Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Cara Mendapatkan Backlink Youtube Berkualitas Tinggi

3 Cara Mendapatkan Backlink Youtube Berkualitas Tinggi - Memiliki banyak backlink merupakan salah satu trik untuk meningkatkan SEO blog dan kepercayaan mesin pencari pada situs web. Walaupun demikian membuat dan membangun backlink butuh perhitungan matang. Seperti yang telah di bahas pada artikel sebelumnya, sebelum kita memutuskan buat backlink sebaiknya selalu memperhatikan ciri-cirinya terlebih dahulu. Apakah backlink yang akan dibangun nantinya berkualitas atau tidak. Sebab kalau BL yang didapat tidak begitu berarti, sebaiknya cari tempat membuat backlink lainnya.

Dengan melihat dan mempertimbangkan beberapa kriteria yang dimiliki, youtube bisa dikatakan sebagai salah satu lahan yang empuk untuk mendapatkan backlink. Jadi sebaiknya sebagai blogger yang aktif di dunia blogging dan suka mencari/berburu backlink teman-teman bisa memaksimalkan dan mengoptimalkan kinerja blog dengan memberikan suntikan backlink dari youtube.

Cara membangun backlink dengan youtube

Backlink Youtube sangat powerfull dalam mendongkrak posisi blog di SERP, dan sangat di sukai google. Mengapa ?

Alasannya, karena link balik (backlink) yang dibuat pada youtube memiliki ciri-ciri backlink berkualitas tinggi, diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Youtube merupakan salah satu produk google paling populer di dunia, selain google search engine. Karena itulah backlink yang dihasilkan akan memberikan dampak positif terhadap kemajuan blog.
  2. Mudah terindeks
  3. Youtube memiliki page rank 9 dan nilai Page Authority hampir sempurna. Lihat gambar di bawah ini
  4. dan yang terpenting dengan bantuan youtube kita bisa mendapatkan traffik blog yang berlimpah.
Domain authority dan page authority youtube backlink berkualitas

Dengan melihat berbagai kelebihan dan keunggulan yang dimiliki oleh youtube di atas sudah saatnya kita membuat dan berburu backlink youtube sebanyak-banyaknya. Selain itu kalau tidak salah backlink youtube termasuk dofollow sehingga efek yang di akibatkan pastinya sangat dahsyat. Yang jadi pertanyaan disini Apakah mendapatkan backlink youtube itu sulit ? dan bagaimana cara membangunnya?.

Untuk membangun dan membuat backlink melalui youtube sangat mudah sekali, anda cukup melakukan 3 cara yang bakal admin bahas dibawah ini, maka backlink youtube akan mengalir deras ke blog/situs web yang teman-teman kelola. Baca ulasan lengkapnya di bawah.

3 Cara Mudah Mendapatkan Backlink Dari Youtube Berkualitas Tinggi 


#Membangun backlink cara 1 (pertama)
Sama halnya dengan membuat backlink di google plus, membangun BL pada youtube juga bisa dilakukan dengan cara menautkan atau menghubungkan situs web/blog yang dimiliki. Adapun langkah-langkah menautkan situs/blog dengan youtube adalah sebagai berikut:

Pastinya anda harus memiliki akun youtube, belum punya dan bingung bagaimana cara membuatnya. Silakan baca cara membuat akun youtube terbaru.

Jika sudah punya silakan anda login dengan cara mengakses youtube.com

Namun perlu di ketahui untuk menautkan blog dengan akun youtube teman-teman harus memenuhi dua syarat berikut ini agar backlink yang di hasilkan lebih bagus dalam artian berkulitas dan langsung terindeks.

Syarat Menautkan Blog Dengan Youtube

Terlebih dahulu anda harus memverifikasi akun youtube yang ingin dikaitkan dengan blog. Butuh panduan cara verifikasi youtube coba tonton video tutorial berikut ini.


Blog yang dikaitkan sudah dikenali mesin pencari khususnya google. Jika belum maka anda harus segera mendaftar dan verifikasikan blog pada google webmaster tools.

