLOGSPOT (UNTUK PEMULA)

Bagaimana cara meningkatkan kualitas SEO Blogspot (Blogger) ?, bagi anda pengguna blogger atau membuat blog pakai blogspot pastinya sangat ingin kalau blognya lebih SEO sehingga lebih mudah ditemukan mesin pencari. 

Tapi sebelum melangkah lebih jauh, apakah teman-teman yang baru belajar SEO sudah tau apa itu SEO ?, jika belum mungkin penjelasan singkat ini bisa membantu. SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization yang artinya berbagai cara yang harus dilakukan untuk meningkatkan/mengoptimalkan peringkat blog, web, situs atau website pada hasil indeks halaman pencarian (SERP) guna meningkatkan traffik atau pengunjung. 

cara tips trik teknik meningkatkan seo blogspot blogger

Hal ini sangat beralasan karena semakin bagus (Tinggi) posisi situs kita pada SERP maka semakin besar pula peluang mendapatakan kunjungan organik dari mesin pencari. Untuk melihat sumber traffik teman-teman bisa mengandalkan Google analyitics, jika blognya belum terhubung silakan daftarkan blog ke google analytics terlebih dahulu.

Tidak dapat dipungkiri bahwa Visitor dari mesin pencari merupakan sumber traffik terbaik. Karena itulah semua orang yang terjun kedunia blogging pastinya sangat menginginkan artikel atau blog yang dikelola, bisa muncul di halaman utama pencarian. Mengapa ? karena secara umum pengguna internet hanya akan membuka (mengunjungi) situs yang muncul di halaman utama, kalau pun ada yang membuka halaman 2, 3 hasil pencarian itu jarang sekali terjadi.

Untuk bisa muncul dihalaman utama pencarian banyak cara yang ditempuh oleh blogger, baik itu dengan teknik blackhat SEO maupun dengan memakai teknik white hat. Tapi satu hal yang mesti kita ketahui kedua teknik ini fokus utamanya adalah SEO. Jadi bagi yang ingin memenangkan persaingan menduduki posisi terbaik di page one atau menjadi juara 10 (sepuluh) besar pada hasil pencarian (SERP) anda harus lebih mengoptimalkan SEO pada blognya masing-masing.

Karena SEO sangat mempengaruhi posisi atau rangking blog pada hasil pencarian, dalam kesempatan baik ini Admin “Blog Tips & Trik”, akan membagikan cara meningkatkan seo Blogger bukan hanya satu atau dua tapi 7 cara sekaligus yang bisa teman-teman gunakan untuk menaikkan kualitas SEO blogspotnya.

7 CARA MENINGKATKAN KUALITAS SEO BLOGSPOT/BLOGGER


Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menambah kualitas SEO. Namun, dalam kesempatan ini hanya akan di bahas 7 teknik yang bisa dilakukan dengan mudah untuk meningkatkan SEO blog anda, khususnya pengguna blogger atau blog yang dibuat pada blogspot. Dan perlu teman-teman ketahui teknik SEO blogspot yang admin bagikan ini adalah trik meningkatkan SEO dari dalam jadi tidak melibatkan bantuan dari luar. Baiklah tidak usah panjang lebar lagi silakan teman-teman baca ulasan lengkapnya dibawah ini.

Cara Pertama# Gunakan Profil Google Plus (+) Sebagai Pengarang
Mungkin masih banyak yang belum mengetahui ternyata menggunakan profil Google plus sebagai pengarang lebih baik untuk SEO blog dimata mesin pencari. Mengapa demikian ? karena bisa berpengaruh terhadap Author Rank, dimana Author Rank dipercaya sebagai salah satu indikator yang dijadikan oleh mesin pencari dalam menentukan kualitas sebuah artikel.

Selain itu dengan memakai profil google plus sebagai pengarang, kita juga bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan. Diantaranya, bisa mendapatkan backlink Google, karena setiap kali selesai posting. Artikel juga dikirim ke akun google plus. Dimana kita semua mengetahui kalau backlink adalah faktor utama dari SEO.

Cara Kedua# Memilih/Menggunakan Template Yang SEO Friendly
Selain berfungsi sebagai wadah atau rumah bagi artikel. Ternyata jenis template yang digunakan oleh sebuah blog memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap kualitas SEO blog. Jadi saat anda membangun blog sebaiknya pilihlah (gunakan) template yang SEO friendly (disisipi hack SEO), tidak usah membeli yang premium karena template gratisan untuk blogger banyak yang menyediakan. Mengenai kualitas mungkin ada yang mengclaim template premium lebih bagus tapi kenyataannya itu belum tentu. Karena yang membedakan hanya pada bagian footer.

