Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

CARA MELAKUKAN REDIRECT 301 (PENGALIHAN URL PERMANEN) PADA BLOGGER

Cara melakukan redirect 301 (pengalihan url secara permanen) pada blogger atau blogspot - Redirect 301 merupakan salah satu solusi yang tepat untuk meningkatkan link juice pada blog yang kita kelola. Hal ini perlu di lakukan apabila suatu waktu anda mengedit judul artikel yang lama sehingga urlnya berubah, terhapus, terjadi kerusakan (link eror), atau pindah hosting. Mengapa karena apabila masalah di atas  terjadi maka setiap kali pengunjung mengklik url tersebut maka mereka akan menemukan pesan halaman tidak di temukan (errors 404-page not found), hal ini tentunya memiliki dampak yang kurang baik terhadap kinerja blog. 

Diantaranya dapat membuat nilai bounce rate membengkak, berkurangnya kepercayaan mesin pencari, dan lain sebagainya. Dan secara tidak langsung performa blog akan semakin berkurang dan bisa menyebabkan posisi web menjadi turun bahkan hilang dari SERP. Sehingga dapat mempengaruhi trafik, dan membuat nilai backlink menjadi sia-sia. Selain itu, masalah ini juga dapat menyebabkan blog lain yang memberikan backlink ke situs kita juga akan mengalami errors.

Untuk itulah anda perlu melakukan suatu tindakan yang dapat mengatasi permasalahan crawl errors atau page not found ini secara permanen. Agar backlink yang telah di dapatkan tidak hilang (sia-sia). Dengan cara melakukan 301 Redirect.

Menggunakan redirect 301 ini penting untuk dilakukan karena memiliki manfaat yang sangat bagus untuk SEO blog. Diantaranya adalah dengan menggunakan perintah redirect 301 atau melakukan pengalihan url secara permanen kita memberitahukan pada mesin pencari dan pengunjung bahwa alamat yang di cari sudah dipindahkan ke lokasi yang baru. Sehingga semua kredit yang telah di dapatkan atau mengarah kelamat (URL) lama akan di pindahkan ke alamat yang baru.

Contoh 301 redirect
Pengunjung mengklik url https://blogtipsintrik.blogspot.com/2017/02/cara-melakukan-redirect-301.html saat dibuka ternyata ada pemberitahuan halaman tidak ditemukan atau error 404 sehingga harus dialihkan ke alamat yang sebenarnya https://blogtipsintrik.blogspot.com/2017/02/cara-melakukan-redirect-301-pengalihan.html

Lalu bagaimana caranya agar setiap kali visitor mengklik link pertama (link error) tapi yang di buka atau di tampilkan link yang berbeda/halaman sebenarnya. Berikut langkah-langkahnya:

Cara Melakukan Redirect 301 (Pengalihan URL Permanen) Pada Blogger/Blogspot


Untuk melakukan pengalihan secara permanen dari alamat lama (errors) ke alamat yang baru halaman yang sebenarnya pada blogger. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Pertama silakan teman-teman Login ke Blogger
2. Pada bilah sebelah kiri dashboard blooger Pilih menu Setelan
3. Pilih Preferensi Penelusuran
4. Lihat bagian kesalahan dan pengalihan
5. Pada menu Pengalihan Khusus dan klik "Edit"

cara-melakukan-redirect-301-pada-blogger-blogtipsintrik

6. Setelah itu klik tombol pengalihan baru

cara-melakukan-redirect-301-baru-pada-blogger-blogtipsintrik

7. Setelah itu akan muncul 2 kolom yang bertuliskan Dari dan Kepada.
8. Masukkan Url error (lama) yang akan dialihkan di kolom "dari" , dan masukan Url sebenarnya (baru) yang merupakan tujuan pada kolom "kepada"

Untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini ,

cara-melakukan-redirect-301-pada-blogger

9. Url yang dimasukkan tidak perlu semuanya, misalnya Url errors (lama) untuk kolom "Dari" :
https://blogtipsintrik.blogspot.com/2017/02/cara-melakukan-redirect-301.html  cukup masukan seperti /2017/02/cara-melakukan-redirect-301.html  saja

dan untuk kolom "Kepada" Url baru   https://blogtipsintrik.blogspot.com/2017/02/cara-melakukan-redirect-301-pengalihan.html cukup masukan seperti /2017/02/cara-melakukan-redirect-301-pengalihan.html

Jadi tidak perlu menambahkan  https://blogtipsintrik.blogspot.com lagi karena sudah otomatis terbaca di kolom tersebut.

10. Centang kolom Permanen, kemudian klik simpan atau simpan perubahan dan selesai.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas maka setiap kali pengunjung mengklik url lama mereka akan di bawa kehalaman yang di rujuk oleh url baru. Sehingga tidak ada lagi error 404 atau pemberitahuan halaman tidak di temukan yang bakal terjadi pada blog yang teman-teman kelola dan tentunya dengan cara ini kinerja blog akan semakin optimal. Semua backlink yang mengarah pada halaman lama tidak akan hilang.

Demikian tutorial singkat cara melakukan redirect 301 (pengalihan URL Permanen) pada blogger semoga dapat memberikan manfaat untuk teman-teman sekalian, salam sukses.

7 komentar untuk "CARA MELAKUKAN REDIRECT 301 (PENGALIHAN URL PERMANEN) PADA BLOGGER"

  1. bagaiman caranya kalau hal ini di lakukan untuk wordpress

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pada blog wp silakan agan gunakan plugin aja, jika jumlahnya sedikit bisa pakai redirection atau kalau jumlahnya ada ratusan bahkan ribuan saya rekomendasikan gunakan plugin all 404 redirect.

      Hapus
  2. Klo udh di custom jadi TLD juga sama gan caranya? Domain utamanya ga usah di ikutin ya langsung url aja?

    BalasHapus
  3. Thanks gan informasinya sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  4. saya baru saja melakukan pengalihan tersebut tetapi tidak muncul atau pengunjung tidak dialihkan. butuh waktu berapa lama agar proses ini terlaksana

    BalasHapus

Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!
Masukkan link pada kotak yang di sediakan...jangan dalam komentar.