Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Pengertian dan Manfaat LSI Keyword ?, Tips Menggunakan Serta Cara Mencarinya

Apa Manfaat & Pengertian Keyword LSI, Dampaknya Terhadap SEO, Tips Menggunakan dan Bagaimana Cara Mencarinya – Mengunakan LSI (Latent Semantic Indexing) keyword merupakan salah satu trik ampuh untuk mengatasi masalah keyword stuffing pada halaman web/artikel blog. Yang sangat berbahaya terhadap kelangsungan masa depan blog. LSI (Latent Semantic Indexing) keyword dapat di definisikan sebagai kata atau kumpulan kata, yang merupakan satu kesatuan dan memiliki keterkaitan satu sama lainnya. Dari pengertian ini kata kunci LSI juga dapat diartikan sebagai beberapa kata yang memiliki kesamaan, relevan, serta saling mendukung satu sama lainnya, atau bisa juga dikatakan sebagai sinonim (persamaan kata). Walaupun begitu  bukan berarti harus sama atau benar-benar kembar dengan keyword yang kita bidik.

Pengunaan keyword Latent Semantic Indexing (LSI) bermanfaat untuk meyakinkan mesin pencari tentang apa yang sedang kita bahas pada suatu halaman web. Contoh anda menulis artikel yang membahas tentang “Laptop LG”, ketika seseorang mencari hanya mengetikkan kata kunci Laptop LG maka mesin pencari akan bingung, sehingga memberikan macam-macam informasi berkenaan dengan Laptop LG. Akibatnya informasi diberikan tidak benar-benar relevan dengan kebutuhan pengguna. Mengapa ?. Alasannya adalah Laptop LG memiliki cakupan luas. Dengan begitu kemungkinan artikel anda muncul sangat kecil.

LSI Keyword - Kata Kunci LSI
LSI Keyword - Kata Kunci LSI

Untuk itulah ketika anda ingin menulis artikel yang membahas tentang Laptop merek LG alangkah lebih baiknya anda memasukkan beberapa kata yang menekankan kalau materi dalam artikel itu sedang membahas tentang Laptop LG dan hal-hal berhubungan dengannya secara lebih spisifik. Dengan cara menambahkan LSI keyword seperti : Harga Laptop LG, Laptop LG Terbaru, Spesifikasi Laptop LG, dan kata lainnya sehingga artikel anda lebih mudah dikenali dan memiliki kesempatan lebih besar mendapatkan posisi terbaik di SERP dari berbagai kata kunci bukan hanya keyword utama target anda.

Hampir semua Mesin pencari saat ini lebih mengutamakan pengindeksan kata kunci LSI dalam algoritma pencariannya. Sehingga terkadang saat kita mencari informasi tentang cara meningkatkan seo blog, dari beberapa artikel yang ada pada halaman utama pencarian tidak terdapat kata meningkatkan tapi mengoptimalkan atau memaksilkan seo blog. Dari contoh ini dapat kita lihat ada dua kata kunci LSI muncul di halaman pencarian yaitu mengoptimalkan dan memaksimalkan.

Hal ini mengindikasikan kalau dalam mengumpulkan data mesin pencari bukan hanya melihat atau menggunakan kata kunci yang kita ketikkan pada adress bar tetapi juga mencari dengan kata yang memiliki kesamaan atau mirip dengan keyword tersebut. Ini menguatkan anggapan bahwa penerapan kata kunci LSI dalam laman sangat berpengaruh dalam pengindeksan sebuah artikel atau halaman web/blog/situs. Sehingga blog yang memiliki banyak LSI keyword dalam artikelnya mendapatkan lebih banyak tempat di SERP (Search Engine Result Page). 

Apa Dampaknya Terhadap SEO Blog ? 
Dengan memiliki kepadatan kata kunci yang ideal dengan berbagai variasi disertai teknik penempatan yang tepat, sangat memungkinkan  blog mendapatkan peringkat terbaik pada hasil pencarian. Bukan hanya mampu tampil dengan keyword utama yang kita targetkan tapi blog juga memiliki kesempatan muncul untuk berbagai variasi kata kunci lainnya yang memiliki keterkaitan (relevan) dengan kata kunci tersebut. Karena dampak positif inilah keyword LSI memiliki pengaruh sangat besar terhadap SEO blog.

Bagaimana cara mencari atau melihat keyword LSI
Sebenarnya keyword LSI itu dapat dengan mudah untuk ditemukan salah satu cara paling admin suka adalah dengan mengunakan mesin pencari itu sendiri, melalui fitur pencarian auto complete.

LSI Keyword Autocomplete - Cara Mencari Kata Kunci LSI

Dan related artikel di bawah hasil pencarian. 

Kata Kunci LSI Berdasarkan Related Artikel - Tips Mencari LSI keyword

Jika tidak ada silakan anda cari kira-kira kata apa yang kurang lebih memiliki makna sama dan terkait dengan target anda.

