Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat dan Tempat Membangun Backlink Berkualitas Tinggi

Cara Membuat dan Tempat Membangun Backlink Berkualitas Tinggi - Dalam artikel ini berisikan info tentang bagaimana cara membuat backlink berkualitas, sekaligus dimana tempat terbaik untuk membangunnya. Info ini tentunya akan sangat berguna buat sahabat, sebab dengan memutuskan menjadi seorang blogger kita harus belajar memahami tentang ilmu SEO, terutama backlink. Dimana seperti yang kita ketahui bersama backlink memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap popularitas sebuah blog atau situs web. Karena itulah setiap orang yang membuat blog, baik itu blog gratisan ataupun berbayar selalu berupaya untuk mencari dan mendapatkan backlink sebanyak-banyaknya.

Daftar Isi

Namun sebelum anda memutuskan membangun backlink (link building), sebagai blogger yang cerdas teman-teman harus bisa membedakan jenis-jenis backlink. Serta mengetahui apa saja fungsi backlink dan manfaatnya bagi blog. Karena tidak semua backlink yang kita buat itu bermanfaat, untuk itulah ada beberapa hal yang mesti diperhatikan saat membuat backlink.

Apa saja yang harus benar-benar anda perhatikan saat membangun atau membuat  backlink agar link juice yang didapatkan lebih power full ?

Cara Membuat dan Tempat Membangun Backlink Berkualitas Tinggi

Sebelum berburu backlink ada dua hal yang harus anda pertimbangkan sebelum membuatnya, pertama kualitas backlink, dengan mendapatkan backlink berkualitas walaupun jumlahnya sedikit efeknya lebih dahsyat di banding ribuan backlink biasa. Kedua, menggunakan cara yang tepat saat membuat atau membagunnya.

Mengapa anda harus memahami dan memperhatikan tata cara membuat (membangun) backlink, alasannya simple. Sesuatu yang berkualitas hanya di hasilkan dengan cara yang tepat, karena itulah dalam kesempatan ini Admin Blog Tips & Trik akan membagikan tutorial lengkap bagaimana cara membuat dan membangun backlink yang berkualitas tinggi untuk blog.

Cara Membuat dan Tempat Membangun Backlink Berkualitas Tinggi Untuk Blog


Dimana tempatnya ? Bagaimana caranya ?, simak baik-baik ulasan di bawah ini.

1. Melalui Web 2.0

Backlink yang dibangun pada web 2.0 sangat efektif dan berkualitas, karena rata-rata jenis blog yang dibuat menggunakan platform 2.0  memiliki Page Authority dan Domain Authority tinggi serta sudah dipercaya oleh hampir semua mesin pencari.

membangun membuat backlink dengan web 2

Untuk membangun backlink menggunakan blog gratisan pakai web 2.0 kita cukup membuat blog/mendaftar. Lalu isilah posting yang berkualitas bagus, dan jangan lupa sisipkan link yang mengarah pada blog utama. Sampai saat ini cara ini masih ampuh dalam mendongkrak pagerank dan meningkatkan kepercayaan mesin pencari pada blog yang mendapatkan backlink. Namun jangan lupa untuk selalu memperhatikan kaidah pemasangan yang tepat agar tidak di anggap spam.

2. Melalui Blogwalking

blogwalking dapat didefinisikan sebagai aktifivitas yang dilakukan seorang blogger untuk mengunjungi blog lainnya. Membangun backlink dengan cara ini adalah cara yang paling gampang untuk dilakukan. Kita cukup mengunjungi blog orang lain dan meninggalkan URL blog/artikel pada web/situs tempat kita berkunjung selesai.

Blogwalking Backlink

Selain mudah ternyata metode pembuatan backlink dengan blogwalking juga memberikan manfaat ganda bagi kita. Apa saja manfaatnya, pertama sudah pasti mendapatkan backlink, kedua membuka peluang datangnya traffik lebih (dari pengunjung/admin blog).

Jika teman-teman termasuk orang yang suka mencari dan membangun backlink dengan metode ini sebaiknya melakukannya dengan benar, beretika dan memakai trik yang tepat agar backlink yang diperoleh bisa maksimal (berkualitas). 

