Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Pengertian White Hat SEO ? Bagaimana Cara menggunakannya?

Apa Pengertian White Hat SEO ? Bagaimana Cara menggunakannya? - Dalam dunia blogging kita harus bisa mengetahui apa yang baik dan tidak, di antaranya adalah tentang teknik penerapan SEO terhadap blog. Jika berbicara tentang SEO pastinya cukup membingungkan apalagi bagi pemula seperti Admin atau bagi teman-teman yang baru buat blog. Namun setidaknya teman-teman mengetahui tentang SEO walaupun hanya sedikit sebab muncul tidaknya web/blog pada hasil pencarian memiliki hubungan yang sangat erat dengan ilmu SEO.

Secara garis besar SEO di bagi menjadi tiga golongan, yaitu White Hat SEO, Black Hat SEO, dan Gray Hat SEO. Ketiga jenis teknik penggunaan SEO ini sebenarnya memiliki tujuan yang sama yaitu mendapatkan posisi terbaik pada SERP. Namun dalam penggunaannya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Pengertian White Hat SEO - Bagaimana Cara menggunakannya

Dalam kesempatan kali ini ADMIN “Blog Tips & Trik” secara khusus akan membahas tentang apa pengertian white hat SEO dan bagaimana cara menggunakannya ?, teknik ini admin bahas terlebih dahulu karena dari ketiga trik penggunaan SEO di atas cara ini paling aman dan di sukai oleh hampir semua jenis mesin pencari terutama produk google paling populer Yaitu google search (mesin pencari google).

Apa Pengertian White Hat SEO? dan Bagaimana Cara Menggunakannya?


A. Pengertian White Hat SEO ?
White Hat SEO adalah suatu teknik yang paling aman dan bermanfaat jika di gunakan pada blog/web, karena cara ini tidak melanggar peraturan (Term Of Service) semua mesin pencari.  Sehingga trik optimasi SEO dengan cara ini adalah tips terbaik untuk mengoptimalkan kinerja blog.

Jadi, jika teman-teman ingin mendapatkan posisi terbaik pada SERP atau hasil pencarian sebaiknya menggunakan teknik white Hat SEO. Beberapa tahun yang lalu teknik ini banyak digunakan oleh para webmaster untuk mendongkrak page rank situs yang mereka kelola. Namun dengan banyaknya perubahan algoritma mesin pencari, saat ini page rank sudah di geser posisinya oleh Domain Authority (DA)  dan Page Authority (PA).  Yang dijadikan sebagai salah satu indikator kualitas sebuah blog, dan tolak ukur layak atau tidaknya sebuah blog masuk pada halaman utama pencarian.

B. Bagaimana Cara Optimasi Menggunakan White Hat SEO ?
Secara umum teknik White Hat SEO di kelompokkan menjadi dua, antara lain SEO on-page dan SEO off-page. Offpage merupakan salah satu trik optimasi kekuatan situs dari luar. Contoh, backlink. Sedangkan onpage adalah teknik optimasi blog dari dalam (faktor internal). Lalu Apa saja yang termasuk dalam teknik white Hat, yang bisa anda lakukan dan terapkan pada blog ?. Berikut ulasan cara menggunakan teknik White Hat SEO yang bagus untuk blog/web/situs.

1. Melakukan Optimasi Konten
Sebagai seorang blogger pastinya teman-teman sudah mengetahui kalau optimasi konten merupakan faktor terpenting dalam SEO blog. Dimana dengan artikel yang teroptimasi dengan baik kemungkinan blog yang kita kelola muncul pada halaman utama itu sangat besar. Selain itu posting yang sudah di optimasi akan terlihat lebih menarik dan bermanfaat bagi pembaca sehingga secara tidak langsung juga mempengaruhi nilai bounce rate blog. Oleh karena itu memperhatikan kualitas isi konten merupakan suatu keharusan,  apalagi jika anda ingin mengoptimasi situs berdasar teknik onpage. Jadi konten adalah raja.

