Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bagaimana Cara Memasang Tag Hreflang dan Apa Manfaatnya Bagi Blog ?

Bagaimana Cara Memasang Tag Hreflang dan Apa Manfaatnya Bagi Blog ? - Halo sahabat Blog Tips & Trik, berjumpa lagi dengan admin di sini sebelumnya kita sudah membahas bagaimana cara mengoptimalkan kinerja blog melalui google webmaster tools. Diantaranya adalah dengan menentukan target visitor berdasarkan negara pengunjung. Namun bukan hanya itu saja untuk lebih mengoptimalkan kinerja situs yang di kelola sebaiknya kita juga memasang tag hreflang pada blog/situs kesayangan kita, mengapa ?

Pemasangan tag hreflang pada blog/web sangat di anjurkan oleh google webmaster tools, hal ini mengindikasikan kalau tag hreflang memiliki manfaat yang sangat bagus untuk perkembangan situs dan tentunya juga membuat blog menjadi lebih Seo friendly lagi kedepannya.

manfaat dan cara pasang tag hreflang

Namun masih banyak blogger terutama blogger pemula tidak menggunakan meta tag ini pada templatenya. Kebayakan mereka hanya memverifikasi web pada google webmaster tools.  Dengan berbagai alasan.  Ada yang beranggapan tag hreflang tidak begitu penting karena mereka belum mengetahui apa fungsi dan kegunaannya, namun kebanyakan tidak begitu paham bagaimana cara memasangnya. karena alasan inilah dalam kesempatan ini Admin Blog Tips & Trik akan membahas bagaimana cara memasang meta tag hreflang dan apa manfaatnya bagi blog ?

Bagaimana Cara Memasang Meta Tag Hreflang dan Apa Manfaatnya Bagi Blog ?


Bagaimana Cara Memasang Tag HrefLang Pada Blog
Teman-teman tidak perlu ragu untuk memasang meta tag ini karena Penggunaan tag hreflang sendiri disarankan langsung oleh google webmaster tools. Jadi sudah pasti tag ini memberikan banyak manfaat dan kegunaan bagi blog/situs/web yang kita kelola. Untuk memasangnya silakan teman-teman pastekan kode di bawah ini pada template blog tepat di bawah “<head>”

<link expr:href='data:blog.url' hreflang='x-default' rel='alternate'/>
Atau
<link rel="alternate" href="https://Alamat Blog Anda" hreflang="x-default" />
Atau
<link href="data:blog.url " hreflang="x-default" rel="alternate" />

Jika anda hanya ingin menargetkan blog pada suatu negara saja , maka silakan rubah “x-default” dengan ID negara target.

Contoh penulisan kode tag hreflang untuk menangkap pencari berbahasa Amharik.
<link rel="alternate" href="http://Alamat URL Blog" hreflang="am" />

Apa Manfaat Tag Hreflang Bagi Blog
Secara tidak langsung dengan menggunakan tag hreflang pada blog/web/situs, kita akan mendapatkan banyak manfaat dan keuntungan. Diantara manfaat bagi blog yang memakai tag hreflang adalah sebagai berikut:

Manfaat tag hreflang#1. Meningkatkan SEO Blog
hreflang atau rel="alternative" hreflang="x"  merupakan sebuah kode yang berfungsi untuk menginstruksikan kepada tiap robot (spider bot) yang mengcrawl blog untuk menampilkan konten atau artikel pada situs kita sesuai dengan bahasa pengunjung (visitor) web. Dengan demikian spider bot akan secara otmatis menerjemahkan konten sesuai dengan bahasa negara pengguna berdasarkan alamat IP yang digunakan. Sehingga pengunjung website akan merasa nyaman dan betah untuk berlama-lama di situs kita karena tidak dibingungkan bahasa tulisan yang tidak mereka pahami.

Jadi, secara tidak langsung tag hreflang bermanfaat menjadikan Blog lebih SEO.

Contoh :
Pada situs kita berisi artikel yang berjudul " Apa Itu Keyword Stuffing dan Akibatnya Terhadap Blog". Ada seseorang dari negara lain yang mengetikkan atau melakukan pencarian dalam bahasa yang digunakan misal bahasa inggris " What is Keyword Stuffing and the result against Blog", maka artikel yang akan tampil pada SERP bukan lagi " Apa Itu Keyword Stuffing dan Akibatnya Terhadap Blog" tapi berubah menjadi " What is Keyword Stuffing and the result against Blog", begitu juga dengan seluruh postingan lain yang berada pada blog tersebut. Bukan hanya itu snippet yang ditampilkan pada SERP juga dalam versi bahasa inggris (bahasa yang digunakan pengunjung).