Bagaimana caranya ?

Untuk menghasilkan backlink yang berkualitas  memakai cara ini anda harus memperhatikan beberapa hal berikut.
  1. Carilah situs yang relevan (artikel/niche) dengan blog kita, karena backlink yang dihasilkan pastinya berkualitas dan terlihat natural.
  2. Memiliki posisi yang bagus di SERP (sepuluh besar pencarian), situs web seperti ini biasanya memiliki artikel berbobot.
  3. Memiliki authority tinggi (optional), blog jenis ini lebih dipercaya mesin pencari sehingga apabila kita membangun backlink lebih cepat terindeks.
  4. Adminnya aktif, agar link yang kita tinggalkan segera tampil.
  5. Kalau bisa bersifat Dofollow, backlink dofollow juga dirayapi oleh mesin pencari dan manfaatnya akan langsung terasa dalam waktu singkat.
  6. Memiliki sedikit link keluar.
Setelah anda menemukan situs yang memiliki ciri-ciri (kriteria) diatas maka jangan ragu untuk mulai membuat backlink. Tapi sebelumnya anda harus memperhatikan syarat dan ketentuan pada situs tersebut, jangan melakukan spam.

Jadi, berkomentarlah sesuai dengan topik jangan hanya sekedar basa basi yang tidak jelas. Karena kalau blog tempat anda berkomentar itu terawat bisa dipastikan komentar anda akan di hapus dan dianggap spam sehingga situs anda akan terlihat buruk di mata search engine.

3. Melalui Social Media

Selain berkualitas backlink yang dibuat dan dibangun pada situs media sosial sangat ampuh untuk meningkatkan nilai PA dan DA situs. Bukan hanya itu melalui media sosial kita juga bisa mendapatkan banyak traffik, ini sudah pernah admin buktikan sendiri dalam waktu kurang dari satu jam salah satu blog admin kelola mendapatkan ribuan kunjungan. Dan pastinya visitor real.

backlink sosial media

Sama halnya dengan beberapa cara diatas agar backlink yang teman-teman buat memiliki kualitas tinggi. Dalam pembuatannya harus memakai trik, tempat, dan kaidah yang tepat.

4. Menjadi Guest Blogger (Penulis tamu)

Menjadi guest blogger adalah salah satu cara paling efektif untuk membuat blog jadi terkenal dan populer. Backlink yang dibangun dengan cara ini benar-benar luar biasa dan sangat berkualitas. Karena selain bersifat dofollow,  backlink ini termasuk satu arah sehingga terlihat alami (natural) dan sangat disukai oleh google.

cara membuat membangun backlink dengan guest blogging

Untuk mulai membangun backlink dengan cara guest blogging dan menghasilkan backlink yang berkualitas juga ada beberapa hal yang harus di perhatikan, seperti blog tempat anda menulis harus memiliki pagerank, nilai PA DA, dan traffik tinggi. 

Jika syarat ini sudah terpenuhi agar artikel yang kita buat bisa diterima (dipublikasikan) oleh pemilik situs maka tulislah sebuah artikel yang original (asli) sesuai dengan niche blog, sisipkan satu link mengarah pada situs sobat dan beberapa link menuju ke artikel yang ada pada blog tersebut. Tulisan jangan terlalu pendek minimal 500 kata ditulis sesuai dengan tata bahasa yang baik dan benar.

Tapi jangan terlalu berlebihan.

5. Dokumen Sharing

Mungkin cara membangun backlink pakai metode ini jarang digunakan. Terutama oleh blogger pemula, padahal walaupun bersifat nofollow, backlink jenis ini memiliki kualitas yang sangat bagus untuk mendongkrak rangking situs web yang kita kelola. Bahkan dengan satu dokumen yang kita share (bagikan) mampu menghasilkan ribuan backlink dengan mudah.

Membuat backlink dengan berbagi dokumen

Cara membuatnya gampang kita cukup buat artikel yang menarik, dan lebih bagus lagi kalau dalam bentuk ebook gratis. Pasang beberapa link pada dokumen yang dibagikan mengarah ke situs kita. Setiap kali ada orang membagikan ulang dokumen tersebut anda akan mendapatkan +1 backlink. Bagaiman asik bukan?.

