Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Daftar dan Verifikasi Blog Di Bing Webmaster Tools ?

Bagaimana Cara Daftar dan Verifikasi Blog Di Bing Webmaster Tools ? - Untuk mengoptimalkan kinerja blog, terutama dalam hal mendatangkan traffik dari mesin pencari sebagai seorang blogger merupakan suatu kewajiban bagi kita memperkenalkan situs yang di kelola pada search engine agar posting web lebih mudah tampil pada hasil pencarian.

Selain mendaftarkan blog pada google webmaster tools yang di miliki rajanya mesin pencari dan memverifikasi blog di yandex webmaster. Agar peluang blog terkenal menjadi lebih besar maka sebaiknya kita juga mendaftarkan dan memverifikasi blog di bing

Mengapa ?

Karena dengan mendaftar serta melakukan verifikasi kepemilikan situs pada bing. Kita dapat lebih mudah mengontrol dan memonitor kinerja web yang kita kelola. Selain itu bing merupakan salah satu saingan terberat google search engine, serta di indonesia banyak juga pengguna internet yang melakukan penjelajahan atau pencarian informasi menggunakan bing. Bukan hanya itu bing juga sangat bagus dalam hal SEO, sebab bing dimiliki oleh salah satu perusahaan terkemuka yaitu Microsoft. Dan merupakan gabungan dari tiga mesin pencari terkenal yaitu Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search yang mulai diperkenalkan ke khalayak umum sejak Mei 2009.

Karena beberapa alasan di atas, walaupun bing masih kalah populer atau kalah bersaing dengan google search. Sebagai salah satu usaha untuk meningkatkan SEO dan membuka peluang blog lebih sering muncul pada hasil pencarian. Tidak ada salahnya teman-teman juga mendaftarkan atau mensubmit blog yang di miliki pada bing webmaster dan melakukan verifikasi kepemilikan situs. Siapa tau dengan cara ini blog/web/situs kita jadi lebih mudah terkenal dan menjaring banyak traffik.

Namun untuk bisa mensubmit situs pada bing webmaster kita diwajibkan untuk memiliki akun email microsoft, seperti Hotmail atau Outlook. Jadi, jika teman-teman belum memilikinya silakan buat dulu. Agar lebih mudah bagaimana cara membuat akun microsoft teman-teman bisa tonton video tutorial membuat email hotmail berikut: 


Setelah selesai membuat akun hotmail langkah selanjutnya untuk submit URL website/blog di bing webmaster tools, silahkan ikuti langkah-langkah mendaftar dibawah ini :

Bagaimana Cara Daftar atau Submit Blog Di Bing Webmaster Tools Terbaru


Agar lebih gampang atau mudah sebaiknya anda login terlebih dahulu ke akun microsoft (Email Hotmail). Setelah anda berhasil login atau dalam keadaan login untuk mendaftarkan situs langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Buka tab baru, Kunjungi halaman bing webmaster atau langsung saja klik https://www.bing.com/toolbox/webmaster
  2. Klik tombol sign in. Jika belum mempunyai account microsoft silahkan klik sign up.
  3. Kemudian anda akan diarahkan ke halaman bing webmaster tools. Lalu masukkan URL/alamat blog/web/situs/website yang ingin di daftarkan pada kotak  yang disediakan. 
  4. Klik add disebelah kanan kotak isian.


  5. Setelah itu anda akan dialihkan kehalaman pengisian formulir pendaftaran, isilah data-data yang diminta dengan benar. 
Note: Kotak yang diberi tanda bintang adalah data yang wajib anda isi. 

Keterangan Cara Pengisian Formulir Pendaftaran Bing Webmaster
  • URL : Biasanya bagian ini sudah terisi secara otomatis akan tetapi apabila kolom ini kosong silakan Isi dengan URL situs anda,
  • Add a sitemap : Masukan url sitemap situs anda.
    Contoh url sitemap blog:
    https:// blogtipsintrik.blogspot.com /sitemap.xml
    https://blogtipsintrik.blogspot.com/feeds/posts/default?redirect=false
    https://blogtipsintrik.blogspot.com/feeds/posts/default.
  • Silakan pilih salah satu, yang lainnya dapat kita tambahkan nanti. Penting ganti blogtipsintrik.blogspot.com dengan nama blog atau siitus milik anda.
  • When do you receive the most traffict to this site for your local time of the day ? Pilih saja All day (Default)
ABOUT ME
Fist name : Isi dengan nama depan anda.
Last name : Isi dengan nama belakang anda.
Email : bagian ini biasanya sudah otomatis terisi, namun apabila kotak isiannya masih kosong silakan teman-teman Isi dengan alamat email microsoft yang anda buat tadi. 
Job rule : Isi dengan pekerjaan anda atau bisa di kosongkan karena tidak begitu penting.
Company or organization name : Isi dengan nama perusahaan atau organisasi anda, kalau admin biasanya mengisi dengan nama situs.
Company or organization size : Isi dengan ukuran perusahaan atau organisasi anda. Jika tidak ada, tulis saja “none”.
Industry : Pilih kategori situs atau blog anda. Misalnya blog anda tentang perawatan kesehatan, maka pilih Health Care. Jika tidak ada yang sesuai klik other, atau bisa di kosongkan.
Contact phone : Masukan nomor handphone anda disini. Admin biasa melewati kotak ini, karena kurang penting.
City : Tuliskan kota atau kabupaten anda tinggal.
State/Province : Nama provinsi anda tinggal.
Zip/Postal code : Isi dengan kode pos daerah anda.
Country or Region : Nama negara anda. Saya harap anda tahu apa nama negara anda.
I am a agency, not a site owner : Ceklist jika anda bukan pemilik situs. Jika anda pemilik situs tersebut, silahkan biarkan saja.index search engine bing, alat webmaster bing, craws bing, membuat sitemap bing
Yes, I would like to receive bing webmaster communication : Ceklist untuk mendapatkan informasi terbaru dari pihak bing seputar tips-tips dan penawaran.
How often would you like to receive message about yoyr site (s)’ issues? : Silahkan tentukan waktu penerimaan pesan tentang situs anda. Apakah daily (harian), weekly (mingguan), monthly (bulanan).