Setelah kedua syarat di atas sudah terpenuhi, saatnya bagi anda untuk menanamkan link dari youtube menuju blog kita. Caranya ikuti petunjuk berikut:

Cara Menautkan Blog Dengan Youtube
  • Masih dalam keadaan login di akun youtube, klik video manager
  • Pilih Menu channel, kemudian pilih advanced.
  • Cari kotak Associated website, setelah ketemu masukkan url blog yang ingin dihubungkan dan klik Add
  • Selesai. Lebih jelasnya lihat gambar di bawah ini.
Cara membuat backlink youtube dengan menautkan blog

#Membangun backlink cara 2 (kedua)
Cara kedua ini adalah cara yang paling direkomendasikan oleh hampir semua webmaster karena selain memiliki link juice yang kuat dengan teknik ini anda bisa mendapatkan backlink berkualitas dalam jumlah tidak terbatas.

Untuk memasangnya anda cukup menambahkan link menuju artikel yang relevan dengan pembahasan dalam video pada deskripsi video tesebut. Usahakan saat menulis deskripsi video terdapat kata kunci/keyword yang relevan dengan artikel yang ingin diberikan backlink dari youtube. Dan jangan terlalu banyak, satu link saja sudah cukup. 

#Membangun backlink cara 3 (ketiga)
Bagi teman-teman yang tidak memiliki akun youtube atau video yang relevan dengan niche blog bisa mencoba melakukan youtube walking, caranya sama dengan blog walking anda cukup meninggalkan jejak melalui komentar beserta link aktif pada kotak komentar yang disediakan. 

Lakukan dengan sopan agar tidak di anggap spam oleh adminnya dan usahakan link yang anda tautkan itu benar-benar relevan. Kalau tidak bukannya mendapat backlink malah akan berakibat buruk pada blog yang dikaitkan karena anda akan dianggap melakukan spam oleh google, pastinya teman-teman sudah tau apa dampaknya.

Untuk cara ketiga ini admin belum pernah melakukannya, jadi apakah dengan memakai trik ini kita bisa mendapatkan backlink atau tidak, belum tau pasti. 

Demikianlah tutorial singkat yang bisa admin tulis untuk sahabat blogger sekalian. Semoga artikel 3 Cara Mendapatkan Backlink Youtube Berkualitas Tinggi  ini bisa membantu teman-teman sekalian untuk mengumpulkan banyak link masuk ke blognya masing-masing dan dapat segera merasakan manfaat backlink yang dihasilkan. Terima kasih atas kunjungannya, semoga bermanfaat, sampai jumpa lagi.

41 komentar untuk "3 Cara Mendapatkan Backlink Youtube Berkualitas Tinggi "

  1. Bermanfaat banget artikelnya, kebetulan saya lagi cari backlink.
    Izin bookmark postingannya ya mas.
    Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan, semoga bisa berguna. Terima kasih juga atas kunjungannya

      Hapus
  2. Keduanya bisa saling dioptimalkan, menautkan link keluar Blog (channel) juga efektif buat nambah viewer apalagi kalau blog udah dapat trafik bagus

    BalasHapus
  3. video Kita harus banyak views nya dulu gan?atau tanpa views pun bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya pribadi setiap kali upload video langsung dikasih backlink yang mengarah ke artikel yang se-niche.

      Jadi tidak perlu nunggu banyak view, biasanya kurang dari seminggu backlink dari video youtube sudah kedetek sama google.

      Hapus
  4. terimakasih mas artikel nya sangat membantu,,
    saya masih newbi dibidang blog..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mas odenk, saya juga masih dalam tahap belajar.

      Hapus
  5. Nanti dikira spam BL ga gan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau agan menanam backlink dengan cara pertama dan kedua sampai saat ini masih josss, tapi cara ketiga jika melakukannya dengan cara yang berlebihan atau salah tempat bisa saja di anggap spam BL.

      Hapus
  6. Makasih mas,, semoga bisa nambah backlink wkwkwk

    BalasHapus
  7. tips yang sangat bagus, ulasannya tajam. Tapi saya ada masalah, bagaimana kalau 2 website yang pemilknya cuma satu, apakah dua url web itu dapat ditautkan bersama-sama ke akun youtube ?