Lima cara di atas adalah cara yang paling powerfull menurut admin dan mudah untuk dilakukan, serta aman dari anggapan spam.

Sebenarnya selain dengan beberapa metode diatas masih banyak lagi cara yang bisa teman-teman gunakan untuk membuat dan membangun backlink berkualitas tinggi seperti Melalui Artikel Direktori, Melalui Forum Signature, Melalui Press Release, dan lain sebagainya.

Untuk penjelasan secara lebih mendetail tentang cara mendapatkan backlink berkualitas nanti Admin akan bahas secara terpisah sesuai dengan pengalaman yang admin miliki.  Jika teman-teman punya pemikiran berbeda, memiliki saran atau masukan berkaitan dengan teknik, strategi atau tips ampuh serta aman untuk membangun backlink sudilah kiranya untuk membagikannya melalui komentar di bawah. Terima kasih...

101 komentar untuk "Cara Membuat dan Tempat Membangun Backlink Berkualitas Tinggi"

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebelumnya saya mohon maaf kepada semua pengunjung blog ini, apabila komentar anda tidak ada kaitannya sama sekali dengan pokok pembahasan atau menyertakan link aktif maupun mati dengan terpaksa Admin menghapusnya.

      Hapus
  2. Pengen coba mencari backlink dengan berbagi dokumen, sepertinya asik tuh mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba saja mas, selain mudah backlink yang dihasilkan juga sangat berkualitas. Apalagi kalau domumennya banyak dibagikan orang...

      Hapus
  3. Selamat siang mas, saya masih pemula. apakah menanam backlink untuk keyword / page artikel yang sama harus setiap hari / cukup sekali saja ?
    dan untuk keamanan, maksimal berapa banyak website / blog orang lain per harinya yang akan kita tanam ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda bisa memasang backlink untuk satu halaman setiap harinya tapi usahakan keyword yang digunakan bervariasi, sebab kalau setiap kali anda memasang backlink pada blog orang lain memakai kata kunci yang sama maka efeknya kurang baik.

      kalau untuk amannya saya pribadi menyarankan cukup 10 backlink perhari....tapi usahakan membangun backlinknya jangan asal....cek dulu kualitasnya...

      Hapus
  4. Dear Admin, bisa minta gambaran / contoh real saat memasang backlink dengan menggunakan keyword? soalnya saya juga sedang belajar seo sendiri dan kurang pengalaman untuk dibidang seo ini. mohon pencerahannya.
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk contoh nyata (gambaran) bagaimana cara memasang backlink menggunakan keyword atau kata kunci anda bisa lihat pada artikel di blog ini, semuanya memakai link menggunakan keyword...

      jika anda masih binggung mungkin gambaran berikut bisa lebih mudah dipahami...

      contoh blog yang anda kelola membahas tentang investasi online. Jadi, anda bisa memasang backlink memakai beberapa variasi kata kunci seperti cara investasi online, investasi online terbaru, dan variasi kata- kunci lainnya...untuk lebih apdol silakan gunakan kata kunci lsi agar aman....

      Semoga dapat di pahami jika masih bingung atau jawaban saya kurang nyambung silakan komen lagi....

      Hapus
  5. saya masih bigung gan hehehe

    BalasHapus
  6. Saya blogger yang mendalami ilmu SEO, saya sangat terkejut ketika melihat poin terakhir.. Hal itu sangat mudah tapi ga terfikirkan dalam kepala.. Karena pada dasarnya, SEO tidak ada ilmu pastinya..