ALERT PREFERENCE  
Silahkan ceklist semua kotak isian yang berada dibawahnya, biasanya kita tidak perlu repot-repot lagi karena bagian ini sudah tercentang semua.

Setelah yakin semua data sudah di sisi khususnya data yang bertanda bintang, langkah selanjutnya Klik tombol SAVE yang berada di sebelah kanan bawah untuk menyimpan semua data-data yang telah diisikan. 

Sampai pada tahap ini proses pendaftaran situs telah selesai, namun agar blog yang kita submit dapat segera di rayapi robot mesin pencari bing kita harus melakukan verifikasi terlebih dahulu. Caranya adalah sebagai berikut:

Bagaimana Cara Memverifikasi Kepemilikan Situs/Blog Di Bing Webmaster Tools


Setelah di save anda akan diarahkan atau di bawa kehalaman verifikasi kepemilikan situs. Di sini teman-teman akan menemukan tiga pilhan verifkasi yaitu: , yaitu Place an XML file on your web server, Copy and paste a <meta> tag in your default webpage, dan Add CNAME record to DNS.

Agar proses verifikasi dapat lebih mudah dilakukan admin menggunakan metode yang kedua : Copy and paste a <meta> tag in your default webpage. Cara pemasangannya adalah sebagai berikut:

    Langkah-langkah memasang kode verifikasi bing pada blog
    1. Copy kode Meta Tag seperti yang diberi tanda kotak merah pada gambar diatas, 
    2. Login ke blogger
    3. Klik menu Template
    4. Edit HTML
    5. Lalu tempelkan atau pastekan kode verifikasi yang teman-teman copy tepat di bawah <head>. Setelah yakin sudah terpasang dengan baik, klik simpan template.
    6. Akses Kembali halaman Verify ownership bing webmaster, scrool ke bawah kemudian klik tombol Verify, tunggu proses verifikasi berlansung beberapa detik, jika berhasil maka akan terbuka halaman Dashboard. Seperti gambar di bawah ini.

    Jika proses verifikasi kepemilikan situs gagal coba anda ulangi lagi dari awal, mungkin ada salah satu langkah atau data yang tidak valid.

    Demikianlah panduan singkat yang bisa admin tulis tentang Bagaimana Cara Daftar dan Verifikasi Blog Di Bing Webmaster Tools. Jika teman-teman ada masalah atau masih ada yang kurang jelas silakan tanyakan pada kotak komentar di bawah. Terima kasih, selamat mencoba.....

    34 komentar untuk "Bagaimana Cara Daftar dan Verifikasi Blog Di Bing Webmaster Tools ?"

    1. Wah amat bermanfaat perkongsiannya. Terima kasih

      BalasHapus
    2. Terimah kasih.ini info yang jelas bagi pemula

      BalasHapus
    3. thanks bro baru aja daftar lewat petunjuk blog ini. followback Jendral Kancil

      BalasHapus
      Balasan
      1. Terima kasih atas kunjungannya, masalah followback ngak usah khawatir sebab siapapun yang memfollow pasti akan saya followback....salam

        Hapus
    4. Mau tanya mas kenapa kirim peta situs di bing keterangannya tertunda

      BalasHapus
      Balasan
      1. Memang kalau baru saja dikirim statusnya tertunda, itu bukan hanya di bing tapi google webmaster juga demikian. Biasanya hal ini terjadi kalau blog baru saja dibuat.....berdasarkan pengalaman status tertunda atau pending pada bing webmaster itu hanya beberapa jam saja...paling lama satu hari..kalau sudah di submit tidak ada pesan errors enjoy aja..nanti juga keindeks terima kasih.

        Hapus
    5. Maaf mas saya mau bertanya.
      Saya dulu kan sudah memverifikasi blog saya di Bing, Nah apakah saya boleh memferifikasi lagi atau tidak mas?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Kalau urlnya belum berubah (di custom), gunakan saja kode yang pernah di gunakan untuk verifikasi dulu. Tapi jika mas ingin memverifikasi ulang blognya dengan menggunakan email yang berbeda, ngak masalah tapi kode verifikasi yang lama harus dihapus..semoga membantu.