2. Optimasi Kata Kunci (Keyword)
Teknik White Hat SEO selanjutnya adalah optimasi kata kunci secara cermat dan tepat. Mengapa harus di lakukan dengan cermat dan tepat ? karena dalam melakukan optimasi kata kunci sering kali seorang blogger tanpa di sadari melakukan sesuatu yang berakibat fatal bagi kemajuan dan performa blog. Jadi, agar anda tidak di anggap melakukan black hat SEO dalam optimasi keyword atau melakukan keyword stuffing. Sebaiknya, anda selalu memperhitungkan kepadatan keyword dalam postingan yang anda tulis.  Selain itu anda juga bisa memakai berbagai jenis kata kunci dan menggunakan keyword yang memiliki kesamaan arti.

Dalam melakukan optimasi kata kunci jangan lupa untuk memperhatikan juga trik penempatan secara tepat dan menghindari pemakaian teknik yang berbahaya bagi blog.

3. Memaksimalkan Template
Template merupakan salah satu unsur penting dalam penggunaan teknik White Hat, karena template memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap penilaian mesin pencari pada kualitas SEO web/blog. Jadi gunakanlah template yang SEO friendly dan responsif. selain itu, pengaturan terhadap CSS dan kecepatan loading blog juga menjadi nilai positif (nilai tambah) yang disukai search engine secara natural.

4. Optimasi Meta Tag 
Dengan memasang meta tag yang tepat pada template dapat memudahkan blog atau situs kita terindeks oleh robot mesin pencari. karena meta tag dapat membantu robot spider mengcrawl isi situs dan dapat langsung membaca semua kode markup. Jadi sebaiknya anda memaksimalkan penerapannya sedini mungkin maksudnya sejak blog pertama kali di buat. Contoh, menempatkan judul utama pada tempat yang jelas dan tepat seperti di bawah head.

Selain itu ada juga perlu memaksimalkan penggunaan meta description, meta keyword, Alt tag (kata kunci pada gambar), title tag, link berisi keyword dan unsur H1-H6. Namun perlu juga anda ketahui ada beberapa meta tag yang justru berbahaya terhadap SEO,  jadi jangan di gunakan.

5. Mencari Backlink Yang Tepat
Dalam pemakaian teknik White Hat, mencari bakclink tidak di lakukan secara sembarangan. Karena backlink asal-asalan yang tidak memperhatikan kualitas backlink itu sama saja dengan pekerjaan sia-sia. Jadi dalam upaya mencari backlink usahakan terlebih dahulu anda memperhatikan beberapa faktor penting, di antaranya tingkat relevansi terhadap pembahasan pada blog atau situs anda, nilai PA dan DA, dan apakah blog tempat menanam backlink itu bersifat dofollow atau nofollow.

Ya, sampai disini dulu pembahasan tentang Apa Pengertian White Hat SEO ? Bagaimana Cara menggunakannya? yang bisa admin tulis. Lebih kurangnya admin mohon maaf, jika ada kesalahan mohon di perbaiki dan apabila teman-teman punya pertanyaan yang berkaitan dengan pembahasan ini silakan isikan pada kolom komentar di bawah, admin akan berusaha memberikan jawaban sebaik mungkin sesuai dengan kadar kemampuan yang di milki. Jika artikel ini bermanfaat tolong bagikan dengan yang lainnya. Terima kasih..

4 komentar untuk "Apa Pengertian White Hat SEO ? Bagaimana Cara menggunakannya?"

  1. Maksudnya cari backlink yang tepat itu seperti apa mas @budi ?, terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Backlink yang tepat maksudnya adalah backlink yang benar-benar relevan dengan blog agan atau artikel yang ingin diberikan backlink, di buat pada tempat terpercaya dan di lakukan dengan cara yang tepat.

      Untuk panduan bagaimana cara membuat dan menemukan backlink silakan mas baca artikel saya tentang backlink lainnya.

      Hapus
  2. Ada juga yang bilang, jika white hat seo itu anti backlink. Itu benar apa tidak? jadi tidak ada backlink keluar (seperti koment lapak barat misalnya) dibiarkan naik secara alami. Apa itu benar? saya sudah memperlajari white seo tp sering gagal :") mohon pencerahannya

    BalasHapus

Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!
Masukkan link pada kotak yang di sediakan...jangan dalam komentar.