    Terima kasih sudah di izinkan berkomentar disini dan menyimak artikel yang admin buat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama semoga bisa menjadi media belajar kita bersama...salam

      Hapus
  7. Makasih gan .��
    Semoga sukses

    BalasHapus
  8. terima kasih untuk infonya sangat bermanfaat sekali untuk memotivasi menjadi seorang blogger

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, saya sangat bersyukur jika apa yang telah saya tulis disini bisa bermanfaat bagi setiap orang yang berkunjung di blogtipsintrik ini. Dan saya juga mengucapkan terima kasih karena sobat juga sudah meninggalkan jejaknya, semoga sukses

      Hapus
  9. step step nya lengkap ... tapi pengen tau juga contoh contoh nya kayak gmna dari masing masing cara di atas.. trims ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua tips dan trik membangun backlink dengan cara di atas sudah saya tulis secara lebih mendetail dalam artikel yang berbeda, silakan anda explore lagi isi blog ini...karena hampir semua jenis backlink diatas sudah saya bahas dari bagaimana langkah-langkah membuat dan dimana tempatnya.....

      atau anda juga bisa mengetikkan kata kunci tips dan trik membangun backlink secara lebih spesifik misalnya strategi buat backlink tumblr, Google drive, Google Plus, atau jenis backlink lainnya melalui mesin pencari...semoga bisa membantu. Jika masih ada kendala jangan sungkan untuk berkomentar lagi...terima kasih

      Hapus
  10. Mantap kang sangat bermanfaat. tapi klo bisa dipaparkan seburuk apakah effek dari ngebacklink yang salah yah >???
    makasi kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, baiklah terima kasih atas idenya. Tapi harap bersabar sebab saat ini saya sedang ada pekerjaan yang sangat menguras waktu jadi, belum bisa menulis dan update posting di blog ini.

      Tapi saya janji setelah pekerjaan yang saya tangani saat ini kelar saya akan menuliskannya spesial buat anda...Terima kasih. Salam sukses

      Hapus
  11. Dear admin, mungkin pertanyaan saya sama dengan pertanyaan ( souvernir promo ) . Bisakah diberi gambar contoh cara menanam backlink web/blog saya ke website besar . Mohon bisa diperjelas dengan tata cara gambar untuk proses nya . Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agar saya dapat memberikan jawaban (bantuan) seperti yang anda harapkan, silakan anda tulis dengan lebih jelas ingin minta panduan dalam bentuk gambar "cara menanam backlink dimana ?" supaya saya dapat lebih mudah membuatkannya, terima kasih....

      Hapus
  12. Maaf mas saya mau bertanya.
    Untuk membuat backlink dari facebook caranya bagaimana mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tips membuat backlink di facebook yang sering saya gunakan adalah

      1. menambahkan alamat web di kontak (akun facebook & Fanspage)
      2. Menggunakan catatan pada fanspage, ini yang lebih sering saya pribadi gunakan.

      Semoga bisa dimengerti.

      Hapus
    2. Membangun backlink atau istilahnya mendapatkan backlink caranya memang ada banyak. Ada sejumlah langkah yang sudah dibagikan diatas. Aku sangat yakni sebagian dari kita belum menerapkan semua cara yang dibagikan diatas. Mungkin baru satu atau dua atau beberapa saja. Dengan langkah - langkah ini, maka sangat membantu memberikan arahan kepada kita yang selama ini sedang membangun backlink

      Hapus
  13. Makasih mass,,Sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, semoga masnya juga selalu sukses. Terima kasih juga telah berkunjung dan berkenan meninggalkan komen

      Hapus
    2. terima kasih,saya mau tanya jika kita kirm status isinya artikel kita ,apakag itu merupakan backlink untuk kita

      Hapus
    3. Maksudnya kirim status di mana ? Sosmed atau guest post.

      Hapus
  14. yang paling aman dan berkualitas lewat mana ya gan?
    minta rekomendasinya ya
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau backlink yang paling berkualitas dan pasti aman adalah backlink yang diberikan oleh blogger lain secara sukarela, dan linknya berupa teks yang terdapat di dalam artikel.

      Jika dapat backlink jenis ini walaupun jumahnya cuma satu, khasiatnya luar biasa bahkan bisa lebih bagus dari ratusan backlink.

      Apalagi blog yang memberi backlink tersebut sudah memiliki nilai DA dan Pa tinggi.