Tips Menggunakan LSI Keyword (Kata Kunci LSI)
Secara umum LSI keyword dapat diterapkan dengan dua cara yaitu secara On Page dan off Page SEO

Tips Penggunaan Keyword LSI Secara On-Page SEO
1. Memasukkan Kata kunci LSI pada judul artikel
2. Menyertakannya dalam Meta Description  (Meta Tag), selain keyword utama.
3. Menambahkan pada awal dan akhir artikel
4. Dijadikan sebagai inbound link (Internal Link)

Tips Penggunaan Keyword LSI Secara Off Page SEO
Memakainya saat mencari backlink
Menjadikan backlink tampak lebih alami (natural)
Tingkat relevansi backlink terhadap konten jadi lebih kaya.

Bukan hanya dapat digunakan dan memberikan manfaat terhadap seo off page dan on page,  LSI keyword juga bisa dijadikan sebagai sumber inspirasi atau ide yang bagus untuk menulis artikel. Dan memiliki tingkat relevansi sangat tinggi dengan artikel yang telah di publikasikan. 

Kesimpulan Tentang LSI Keyword

Agar setiap postingan blog yang kita buat lebih mudah di indeks mesin pencari, sebaiknya selalu menyertakan Keyword LSI sebagai pendukung kata kunci utama (keyword target). Jadi seandainya pengunjung mengetikkan kata kunci berbeda  pada saat melakukan pencarian tapi masih memiliki kesamaan dengan keyword kita, maka kesempatan muncul di halaman utama bisa terbuka lebar.

Bagaimana caranya ?. 

Agar efek dari penggunaan LSI keyword dapat langsung terasa, usahakan untuk menulis artikel panjang. Kemudian sebarkan kata kunci LSI di setiap paragraf.  Dengan sedikit kratifitas dalam menempatkan serta mengunakan kata kunci LSI, blog/web/situs anda akan mendapatkan banyak keuntungan terutama kemungkinan untuk muncul pada hasil pencarian search engine jauh lebih besar. 

Contoh Penerapan Kata Kunci LSI:

Keyword yang anda bidik adalah Harga Handphone LG, maka kemungkinan artikel anda muncul hanya kalau pengunjung mencari harga hp merek LG. Berbeda jika anda menambah kan keywod LSI pada artikel tersebut menjadi seperti ini “Harga dan spesifikasi Ponsel LG Terbaru”. Dengan ini kemungkinan artikel anda muncul lebih besar yaitu meliputi harga HP LG, spesifikasi ponsel LG, dan Handphone LG terbaru.

Sekian dulu pembahasan singkat tentang Apa Pengertian & Manfaat Keyword LSI, Dampaknya Terhadap SEO, Tips Menggunakan,  dan Cara Mencarinya. Yang bisa admin “Blog Tips & Trik” berikan semoga dapat meningkatkan pengetahuan kita bersama terutama mengenai keyword, fungsi dan variasinya. Sebagai manusia biasa admin pastinya sering melakukan kesalahan untuk itu secara pribadi admin minta maaf.

11 komentar untuk "Apa Pengertian dan Manfaat LSI Keyword ?, Tips Menggunakan Serta Cara Mencarinya "

  1. Hallo mas budi, perkenalkan saya desy blogger baru. Sampai saat ini saya masih belum membuat artikel untuk blog saya, karena belum punya ide mau nulis apaan. Apakah keyword LSI ini bisa menjadi alternatif terbaik ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keyword LSI bisa dijadikan alternatif sebagai sumber ide untuk menulis artikel berkualitas, tapi kalau terbaik menurut saya tergantung yang menggunakan

      Hapus
  2. Hai mas budi, pengen nanya nih. Berapa maksimal penggunaan Kata Kunci LSI pada artikel yang dibolehkan agar tidak di anggap melakukan spam, dan tetap aman untuk blog yang kita kelola?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mbak gunakan sebanyak-banyaknya, jadi tidak ada batasan dalam penggunaan. Tapi, agar tidak di anggap melakukan spam jangan masukkan kata kunci yang tidak berkaitan dengan topik pembahasan.

      Hapus
  3. Selain bermanfaat ningkatin posisi blog di SERP, sepertinya riset kata kunci LSI jauh lebih mudah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar mbak sari, kata kunci LSI paling mudah dicari. Dan satu hal lagi kemungkinan muncul page one juga lebih besar.

      Hapus
  4. Kalau dilihat dari manfaat dan cara mencari kata kunci LSI memang luar biasa. Tapi penggunaannya sulit butuh kreativitas tinggi, sepertinya perlu belajr lbh banyak lagi nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belajar itu wajib mbak apalalgi sebagai blogger, kita harus terus menggali kalau tidak kita akan jauh ketinggalan dan hilang....

      Hapus
  5. Wah penggunaan LSI Keyword amat penting sekali :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya benar sekali LSi keyword sangat penting dan bermanfaat...terima kasih atas kunjungannya

      Hapus
  6. Hi mas Budi,
    Terima kasih atas penjelasannya, saya adalah travel agent di bida paket wisata yang sedang mencoba untuk belajar tentang seo, mohon petunjuk untuk menciptakan web yang baik.
    Terima kasih

    BalasHapus

Tolong berkomentar sesuai dengan topik di atas !!!
Harap jangan melakukan spam karena akan terdeteksi otomatis!!!
Komentar yang dianggap spam tidak akan di tampilkan!!!
Masukkan link pada kotak yang di sediakan...jangan dalam komentar.