        Hapus
    6. Thank q, sangat berguna informasi di atas. Dan akhirnya aku pun bisa masuk kembali dan juga bisa verifikasi di bing webmaster

      BalasHapus
    7. terimakasih atas panduannya...dari awal sampai akhir saya mengikuti kiat-kiatnya bos...dan berhasil...trus update lagi bos.

      BalasHapus
    8. Apa blog kita udh bisa lanhsung dimoderasi oleh bing?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Ia gan, setelah kita daftarkan dan verifikasi situs/web/blog ke bing. Saat itu juga bing mulai bekerja.

        Hapus
    9. terima kasih gan akhir berhasil juga nih berkat bantuan dari agan sitemap di bing master sudah bisa terkirim

      BalasHapus
      Balasan
      1. Sama-sama, terima kasih juga atas kunjungannya.

        Hapus
    10. MAKASIH YA MAS ARTIKEL INI YANG SAYA CARI SELAMA INI.. MANTAAP.. SALAM DARI WANDDE

      BalasHapus
    11. gan bing gratis atau bayar kayak alexa!!??

      BalasHapus
    12. Balasan
      1. Tunggu aja, jika dalam waktu beberapa hari masih belum ada url yang di index oleh bing. Coba submit ulang, tapi biasanya sih tidak ada masalah.

        Hapus
    13. thanks gan, ilmu gue jadi tajam. (mengasah ilmu yang lama menjadi tumpul) tapi gue pake wodpress untuk websitenya karna ane suka yang rumit :D sukses terus gan

      BalasHapus
      Balasan
      1. Malah menurut saya WP jauh lebih simple gan, sebab semuanya sudah pakai plugin. Selain mengelola Blogspot ane juga punya puluhan blog yang menggunakan wp self host. Karna itulah saya bilang mengelola blog wp lebih enak, tidak perlu paham kode segala.

        So, terima kasih atas kunjungannya.

        Hapus
    14. Terima kasih, sangat membantu. Sudah lama punya blog tapi nulis-nulis aja. Nah, setelah terverifikasi, muncul dasbord, selanjutnya gimana?

      BalasHapus
      Balasan
      1. Setelah blog mbak sukses di verifikasi dan selesai submit sitemap, sebaiknya mbak maksimalkan semua menu yang ada di dashbord. Terutama fitur perayapan, hampir sama dengan penggunan GWT.

        Jika ada yang masih kurang jelas silakan tanyakan lagi, dengan pertanyaan yang lebih spesiifik. Supaya saya bisa menjawabnya secara rinci, dan kalau jawabannya panjang. Nanti saya bakal tuliskan artikelnya..Terima kasih

        Hapus
    15. mau tanya master sya klo buat akun bing slalu gk bsa?.padahal sdh sya bdakan sesuai ptunjuk tpi gk the next.mohon buatkn contoh....pda awalan

      BalasHapus
      Balasan
      1. Saya rasa petunjuk verifikasi Bing di atas sudah sangat jelas dan lengkap banget gan, selain dilengkapi gambar juga telah saya sediakan video tutorialnya. Jadi kemungkinan gagal sangat kecil...coba agan ulangi lagi step by stepnya jgn ada yang kelewat.

        Terima kasih

        Hapus
    16. Trims, tutorialnya berhasil, hanya saja statussnya masih "menunggu keputusan" dari bing.

      BalasHapus
    17. kok tidak bisa addsite kenapa yah pada hal sudah saya isi semuanya sesuai yang agan tulis di artikel ini

      BalasHapus
    18. thanks gan, veri vikasi yang cnem nya gagal gmana hu

      BalasHapus
      Balasan
      1. Cukup gunakan salah satu metode yang di tawarkan saja mbak. dan pilih yang paling gampang.

        Kalau untuk blogspot gunakan verifikasi meta, dan kalau mbak menggunakan wordpress self host. Bisa pilih verifikasi meta dan xml.

        Kalau untuk verifikasi menggunakan cname saya belum pernah coba, jadi belum bisa kasih solusi.

        Terima kasih.

        Hapus
    19. Kang punyaku sudah sukses sitemap daftar tanggal 15 Mei 2019, akan tetapi blog saya belum ada ketika di cari di bing sampai saat ini. kenapa kang? ea kang emailku 1 ada empat blog dan 1 blog sudah ter index di bing saya belum mersa mendaftarkan ke bing ko sudah ada di pencarian bing. apakah 1 email masih boleh buat daftar bing lebih dari 1 blog? Terimakasih Kang.

      BalasHapus
      Balasan
      1. Masih boleh kang, saya sendiri memverifikasi 10 blog menggunakan satu email hotmail saja. dan alhamdulillah semuanya terindeks dengan baik, walaupun hasil pengindeksannya jauh lebih sedikit dari google...

        Terima kasih juga atas kunjungannya.

        Hapus

    Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
    Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
    Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!
    Masukkan link pada kotak yang di sediakan...jangan dalam komentar.