      Hapus
  15. Susah gan kalau dapet backlink suka rela dari orang lain, mendingan kita tanam sendiri yang penting tanamnya ke backlink yang berkualitas juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju, asal masih sesuai dengan aturan. Tapi jangan sampai ketahuan, bisa menyebabkan blog yang dapat backlink kena deindeks.

      Hapus
  16. kalau backlink pada saat meninggalkan pesan bagus apa ga mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung dimana anda meninggalkannya. kalau anda berkomentar di blog yang memiliki niche sama dan memiliki DA PA tinggi bagus.

      Hapus
  17. Terkadang susahnya adalah konsistensi untuk membangun backlink. kadang banyak malasnya. kira2 gmana ya biar motivasinya ada terus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jalankan saja aktivitas ngeblognya dengan senang hati, ngak usah terlalu terpaku dengan backlink. Sebab backlink itu hanya faktor pendukung saja.

      Hapus
  18. Apakah backlink yang sdah kita buat bisa hilang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa gan, ini di pengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu yang paling sering adalah backlink yang telah kita tanam di hapus oleh pemiliknya.

      Hapus
  19. Cara buat backlink yang bagus sekali.

    BalasHapus
  20. artikelnya sangat membantu buat pemula seperti saya, terimakasih banyak bos.

    BalasHapus
  21. saya udh pasang backlink setiap malam gan, kenanpa masih belum di posisi halaman utama, apa terlalu banyak backlink, atau gimana y gan Mohon Bantunnya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk bisa muncul di halaman utama itu di pengaruhi banyak faktor gan. Tapi menurut pengalaman saya pribadi, backlink itu hanya pendukung. Banyaknya jumlah backlink tidak serta merta bisa mendongkrak posisi web/artikel di serp. Apalagi cara dan tempat menanamnya salah, malah bisa berabe.

      Jadi jika ingin muncul di page one sebenarnya kuncinya simple, tulis saja artikel yang berisikan informasi yang bermanfaat, sesuai dengan pengetahuan kita ditulis dengan teknik yang benar.

      Seperti bagaimana dan dimana meletakkan kata kunci, dan usahakan artikel yang sobat buat lebih utuh dan lengkap daripada artikel lain yang ada di page one.

      Buatlah artikel seoriginal mungkin, dan hal ini sudah saya praktekkan pada blog ini. Banyak artikel dari blogtipsintrik[dot]com, mampu bersaing di page one bahkan tanpa backlink.

      Hapus
  22. Thanks Tutorialnya, ini sangat bermanfaat

    BalasHapus
  23. Tutorialnya keren dan sangat membantu, terimakasih

    BalasHapus
  24. Bahasannya dapat di mengerti dan bisa langsung praktek,kebetulan sekali saya sedang memburu backlink pas mampir kesini ada panduaanya,nanti saya obrak abrik blog ini he he...ok min makasih bangeut dan salam kenal aja

    BalasHapus
  25. Min saya blum paham soal backlink,soalnya baru 1 minggu saya belajar ngeblog itu kalau blog gak ada backlink akan berdampak buruk gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak, berdasarkan pengalaman blog tanpa backlink juga bisa bersaing dengan blog yang sudah memiliki ribuan backlink di serp. Apalagi sekarang yang lebih di utamakan oleh semua mesin pencari itu kualitas artikel bukan jumlah backlink. Jadi santai aja.

      Hapus
  26. Melalui Web 2.0 itu masih work ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih, asalkan diperlakukan seperti blog utama atau money site.

      Hapus
  27. menurut saya caranya kurang sreg gan, kasih referensi g2 kmana haruscari backlink yg mudah

    BalasHapus
  28. mas mau tanya, sebelumnya saya pernah punya blog yang udah tld, dn traffik udah banyak nah waktu itu lupa gak perpanjang domain sampai domain kena lelang, setelah ganti domain apakah backlink yang semula nyantol ke domain lama yang gak bisa ane perpanjang, apakah kembali bisa nyantol ke domain baru saya?