Jika belum punya pilihan template apa yang bagus coba anda lihat artikel saya sebelumnya berjudul Download Gratis Template Evo Magz V2.5 Original [SEO & Fast Loading] atau Free Template Evo Magz V4.7 Terbaru RESPONSIVE & SEO Friendly, pada artikel ini teman-teman bisa lihat fitur apa saja yang dimiliki dan jika tertarik bisa didownload dengan cara yang sangat mudah tanpa harus menunggu 5 detik seperti ditempat lainnya.

Cara Ketiga# Meletakkan Judul Posting di Depan Judul Blog
Merubah posisi judul artikel didepan judul blog dipercaya sangat ampuh dan memiliki pengaruh yang besar terhadap kualitas SEO, mengapa karena rata-rata blog yang muncul dihalaman utama hasil pencarian menggunakan teknik ini.

Cara Keempat# Memasang Meta Tag
Jenis meta tag banyak sekali ada yang penting dan ada pula meta tag yang membahayakan blog jika digunakan. Karena itulah sebelum memasang meta tag sebaiknya teman-teman cari informasi secara lebih mendetail terlebih dahulu apa manfaat meta tag yang bakal di pasang. Namun dari sekian banyak jenis meta tag, yang dapat dikenali oleh mesin pencari dan memiliki pengaruh sangat besar terhadap SEO blog adalah meta Description. 

Meta description wajib anda pasang pada blog karena sebelum membaca isi artikel mesin pencari terlebih dahulu membaca bagian ini. Untuk blogger anda bisa memasang meta Description langsung pada template dan melalui menu pengaturan blogger.

Cara Kelima# Gunakan Dinamic Heading
Dinamic Heading maksudnya adalah ketika pengunjung mengunjungi halaman utama (Home Page) yang jadi H1 adalah judul blog tapi ketika mereka membuka sebuah halaman atau melihat artikel pada halaman lainnya maka judul artikel atau judul halaman yang dibuka berubah menjadi H1. Hal ini sangat mempengaruhi nilai SEO blog, karena H1 dianggap bagian terpenting dari suatu web. Apalagi kalau setiap kali anda membuat artikel  selalu mengoptimasi judulnya dengan sebaik mungkin. Cobalah dan lihat hasilnya.

Cara Keenam# Perbanyak Inbound Link
Inbound link atau link megarah kehalaman lain pada blog/web yang sama. Ini juga merupakan salah satu rahasia meningkatkan SEO yang jarang diketahui, khususnya blogger pemula. Dan banyak yang salah mengartikan kalau inbound link tidak boleh lebih dari 3, padahal semakin banyak semakin bagus. Karena ini membuktikan kalau artikel yang kita buat memiliki keterkaitan atau hubungan erat dengan artikel lainnya, dengan begitu robot google lebih mudah menafsirkan niche atau keyword yang kita bidik.

Bukan hanya itu dengan banyaknya link menuju ke artikel lainnya dalam blog yang sama bisa menurunkan bounce rate blog, dimana bounce rate merupakan salah satu indikator yang dijadikan oleh mesin pencari untuk mengukur berkualitas atau tidaknya sebuah blog di mata pengunjung (Visistor). Dan pastinya semakin ramping angka bounce rate semakin bagus pula kualitas SEO yang dimiliki.

Cara Ketujuh# Tingkatkan Kecepatan Loading Blog
Semakin cepat loading blog semakin bagus untuk SEO, karena blog yang mudah diakses sangat disukai oleh pengunjung dan mesin pencari. Untuk itu sebaiknya jangan terlalu banyak memakai widget yang tidak penting. 

Sebenarnya selain dengan menggunakan 7 CARA MENINGKATKAN SEO BLOGSPOT di atas, masih banyak cara lain yang bisa teman-teman lakukan untuk meningkatan SEO blognya, tapi dengan menerapkan 7 tips di atas admin rasa sudah sangat cukup. Karena hampir semua blog yang Admin kelola menggunakan ini. Dan hasilnya sangat memuaskan. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu teman-teman.....salam dan terima kasih atas waktunya.....

5 komentar untuk "7 CARA EFEKTIF MENINGKATKAN SEO BLOGSPOT (UNTUK PEMULA)"

Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!
Masukkan link pada kotak yang di sediakan...jangan dalam komentar.