Manfaat tag hreflang#2. Menurunkan Bounce Rate
Penambahan Tag hreflang dapat menurunkan nilai bounce rate blog/web/situs karena tag ini berfungsi sebagai auto translete sehingga pengunjung dari negara manapun dapat mengerti atau memahami seluruh konten blog anda saat mereka mengaksesnya. Dengan demikian otomatis mereka dapat menikmati artikel kita dan mengerti apa yang ingin kita sampaikan karena konten yang di bacanya sesuai dengan bahasa keseharian mereka.

Hal ini sudah admin buktikan sendiri, sebelumnya blog ini banyak mendapatkan visitor dari luar negeri akibatnya bounce rate blog di atas 60%, namun setelah memasang meta tag hreflang persentase bounce rate blog ini turun menjadi 18%-21%.

Manfaat tag hreflang#3. Aman dari Pinalty Google
Mengapa dengan memasang tag hreflang, blog kita bisa aman dari penalty google ? jawabannya karena dengan menggunakan tag hreflang konten situs aman dari indeks konten duplikat. Dimana kita semua mengetahui kalau duplikat konten itu sangat berbahaya bagi kemajuan blog, yang ujung-ujungnya kena banned/pinalty dan di hapus oleh google apalagi jika kita membuat blog gratisan di blogger.

Dengan menambahkan tag hreflang pada template, konten akan di anggap atau dikategorikan oleh spiderbot sebagai artikel original (asli) walaupun dalam artikel yang kita tulis ada kesaamaan isi dengan website lainnya (web dalam bahasa berbeda). Sehingga kemungkinan situs akan muncul dalam hasil pencarian SERP juga besar.

Demikianlah sedikit pengetahuan yang bisa admin tuliskan tentang manfaat tag hreflang yang admin Blog Tips & Trik ketahui. Semoga berguna dan bisa menjadi sumber informasi yang bermanfaat terutama bagi yang membacanya.

Bagaimana mudah bukan ?, semoga tulisan singkat tentang Bagaimana Cara Memasang Tag Hreflang dan Apa Manfaatnya bagi Blog ?   ini bisa membantu teman-teman yang merasa kesulitan, jika ada yang salah admin mohon maaf dan apabila ada yang kurang jelas jangan segan untuk bertanya pada kolom komentar di bawah, salam blogger.

35 komentar untuk "Bagaimana Cara Memasang Tag Hreflang dan Apa Manfaatnya Bagi Blog ? "

  1. Ternyata untuk memasang meta tag Hreflang pada blog sangat gampang. Dan saya baru tau ternyata tag hreflang jg memiliki manfaat.....Terima kasih atas informasinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas kunjungannya, memang tag hreflang itu gampang untuk di aplikasikan dan memiliki manfaat bagi kinerja blog apalagi jika target blog yang di kelola adalah internasional.

      Hapus
  2. Terima kasih gan sangat Bermanfaat. Oyah Gan, maaf mau nanya ini. Apakah kita pastekan kode di atas sekaligus dengan kata "Atau" nya Y?....terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cukup pilih salah satu saja dan tanpa kata "atau". Maksudnya ambil kode dari tag pembuka ("<") sampai tag penutup ("/>"). Terima kasih.....

      Hapus
  3. Saya sudah memasangnya. namun, secara default. Apakah tidak masalah? Karena saya melihat pemirsa dari rusia berkunjung. Mana mungkin mereka mencari lewat yandex. Karena saya tidak berbicara bahasa rusia, apakah itu dari tag hreflang juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak masalah mas, kalau kemungkinan orang rusia berkunjung itu bisa saja.

      Sebab walaupun blog kita berbahasa indonesia masih ada kemungkinan di kunjungi oleh orang luar. Apakah itu karena pemakaian tag hreflang atau bukan saya juga tidak tau pasti.

      Bisa saja pengunjung itu orang indonesia yang tinggal di rusia, memakai ip rusia, atau banyak kemungkinan lainnya.