    Salam kenal mas

    BalasHapus
  29. terimakasih pelajarannya semoga bisa manfaat buat yg saya pribadi dan orang lain trim.ss

    BalasHapus
  30. ada pertanyaan untuk backlink yang ke home mas,,,ketika saya menulis di kompasiana, saya tidak mencarikan backlink untuk artikel yang saya tulis di sana, tapi kok bisa menang di mesin pencari ya mas, atau mungkin backlink ke home lebih bagus, tapi untuk backlink ke link artikel itu bagus untuk mempertahankan posisi atau bagaimana mas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Artikel bisa menang di mesin pencari bukan semata-mata karena backlink, tapi lebih pada kualitas artikel. Jadi jika artikel saudara bisa menang di serp itu artinya kualitas artikelnya bagus.

      Backlink ke Home itu bagus buat meningkatkan DA, tapi menurut saya kurang optimal. Sebab jika kita selalu update artikel maka artikel yang ada di homepage atau halaman depan terus berubah-ubah, sehingga backlink yang di dapat kurang relevan.

      Sedangkan backlink ke artikel tujuannya untuk memperkuat posisi artikel yang di kasih backlink di serp supaya tidak goyah. Dan banyak yang berpendapat backlink jenis ini lebih bagus. Terima kasih.

      Hapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  32. Menurut admin jenis backlink apa yang pertama di pilih untuk blog baru...??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau untuk blog yang masih baru (sekitar dua mingguan) cukup share aja ke sosmed, dan jangan dulu di kasih backlink agar google tidak curiga. Nanti setelah umurnya sudah lumayan sekitar satu bulanan baru di kasih backlink dari artikel sejenis kalau bisa link kontekstual.

      Hapus
  33. Kira - kira bermasalah gak kalau kita share ke Facebook ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malah bagus gan, selain bisa membuat artikel lebih cepat terindeks dengan membagikan artikel yang kita tulis ke facebook bisa menjadi salah satu sumber traffik tambahan untuk blog. Tapi tetap harus dilakukan dengan cara yang benar, jangan sampai di anggap spam. Terima kasih.

      Hapus
  34. Mkasih Gan Informasinya..
    Mntab.,:):)

    BalasHapus
  35. Apa g akan jadi masalah kalo membuat artikel di blog gratisan hanya untuk membuat backlink ke blog utama,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak asal, menggunakan teknik yang benar.

      Hapus
  36. maaf gan, apa ada cara lihat brapa banyak backlink yg sudah kita buat? trimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika yang agan maksud sudah berapa banyak jumlah backlink yang terindeks, sebelumnya saya sudah membuat panduan bagaimana cara mengetahuinya silakan agan search dengan kata kunci "cara melihat backlink google" atau "cara melihat backlink google webmaster".

      Panduan tersebut saya bagikan untuk teman-teman yang ingin mengetahui sudah berapa banyak jumlah backlink yang terdeteksi oleh google webmaster, bukan hanya itu dalam tutorial tersebut saya juga membagikan tips bagaimana cara mendownload list backlink yang sudah sobat dapatkan untuk di cek kualitasnya.

      Dan masih banyak lagi tools yang ada di internet yang bisa sobat pergunakan untuk mengecek jumlah backlink yang sudah di dapatkan. Diantaranya Ahrefs, dmoz, Majestic SEO, dan tools lainnya.

      Hapus
  37. ini juga termasuk baacklink kan?

    BalasHapus
  38. Salam kenal,
    Terima kasih atas keterangan serta coment-coment yang bagus. Akan saya coba terapkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga mas akbar, dan terima kasih atas waktunya untuk berkunjung di blog sederhana ini.

      Hapus
  39. Terima kasih atas wejangannya... ternyata susah jg ya untuk bikin blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mbak Novi. Menurut saya kalau bikin blog itu sangat mudah, yang susah itu mengelolanya.

      Terima kasih.

      Hapus
  40. Ya maksud saya itu, udah terhubung dg semua tp indeks nya belum maksimal.
    Trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar aja mbak, semua butuh proses. Tapi sebaiknya mbak melakukan langkah-langkah yang efektif untuk mempercepat dan memaksimalkan indeks backlink dan blog yang mbak kelola.