    BalasHapus
  8. sedikit tambahan mas, klo saya sih buat channel youtube sendiri, yg sepi penonton, komen sendiri, masukin backlink sepuasnya.. hahahaha... Thx ilmunya mas

    BalasHapus
  9. Sangat membantu gan..makasih ya infonya..

    BalasHapus
  10. gimana supaya video kita pageone mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk pertanyaan agan, tidak bisa saya jelaskan secara rinci di sini. Sebab apa yang agan tanyakan itu merupakan pembahasan baru. Kalau saya jawab, terlalu panjang....

      Sekali lagi maaf ya. Nanti kami buatkan saja artikelnya secara khusus, tapi harap bersabar. Terima kasih.

      Hapus
  11. Terima kasih atas panduannya mas, dicoba dulu ilmunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, semoga backlink yang agan inginkan berhasil di buat dengan sukses.

      Hapus
  12. terimakasih telah berbagi ilmu ya min
    salam sukses terus...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, dan terima kasih juga untuk doa dan kunjungannya.

      Hapus
  13. Caranya sunggu membingungkan bagi pemula sperti saya . Tapi tetap kan ku pelajari tanks save bokmark

    BalasHapus
  14. alhamdulillah.
    baru tahu saya. kalo di yutub bisa cari baclink.
    suwun info nya mas..

    BalasHapus
  15. bagaimana dengan dailymotions? apakah bisa juga buat nanam BL?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk saat ini saya belum bisa memberikan penjelasan mas, sebab belum punya akun di dailymotion. Jadi bisa atau ngak saya juga belum tau.

      Tapi nanti, kalau sempat saya bakal cek dan membuat panduan lengkapnya.

      Dan untuk sementara waktu ini mungkin ada di antara pengunjung situs ini yang sudah punya akun di dailymotion bisa bantu jawab.

      Terima kasih, sekali lagi mohon maaf.

      Hapus
  16. mau nanya min setelah kita daftar ke you tube berapa lama kita baru dapatkan backlin..???

    BalasHapus
    Balasan
    1. lihat balasan komen saya di atas gan !!!

      Hapus
  17. Ternyata Bisa cari backlink di youtube ya, saya kira gak bisa. Dulu sempet sih naruh vidio di youtube tentang wisata saya di bali, tapi iseng aja gak diterusia.
    artikelnya lumayan buat nambah wawasan blogging saya

    BalasHapus
  18. sangat bermanfaat penjelasan cara memasukkan Backlink di Youtube

    BalasHapus
  19. terimakasih gan infonya, sangat bermanfaat.

    BalasHapus
  20. Ini dia ni yang saya cari gan,blog ane miskinn backlink.tapi harus tetep waspada gan,alghoritma google makin hari makin sadis,

    BalasHapus
  21. saya pernah menerapkan salah satu cara diatas dan memang terbukti berhasil tapi kok baclinknya kok bisa hilang ya gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agan cek kembali di mana agan memasangnya, besar kemungkinan sudah terhapus. Jika masih ada, coba agan kunjungi dengan ip berbeda dan klik sendiri...biasanya akan kembali terdeteksi...

      Terima kasih, semoga membantu.

      Hapus
  22. Artikel yg sangat bermanfaat. Sekarang kita tinggal praktek aja. Yg paling sulit adalah mempraktekkannya. Kadang semangat kadang putus asa

    BalasHapus
  23. thank you! saya sekarang menjadi orang sukses berkat ini

    BalasHapus
  24. Makasi ya mas infonya, saya coba metode 2 dan 3 dulu

    BalasHapus
  25. sudah 5 tahun pakai cara ini. mantap. dulu tips nya juga dapet dari sini. sekarang balik lagi buat ngucapin terimakasih. semoga sehat selalu ya gan.

    BalasHapus
  26. Sepakat mas kalau backlink di youtube itu memang powerfull. Selain cepat terindek DA PA nya juga mantap

    BalasHapus

Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!
Masukkan link pada kotak yang di sediakan...jangan dalam komentar.