      Hapus
  4. misi gan , ane mau tanya juga nih ,, kalau misal blog ane berbahasa inggris lalu ada orang rusia masuk , mereka bisa membaca artikel saya dengan bahasa rusia gitu ? dan kalau jepang , bisa dibaca dalam bahasa jepang gitu ,, seperti hurufnya juga berubah jd aksara jepang gitu ? thanx sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dari artikel yang pernah saya baca sebelumnya katanya gitu gan, tapi saya juga ngak bisa membuktikannya. Apa itu benar atau tidak saya juga belum bisa memastikan.

      Terima kasih.

      Hapus
  5. informasi yang bermanfaat nih mas. Sepertinya harus sy terapkan diblog sy.

    BalasHapus
  6. Setelah muter-muter di google. Artikel ini akhirnya menjawab pertanyaan saya tentang apa yang akan dilihat oleh pembaca pada blog yang menggunakan hreflang.

    Terima kasih sudah berbagi. :)

    BalasHapus
  7. kode x-default harus diganti ya mas ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika hanya ingin menargetkan negara tertentu saja "YA", ganti x-default dengan kode negara target Anda. Terima ksih.

      Hapus
  8. ada sebuah pengalaman buruk saya yang tidak memasang hreflang, spertinya dapat menjadi sumber terjadinya broken links. Musababnya karena robot pencari menerjemahkan bahasa pada blog kita semau-maunya menggunakan kode negara yang tidak sesuai dengan bahasa pada blog kita

    BalasHapus
  9. gan ijin copas yah, artikelnya boleh ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan, tapi jangan di copas mentah-mentah dan jangan lupa kasih sumbernya. Supaya sama-sama enak, sebab kalau ngak di kasih sumber jangan salahkan Admin kalau nantinya berurusan dengan DMCA karena sudah banyak korbannya. Salam.

      Hapus
  10. ijin copy scriptnya gan ane

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silakan, semoga bermanfaat dan bisa berfungsi dengan baik.

      Hapus
  11. itu, satu kode doang yang dipasang mas ? itu ada 3

    BalasHapus
  12. gimana kalo saya masang tag hreflag di semua negara dan gimana cara rubahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara ngerubahnya, tinggal ganti dengan meta tag hreflang yang lain.

      Hapus
  13. kalo mau menargetkan ke sumua negara copy yang mana gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai kode yang menggunakan "hreflang='x-default'"

      Hapus
  14. Wah muter-muter akhirnya nemu ilmu lagi.

    Terimakasih gan semoga artikel ny bisa bermanfaat bnyak.

    BalasHapus
  15. Apakah tidak menutup kemungkinan pembaca dari negara lain tidak dapat berkunjung ke blog kita gan? kalau dipasang hreflang. Dan otomatis mengurangi pengunjung? benar gak gitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malah sebaliknya gan, dengan memasang meta tag hreflang pengunjung dari luar bisa menjadi lebih banyak.

      Apalagi tag hreflang ini sangat di anjurkan pemasangannya oleh mbah google sendiri, jadi sudah pasti bermanfaat bagi pemilik blog.

      Hapus
  16. mau tanya gan, untuk pemasangan hreflang di template amp caranya sama atau seperti apa ya? mohon di jawab ya gan..

    BalasHapus
  17. Baru paham sekarang kegunaan hareflang, dari dulu juga udah pake cuma ikut-ikutan aja tanpa tau maksud dan tujuannya... kwkwkw... maturtengkyu om penjelasannya...

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Saya malah baru tau soal beginian, pas ubrek2 Webmaster katanya gaka da hreflang. eh baru tau kegunaannya. :D
    Btw thanks udah share.

    BalasHapus
  20. terima kasih atas infonya....

    BalasHapus
  21. Saya baru tahu mengenai hal ini, maklum baru mulai ngeblog bang. tkx infonya

    BalasHapus
  22. Ohh, jadi begini cara pasang href lang.Ternyata manfaatnya bagus juga. Tapi apakah ditahun 2019 hreflang ini masih bisa digunakan dan bisa menjadi nilai tambah untuk SEO?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Status di akun gwt saya, masih berfungsi dan terus bertambah. Mengenai efeknya terhadap SEO, belum tau pasti. Tapi kalau ngak ada manfaatnya, rasanya tidak mungkin mbah google menganjurkan untuk memasanganya.

      Terima kasih, semoga jawaban ini bermanfaat.

      Hapus

Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!
Masukkan link pada kotak yang di sediakan...jangan dalam komentar.