      Sudah banyak kok blogger sebelah yang ngebahas, tapi jika tips dan trik yang mereka bagikan menurut mbak Novi masih kurang afdol, nanti saya buatkan deh panduannya.

      Tapi harap bersabar ya.

      Terima kasih kembali.

      Hapus
  41. terima kasih penjelasannya, sangat membantu dan bermanfaat, sukses selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pak setuju biar kelihatan nnyambung heheheheh

      Hapus
  42. Maaf Mas, Saya Baru dalam masalah Backlink yang Berkualitas. Misalnya Mas, Backlink seperti yang saya lakukan pada Komentar Postingan ini sudah benar atau belum?
    Kalaupun belum benar Mohon sarannya, link dihapus tidak apa-apa Mas, Mohon penjelasannya. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara yang agan terapkan sudah benar, tapi saran saya Anchor text yang sobat pakai jangan di gunakan dalam setiap komentar. Maksudnya beda blog anchor textnya juga berbeda.

      Hanya itu saja, semoga bermanfaat.

      Hapus
  43. memang butuh kesabran dan sering yang luas untuk mendafatkan becklink berkualitas, apakah becklink terlalu banyak bisa menghasil baik atau brurk?????

    BalasHapus
  44. maaf mas mau nanya , kalau membuat backlink do follow gmn ya ? maaf saya baru mulai belajar mengenai backlink jadi terkadang bingung,,, mohon pencerahaannya

    BalasHapus
  45. maaf mas, kalo misalkan kita pasang banner di blog orang dengan mengaitkan link aktip blog kita, apa itu termasuk tanam backling juga? atau itu di sebut numpang iklan aja> terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut pendapat saya, termasuk backlink.

      Hapus
  46. semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu saya untuk menanam backlink dengan benar :)
    trimakasih mass..
    tapi saya mau nanya...
    apakah backlink dapat mengakibatkan web menjadi buruk ??



    Terimakasih mass!! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jawabannya bisa ya, bisa juga ngak. Buruk kalau di lakukan secara berlebihan (membabi buta, seperti menggunakan sofware pembuat backlink) dan menggunakan cara yang salah.

      tapi sangat bermanfaat, jika dilakukan dengan cara yang tepat dan prosi yang sesuai.

      Hapus
  47. Postingan yang sangat membantu Gan, Sangat bermanfaat bagi pemula seperti saya, salam kenal

    BalasHapus
  48. Masih bingung soal backlink, ada artikel yg bilang kalau kita rajin blog walking komen yang sesuai dengan topik artikel maka itu dapat backlink yang baik, ada yg bilang harus memasukkan link aktif pada komentar, alhasil kena spam, jadi bingung . Mohon petunjuknya mas supaya bisa terang benderang soal backlink ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk tata cara mendapatkan backlink melalui blogwalking atau berkomentar di blog lain agan harus paham terlebih dahulu aturan yang di tetapkan oleh situs tersebut.

      Jadi sebelum berkomentar, ada baiknya baca dulu artiklenya, baca rule komen yang di buat pengelola, dan lihat-lihat dulu komentar yang sudah di approve sebelumnya.

      Jika ketiga hal tersebut sudah agan pahami, menurut saya tidak akan di anggap spam.

      Untuk info selengkapnya mengenai cara membuat backlink melalui blogwalking, silakan agan baca artikel yang sudah pernah saya publikasikan di situs ini.

      Terima kasih, semoga membantu.

      Hapus
  49. Kira-kira caranya ini masih berlaku ga ya gan utk tahun 2018? ane sih lebih selektif skrg kalau cari backlink

    BalasHapus
  50. Informasi yg sedang saya cari. thanks

    BalasHapus
  51. gan maaf mau tanya, kalau bikin backlink apa harus pakai dofollow? saya masih baru di dunia perbacklink an, dan ada request buat pembuatan artikel yang mengarah ke situsnya dia. dan apa ada pengaruhnya antara backlink dan adsense? semisalnya konten dari web itu ada yang di larang oleh google adsense. mohon bantuannya gan

    BalasHapus

Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!
Masukkan link pada kotak yang di sediakan...jangan dalam komentar.